Cara Mudah Mencegah Stretch Mark Selama Kehamilan

Share dan Tag Temanmu di :

Cara Mudah Mencegah Stretch Mark Selama Kehamilan

Ketika masa kehamilan elastisitas kulit akan mengembang sampai batas maksimal sehingga permukaannya sering tampak pecah dan muncul stretch mark yaitu garis-garis putih yang muncul pada permukaan kulit yang meregang karena pertambahan berat badan selama masa kehamilan. Pada umumnya, stretch mark akan melintang sepanjang dinding perut diatas permukaan pinggul. Dan jika selama masa kehamilan peregangan payudara dan menyusui cukup besar maka biasanya akan meninggalkan tanda perut putih saat payudara kembali keukuran normal.


Penyebab Muncul Stretch Mark

Salah satu penyebab stretch mark karena adanya pengaruh hormon kehamilan dan karena melarnya kulit pada waktu menampung pertumbuhan janin. Penyebab lain dari stretch mark secara cepat yaitu saat terjadi peregangan kulit akan terbentuk sehingga dapat merusak jaringan didalamnya karena kulit mengalami peregangan yang berlebihan. Selain itu, stretch mark bisa saja berwarna merah muda, merah, ungu, ataupun putih dalam bentuk garis-garis pada perut, payudara, paha, lengan atas, dan bokong. Anda tak perlu khawatir karena stretch mark dapat dicegah dengan melakukan diet dan menjaga kulit agar tetap sehat dengan menggunakan pelembab kulit.

Stretch mark ketika hamil biasanya akan terlihat pada trimester ketiga yaitu ketika kulit pada bagian perut mulai tertarik melewati batas. Meskipun stretch mark akan membuat kulit menjadi terlihat kurang cantik tetapi hal ini tidak akan menyebabkan masalah yang serius kecuali jika anda memiliki syndrom crushing yaitu penyakit kelenjar aderanal. Selain daripada itu, jika anda punya riwayat keluarga yang memiliki stretch mark maka kemungkinan besar akan terkena stretch mark.

Berikut ini ada beberapa tips mencegah stretch mark, antara lain :

  • Perbanyak minum air putih dan vitamin

Agar tidak muncul stretch mark selama kehamilan, perbanyak minum air putih dan mengkonsumsi sayur dan buah karena hal ini dapat menjaga kulit anda yang kemungkinan dari dehidrasi selama masa kehamilan. Selain itu, jangan lupa juga untuk minum vitamin untuk menjaga bayi tumbuh sehat dan menjaga kecantikan kulit anda.

  • Pakai lotion pelembab

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah stretch mark yaitu melembabkan kulit setiap hari pada masa kehamilan hingga setelah melahirkan dengan memakai body lotion khusus yang diperkaya kandungan collagen yang berfungsi membantu mengembalikan elastisitas kulit selama masa kehamilan.

Sejak awal kehamilan anda juga bisa mengoleskan minyak zatun atau baby oil yang memiliki fungsi yang hampir sama. Selain itu, anda juga bisa menggunakan cream stretch mark khsusus ibu hamil. Untuk hasil terbaik, anda bisa terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter sebelum penggunaan berbagai macam produk untuk memastikan keamanan bagi kulit.

  • Menjaga berat badan

Cara mencegah stretch mark dengan menjaga berat badan supaya tetap seimbang tapi hal tersebut biasanya sulit dilakukan selama menjalani kehamilan karena pada masa tersebut anda akan mengalami kenaikan berat badan hingga 20 - 30 kg, sehingga selama trimester pertama anda akan mengalami kenaikan berat badan sekitar 2 sampai 3 kg. Maka anda harus selalu menjaga berat badan diminggu-minggu pertama selama 3 semester karena jika bisa anda bisa memperlambat kenaikan berat badan maka akan lebih baik bagi kesehatan anda sendiri, janin dan kulit perut sehingga untuk menghindari kenaikan berat badan yang langsung meningkat dengan cepat selama hamil akan memperlambat peregangan kulit sehingga stretch mark dapat dicegah.

  • Memijat perut dengan lembut

Anda bisa memijat perut dengan lembut pada saat mandi atau bisa juga dengan menggunakan sikat tubuh untuk mengelupaskan sel kulit mati bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi pada kulit dan bisa mencegah stretch mark sejak dari awal kehamilan.

  • Lakukan olahraga ringan secara teratur

Anda bisa melakukan olahraga ringan selama masa kehamilan misalnya jalan kaki atau berenang secara teratur 2 kali dalam seminggu tujuannya untuk melancarkan aliran darah dan oksigen. Namun ada baiknya jika anda meminta saran dari dokter atau bidan sebelum melakukan olahraga yang anda inginkan untuk memastikan tingkat keamanannya. Selain melakukan olahraga anda pun bisa mengikuti yoga atau senam ibu hamil.

Itulah beberapa cara mudah mencegah stretch mark selama kehamilan, anda juga bisa menggunakan obat oles herbal caranya cukup dioles langsung pada kulit stretch mark sehingga dapat hilang dan kulit akan kembali normal dan anda akan tetap merasa canti meskipun sudah menjadi seorang ibu.

By Ana Rediana - Ibu Hamil Rabu, 30 Agustus 2017 15:00:45

Related Post :
Kesehatan
Pola Makan Sehat Bagi…

Penting untuk penderita diabetes…

Kesehatan
Ikuti Aturan Ini Agar…

Meskipun menyehatkan, jangan lakukan…

Manfaat
Selain Manis Buah Mangga…

Tidak hanya memiliki rasa…

Penyakit
Mengenal Berbagai Gejala Hepatitis…

Mengenal ciri-ciri dan berbagai…

Kesehatan
Penyebab Dan Cara Mendiagnosis…

Bakteri dari luar yang…

Kesehatan
Benarkah Bernyanyi Bisa Atasi…

Bernyanyi merupakan kegiatan yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Tips Keselamatan Berenang Pada Masa Kehamilan

Tips keselamatan berenang pada masa…

Ibu Hamil
Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan?

Bolehkah ibu hamil makan mie…

Ibu Hamil
Pengaruh Darah Tinggi Pada Ibu Hamil

Ibu hamil yang menderita darah…

Kirim Pertanyaan
Top