Berbagai Faktor Penyebab Kulit Wajah Mengelupas Dan Perih

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab kulit wajah mengelupas pada umumnya dapat di sebabkan oleh banyak faktor. Berbeda penyebab, maka berbeda pula penanganan yang harus di lakukan. Maka dari itu, bagi anda yang kini tengah mengalami kondisi yang serupa ada baiknya mengetahui berbagai pemicu tersebut dengan menyimak informasi berikut.


Memiliki masalah kulit wajah mengelupas tentunya bukanlah perkara yang baik khususnya bagi wanita. Kondisi tersebut tentu dapat menjadi faktor penurun rasa percaya diri karena kulit wajah akan terlihat amat kering. Kulit wajah juga akan terlihat putih-putih karena kelupasan kulit tersebut. Adapun selain terkelupasnya kulit, beberapa gejala lainnyapun sering kali menyertai seperti ruam, gatal, merah, perih dan juga keringnya kulit yang mana sangat mengganggu kenyamanan anda.

Berbagai faktor penyebab kulit wajah mengelupas dan perih

Kulit wajah yang mengelupas bisa saja terjadi akibat masuknya zat-zat yang merusak dan mengiritasi masuk ke dalam kulit wajah. Selain itu juga bisa di sebabkan oleh jenis kulit yang di turunkan, cuaca, penyakit genetik, infeksi, sinar matahari ataupun penyakit. Dan adapun pemicu kulit wajah mengelupas di sertai kering dan perih adalah sebagai berikut.

1. Terbakar paparan sinar matahari

Sering terkena paparan sinar matahari ternyata dapat membuat kulit wajah anda terkelupas. Adapun sebelum mengelupas, fase yang mungkin akan anda alami adalah kulit wajah yang nampak memerah, sakit dan panas saat di sentuh. biasanya beberapa kondisi tersebut akan terjadi setelah beberapa jam anda terpapar sinar matahari. Dan setelah beberapa hari dari fase tersebut, lapisan kulit rusak akan terkelupas dan kulit wajah anda kembali normal dengan sendirinya. Pengelupasan ini sendiri mungkin akan membuat warna kulit menjadi tidak merata dan juga nampak berpola.

2. Kulit yang kering

Bagi anda yang memiliki tipe kulit kering, maka resiko anda mengalami kulit wajah mengelupas akan lebih tinggi. Terlebih jika wajah terus-terusan bersentuahan dengan air, sabun, krim yang mengandung zat keras, air panas, cuaca sangat panas dan dingin serta sering terpapar sinar matahari. Meski pada dasarnya memiliki kulit kering tidak berbahaya, namun ada juga gangguan serius seperti iktiosis yang mana merupakan gangguan kulit turunan.

3. Mengalami alergi

Kondisi ini dapat di artikan pada saat kulit wajah bersentuhan dengan zat alergen (zat pemicu alergi), sehingga kulit mengalami reaksi. Bahkan tak hanya pengelupasan, reaksi lainnya yang juga dapat di timbulkan adalah gatal-gatal, ruam dan melepuh.

4. Efek dari obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan seperti krim retinoid dan obat-obatan kemoterapi dapat dapat memberikan efek kulit wajah menjadi mengelupas. Krim retinoid sendiri sering kali di gunakan untuk mengatasi jerawat, mengurangi kerutan serta mencerahkan flek-flek coklat. Krim ini sendiri bekerja dengan cara mendorong sel-sel kulit untuk mati dan beregenerasi. Dan hasilnya, kulit lapisan atas wajah mengelupas untuk membuka jalan untuk tumbuhnya sel-sel kulit baru.

5. Eksim (atopik dermatitis)

Masalah kulit yang satui ini merupakan masalah kulit yang bersifat kronis dan cenderung sering kambuh secara berkala. Meski penyebab eksim sendiri belum di ketahui secara pasti, namun kondisi ini sendiri sering kali di kaitkan dengan kondisi kulit kering, cuaca, gangguan sistem imun, bakteri staphylococcus aureus dan juga gen.

6. Paparan kosmetik yang berbahaya

Selain beberapa jenis obat-obatan beberapa jenis kosmetik juga sering kali menyebabkan kulit wajah menjadi terkelupas. Penyebabnya yaitu beberapa jenis kosmetik mengandung senyawa berbahaya sehingga mampu mengiritasi kulit. Dan salajh satu dampaknya adalah kulit wajah yang mengelupas dan terasa perih serta gatal.

Cara mengatasi kulit wajah mengelupas di rumah

Ada baiknya cara mengatasi kulit wajah mengelupas di sesuaikan dengan penyebabnya. Namun, secara umum beberapa langkah dapat di lakukan untuk mengantisipasi masalah kulit wajah mengelupas yang diantaranya adalah:

  • Mengompres wajah dengan menggunakan air dingin
  • Mengonsumsi banyak air putih
  • Rutin mengoleskan pelembab terutama setelah mandi
  • Dapat mengonsumsi obat pereda sakit di apotik

Namun, apabila kulit wajah mengelupas di sebabakan oleh penyakit atau kondisi tertentu beberapa hal juga patut di lakukan seperti halnya jika kulit wajah mengelupas akibat alergi anda bisa mengonsumsi antihistamin, jika pengelupasan kulit wajah di akibatkan oleh beberapa jenis obat anda bisa menghentikan mengonsumsi beberapa jenis obat tersebut, jika pengelupasan kulit wajah di akibatkan oleh eksim atau penyakit genetik sebaiknya anda segera mengkonsultasikannya pada dokter kulit.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan seputar berbagai faktor penyebab kulit mengelupas dan perih beserta penyebabnya. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru bagi anda.

By Nida Saripah - Kulit Selasa, 29 Agustus 2017 15:08:46

Related Post :
Tips
Cara Mengatasi Migrain Yang…

Cara mengatasi migrain sebelah…

Manfaat
Ini Dia Manfaat Sehat…

Selain bagus untuk kesehatan…

Daun
Manfaat Daun Talas Untuk…

Selain di jadikan pakan…

Penyakit
Ketahui 4 Bahaya Keloid…

Ketahui 4 bahaya keloid…

Tips
Flu saat Puasa? Lakukan…

Terserang flu saat puasa…

Kesehatan
Berbagai Fakta Seputar Bahaya…

Berbagai fakta seputar bahaya…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Kulit
Begini Cara Mengatasi Kulit Mengelupas Pada Bayi Yang Tepat

Begini cara mengatasi kulit mengelupas…

Kulit
Cara Ampuh Mencegah Dan Mengobati Kutu Air Dengan Cepat

Kutu air merupakan infeksi menular…

Kulit
Waspadai Faktor-Faktor Penyebab Ketombe Di Kulit Kepala

Waspadai faktor-faktor penyebab ketombe atau…

Kirim Pertanyaan
Top