Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Hanjuang Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun hanjuang tak hanya sebatas sebagai tanaman hias lho! Tanaman yang sering di sebut andong merah ini juga ternyata memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan. Mulai untuk pengobatan penyakit ringan seperti diare hingga penyakit berat seperti Tuberculosis (TBC). Hal tersebut tak lain di sebabkan oleh berbagai efek farmakologis yang terdapat di dalamnya.


Tanaman hanjuang adalah sejenis tanaman hias yang sering kali di tanam di pekarangan rumah ataupun sering kali di jadikan sebagai tanaman pembatas berupa pagar hidup di kebun maupun di sawah. Tanaman ini pada umumnya dapat tumbuh di iklim yang kering. Daunnya sendiri besar berwarna merah keunguan dengan ujung yang lancip. Sedangkan bunganya mirip tangkai panjang yang muncul dari ketiak daun, berwarna putih agak hijau atau ungu.

Tanaman yang memiliki nama latin Cordyline fruticosa (Linn.) A. (heval) ini di ketahui setidaknya memiliki sekitar 15 jenis yang sudah teridentifikasi. Di berbagai daerah, tanaman yang satu ini memiliki sebutan yang khas. Pada zaman dahulu, banyak masyarakat yang meyakini bahwasannya daun dari tanaman ini memiliki kekuatan untuk mengusir aura negatif rumah dari roh jahat.

Namun berbeda dengan sekarang yang mana kita hidup di zaman yang serba canggih. Setelah di lakukan berbagai penelitian dan uji klinis, daun hanjuang di ketahui memiliki kebaikan tersendiri bagi kesehatan. Kandungan yang terdapat di dalam daun ini bisa anda manfaatkan semaksimal mungkin sebagai bahan yang ampuh untuk melawan penyakit.

Apa saja kandungan dan efek farmakologis di dalam daun hanjuang?

Menurut berbagai penelitian, di ketahui daun hanjuang memiliki sejumlah zat penting seperti halnya flavonoid, zat besi, tanin, saponin, timidine, polifenol, polisakarida, steroida dan kalsium oksalat. Beberapa senyawa tersebut juga terdapat dalam jumlah kecil di dalam bunga, batang dan akarnya.


Selain dari pada itu, daun andong atau hanjuang ini juga memiliki berbagai efek farmakologis seperti seperti sifat antibakteri, antikoagulan, antiproliferatif (melawan pertumbuhan kanker dan tumor).

Khasiat dan manfaat daun hanjuang bagi kesehatan

Agar anda tidak salah memahami berbagai kandungan yang terdapat di dalam daun andong ini, berikut akan kami informasikan berbagai khasiat daun andong bagi kesehatan yang di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengobati wasir

Wasir adalah satu jenis penyakit yang biasanya di sebabkan oleh pola makan yang tidak sehat dan kurang serat. Dan daun hanjuang bisa di di jadikan alternatif untuk mengatasi kondisi ini. Caranya, anda bisa mengambil 3 lembar daun hanjuang segar dan 7 lembar daun handeuleum atau daun wungu. Setelah di bersihkan, anda bisa langsung memotong-motong ke dua daun tersebut dan merebusnya bersama 3 geklas air hingga tersisa hanya 2 gelas saja. Minum ramuan ini setiap hari secara teratur hingga sembuh.

2. Mengobati kencing berdarah

Pastinya anda akan panik pada saat melihat darah bercampur dengan urin. Sebaiknya segera atasi, salah satunya dengan alternatif daun ahanjuang. Caranya, siapkan 60-100 gr daun hanjuang atau 30-60 gr akarnya. Rebus salah satu dari bahan tersebut mnggunakan 3 gelas air, dan biarkan menyusut hingga hanya tersisa 2 gelas. Setelah dingin, saring dan minum secara rutin di pagi dan malam hari masing-masing sebanyak 1/2 gelas.

3. Mengobati haid yang tidak lancar

Manfaat daun hanjuang lainnya juga bisa di manfaatkan untuk untuk melancarkan haid yang tidak teratur. Cara pembuatan ramuannya juga terbilang cukup mudah. Caranya, anda bisa merebus daun dan akar hanjuang ke dalam panci tanah selama beberapa menit. Minum airnya setelah agak dingin 2 kali sehari.

4. Mengobati racun binatang berbisa

Untuk mengobati bekas luka akibat gigitan serangga, anda bisa menumbuk daun hanjuang merah  kemudian panaskan dengan menggunakan api kecil  selama beberapa saat. Setelah itu, campur dengan menggunakan garam, kemudian terapkan pada kulit yang di gigit oleh serangga maupun hewan lainnya. Ganti ramuan ini 3 kali dalam sehari.

5. Mengobati diare atau disentri

Gejala penyakit disentri dapat di kenali dari mengalami diare secara berulang. Adapun daun hanjuang bisa menjadio salah satu solusi solusi untuk masalah kesehatan yang satu ini. Cara pembuatan ramuannya sendiri adalah dengan merbusa 90 gr daun hanjuang yang telah di keringkang, 15 gr akarnya bersama 3 gelas air hingga menyusut dan terisa 1 gelas saja. Minum airnya 3 kali sehari, masing-masing 1/3 gelas hingga penyakit disentri anda sembuh.

6. Mengobati batuk berdarah (TBC)

Tuberculosis atau TBC adalah salah satu jenis penyakit menular yang di sebabkan oleh infeksi bakteri pada saluran napas. Adapun daun hanjuang ini juga bisa manfaatkan sebagai obat TBC tradisional. Untuk cara pemanfaatannya sendiri, terlebih dahulu anda bisa menjemur daun hanjuang, akar beserta bunganya hingga kering. Setelah kering, cuci bersih semua bahan dan rebus bersama air hingga mendidih selama beberapa menit. Minum airnya selagi hangat sebanyak 3x sehari.

7. Mengobati pembengkakan pada gusi

Sifat farmakologis berupa anti-inflamasi yang terdapat di dalam daun hanjuang memiliki manfaat baik untuk mengatasi peradangan. Salah satunya radang atau bengkak pada gusi.  Adapun cara penerapan yang bisa anda lakukan diantaranya dengan menghaluskan daun hanjuang segar, campurkan sedikit garam dan oleskan pada bagian gusi yang bengkak. Dengan melakukannya secara teratur maka gusi anda akan cepat sembuh serta mampu meminimalisir rasa nyeri yang timbul.

8. Meringankan gejala asma

Asma merupakan suatu penyakit pernapasan yang terjadi akibat adanya suatu gangguan ataupun karena memang faktor turunan. Penyakit yang juga di sebut sesak napas ini ternyata bisa di atasi dengan menggunakan daun hanjuang. Caranya cukup dengan mengonsumsi secara teratur air rebusan daun dan akar hanjuang.

9. Meringankan gejala maag

Penyakit maag di ketahui sering kali menyebabkan gejala seperti rasa mual, kurang selera makan, sakit perut akibat tidak terkontrolnya asam lambung. Adapun agar kondisi ini segera bisa teratasi, anda bisa segera mengkonsumsi rebusan daun hanjuang secara teratur.

10. Menghentikan pendarahan berlebih

Kondisi ini bisa meliputi pada darah haid yang terlalu banyak, luka pada kulit dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut, anda cukup dengan mengonsumsi ramuan jamu tradisional daun hanjuang secara teratur.

11. Mencegah kanker

Ramuan yang di buat dari daun hanjuang juga di percaya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor di dalam tubuh. Hal tersebut karena daun hanjuang juga bersiofat sebagai antikanker yang kuat. Untuk hal ini anda bisa melakukan pencegahan yang sederhana saja. Minumlah jamu dan dari daun andong ini secara rutin setidaknya 1x dalam seminggu.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat dan manfaat dari daun hanjuang lainnya, seperti dioantaranmya mengatasi batuk berdahak, mengobati keputihan, menjaga kesehatan rongga mulut hingga membunuh aktivitas bakteri dan kuman di dalam tubuh. Mungkin sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

By Nida Saripah - Daun Kamis, 31 Agustus 2017 10:37:16

Related Post :
Ibu Hamil
Kenali Penyebab Dan Cara…

Kenali berbagai penyebab dan…

Obat Kimia
Obat Migrain Generik Paling…

Obat migrain generik paling…

Ibu Dan Anak
Bahaya Bayi Tidur Tengkurap…

Mayoritas orang tua belum…

Kesehatan
Penyebab Urine Berbau Menyengat…

Mengetahui penyebab urine berbau…

Kesehatan
Awas! Meskipun Alami Jangan…

Bahan alami memang memiliki…

Manfaat
Manfaat Jamur Enokitake Si…

Berbagai manfaat jamur enakitoke…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Akasia Untuk Kesehatan

Mengenal khasiat dan manfaat daun…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Kedondong Bagi Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun kedondong…

Kirim Pertanyaan
Top