Manfaat dan Kandungan Buah Apel Bagi Kesehatan

Peribahasa yang mengatakan “Sebutir apel sehari dapat menjauhi dokter” bukan isapan jempol. Pribahasa itu memang bisa menjauhkan kita dari berbagai penyakit yang tentu saja akan membuat kita jarang pergi ke dokter.
Kandungan nutrisi buah apel sangat melimpah dan menguntungkan bagi tubuh diantaranya flavonoid, serat, vitamin B kompleks, antioksidan, kalsium, kalium, fosfor, asam ursolat, pektin, dan nutrisi lainnya. Dibuat jus, dimakan langsung, atau dijadikan salad buah, manfaat apel tidak bisa diremehkan. Berikut kami uraikan manfaat apel untuk kesehatan.


  • Mencegah kanker. Penelitian yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa antioksidan pada buah apel bisa mengurangi risiko terkena kanker kolorektal, esophagus atau kerongkongan, kotak suara atau laring, paru-paru, dan payudara jika dikonsumsi setiap hari.
  • Baik untuk kesehatan jantung. Berkat kombinasi serat larut dalam fitonutrien (nutrisi nabati) dan lemak (seperti pektin), kolesterol yang bersarang di lapisan dinding pembuluh darah bisa dicegah. Makan satu apel sehari diduga mampu memperkecil faktor risiko penyakit jantung dan menurunkan kolesterol. Mengurangi penyumbatan dan peradangan pada dinding arteri juga merupakan kelebihan dari nutrisi yang ada dalam apel.
  • Meningkatkan kesehatan saraf. Quercetin merupakan antioksidan pada apel yang dapat mengurangi matinya sel saraf oleh peradangan dan oksidasi neuron. Gangguan neurodegeneratif contohnya berupa penyakit Alzheimer yang dapat dikurangi oleh apel sekaligus sebagai efek perlindungan.
  • Menurunkan risiko diabetes. Fitonutrien dalam apel membantu mencegah naiknya gula darah dengan cara merangsang sel-sel pankreas untuk membuat insulin dan mengurangi penyerapan gula ke dalam aliran darah. Walaupun demikian, dianjurkan untuk mewaspadai mengonsumsi apel secara berlebihan terutama jus apel kemasan. Dianjurkan untuk rutin memeriksa kadar gula darah jika Anda penderita diabetes.
  • Mencegah susah buang air besar. Karena apel segar kaya akan serat larut dan tidak larut yang berfungsi membantu melancarkan buang air besar dan pengeluaran tinja, Anda bisa memasukkan apel ke dalam makanan yang perlu dikonsumsi setiap hari.
  • Mengatasi rambut rontok pada pria. Bahan kimia procyanidin B-2 dalam apel dapat meningkatkan pertumbuhan rambut pada pria yang mengalami masalah kerontokan rambut jika dioleskan ke kulit kepala, terutama bagian kulit kepala.
  • Mengatasi bau mulut. Air liur dapat ditingkatkan oleh apel karena mengandung pektin sehingga bau dari makanan yang dikonsumsi terkontrol dan bau napas pun  hilang.
    Meski khasiatnya banyak, kita harus hati-hati mengkonsumsi apel terutama jika tertelan biji nya karena biji apel mengandung zat sianida. Sebelum dikonsumsi, cuci terlebih dahulu di bawah air yang mengalir untuk menghilangkan residu pestisida dan lilin.

By Ana Rediana - Manfaat Rabu, 20 Juli 2016 08:11:48

Manfaat dan Kandungan Buah Apel Bagi Kesehatan
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Manfaat dan kandungan buah apel bagi kesehatan memang bukan isapan jempol. Dengan mengkonsumsi sebutir apel sehari bisa menjauhkan kita dari berbagai penyakit seperti mencegah kanker, baik untuk kesehatan jantung, meningkatkan kesehatan saraf, menurunkan risiko diabetes, mencegah susah buang air besar, mengatasi rambut rontok, mengatasi bau mulut.
Manfaat - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Manfaat
Manfaat Kalsium Selain Untuk Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Manfaat Kalsium Selain Untuk Pertumbuhan…

Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Buah Kedondong Untuk Kesehatan

Khasiat dan manfaat buah kedondong…

Manfaat
Manfaat Dan Kandungan Buah Blueberry Bagi Kesehatan

Buah blueberry memiliki nama latin…

Tambah Pertanyaan
Top