Ketahui Perbedaan Diabetes Tipe 1 Dan Diabetes Tipe 2

Share dan Tag Temanmu di :

Mungkin kebanyakan orang sudah tidak asing lagi ketika mendengar nama diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Karena kedua jenis diabetes tersebut merupakan penyakit yang paling umum terjadi. Hanya saja sebagian dari kita belum mengetahui perbedaan diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.


Diabetes tipe 1 lebih sering terjadi pada orang yang berusia muda yaitu kurang dari 20 tahun. Sedangkan diabetes tipe 2 lebih sering terjadi pada orang yang telah berusia tua yaitu lebih dari 30 tahun. Sehingga diabetes tidak hanya menyerang usia yang sudah tua saja, tapi juga bisa menyerang usia yang sudah tua. Selain itu, postur tubuh pada kedua jenis diabetes pun berbeda. Diabetes tipe 1 menyerang pada orang yang berbadan kurus, sedangkan penderita diabetes tipe 2 menyerang pada orang yang berbadan besar atau memiliki berat badan yang berlebih.

Perbedaan Diabetes Tipe 1 Dan Diabetes Tipe 2

Perbedaan Penyebab Diabetes Tipe 1 Dan Tipe 2

Penyebab diabetes 1 dan diabetes tipe 2 berbeda. Penyebab diabetes tipe 1 adalah karena kerusakan pankreas yang mengakibatkan berkurangnya produksi insulin. Sedangkan penyebab diabetes tipe 2 adalah resistensi insulin atau dengan kata lain produksi insulinnya cukup namun tidak dapat bekerja dengan baik saat mengontrol kadar gula darah.

Gejala Diabetes Tipe 1 Dan Diabetes Tipe 2

Meskipun berbeda penyebabnya, diabetes tipe 1 dan tipe 2 memiliki gejala yang sama. Berikut adalah gejala diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2:

  • Sering merasa haus
  • Sering mengalami kelelahan saat melakukan aktivitas
  • Sering buang air kecil terutama di malam hari
  • Massa atau berat otot menjadi berkurang
  • Berat badan menurun secara drastis
  • Sering merasa lapar

Perbedaan Pengobatan Diabetes Tipe 1 Dan Tipe 2

Diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 adalah penyakit yang tidak dapat disembuhkan, tapi hanya bisa dikontrol. Oleh karena itu, bagi anda yang mengidap diabetes tipe 1 maupun diabetes tipe 2 maka lakukan kontrol secara rutin.

Perbedaan pengobatan diabetes tipe 1 dan tipe 2 yaitu penderita diabetes tipe 1 ditangani dengan suntik insulin dan penderita pun harus menerima suntikan insulin secara tutin. Selain itu, pengobatan lainnya untuk penderita diabetes tipe 1 yaitu tranplantasi sel islet pada pankreas.

Sedangkan pengobatan pada penderita diabetes tipe 2 yaitu mengkonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter, menjalani pola hidup sehat serta menurunkan berat badan.

Perbedaan lainnya antara diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 yaitu diabetes tipe 1 tidak bisa dicegah karena jenis diabetes ini adalah kelainan genetik bawaan sejak lahir. Sedangkan diabetes tipe 2 dapat dicegah sebab jenis penyakit diabetes ini biasanya terjadi pada orang yang tidak menerapkan pola makan sehat dan jarang olahraga. Oleh karena cegah diabetes tipe 2 sejak dini dengan menerapkan gaya hidup sehat seperti pola hidup dan pola makan sehat, melakukan diet sehat, olahraga, serta menjaga berat badan.

By Rizka Ardiana - Penyakit Kamis, 31 Agustus 2017 10:22:04

Related Post :
Kesehatan
Awas! Makan Ayam Broiler…

Daging ayam termasuk makanan…

Kesehatan
Perawatan Alami Setelah Keguguran…

Perawatan alami setelah keguguran…

Ibu Dan Anak
Tips Mengasuh dan Merawat…

Anak Down syndrome memerlukan…

Kesehatan
Terbukti! Minum Kopi Bikin…

Selain menghilangkan kantuk, ternyata…

Penyakit
Penyebab Gejala Dan Cara…

Beberapa anggapan umum yang…

Kesehatan
Ketahui Penyebab Gusi Berdarah…

Ketahui penyebab gusi berdarah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Penyebab Dan Cara Diagnosa Hipotensi (Tekanan Darah Rendah)

Penyebab dan cara mendiagnosa hipotensi…

Penyakit
Mengenal Berbagai Jenis Sariawan Dan Penyebabnya

Informasi tentang jenis-jenis sariawan yang…

Penyakit
Mengetahui Ciri-ciri Gejala Seseorang Terkena Penyakit Maag

Mengetahui ciri-ciri gejala seseorang terkena…

Kirim Pertanyaan
Top