Cara Sehat dan Aman Konsumsi Daging saat Idul Adha

Share dan Tag Temanmu di :

Tepat pada hari ini, Jumat, 1 September 2017, seluruh umat islam merayakan Hari Raya Idul Adha atau haru raya kurban. Hari raya Idul Adha ini sangat identik dengan sapi atau kambing yang disembelih sesaat setelah mealksakan ibadah shalat ied. 

Penyembelihan dan pembagian hewan kurban merupakan salah satu tradisi yang sering dilakukan pada hari raya kurban. Hampir semua orang bisa merasakan nikmatnya daging sapi atau kambing. Namun, Anda perlu berhati-hati, jangan sampai kita mengonsumsi daging kurban secara berlebihan. Karena ini bisa menimbulkan dampak pada kesehatan tubuh. 


Seperti yang telah diketahui, daging mengandung zat gizi, terutama protein dan lemak hewani. Kedua zat ini merupakan zat gizi yang penting dan diperlukan oleh tubuh. Secara umum, protein diperlukan pada masa pertumbuhan sebagai zat pembangun, sedangkan pada orang dewasa protein diperlukan untuk menjaga keutuhan tubuh dan mengganti sel-sel yang mengalami kerusakan dan berperan penting untuk proses penyembuhan. 

Lemak berperan sebagai sumber energi serta asam lemak esensial yang berperan untuk pembentukan membran sel-sel tubuh dan juga lemak diperlukan untuk pembentukan steroid dan hormon. Lemak juga berperan sebagai bumper untuk organ-organ dalam tubuh. 

Kandungan lemak dan protein ini memang diperlukan oleh tubuh untuk menunjang aktivitas sehari-sehari agar sel-sel tubuh tetap bisa dipertahankan fungsinya dalam proses pertumbuhan dan menjaga keutuhan tubuh. 

Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih, justru dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi daging secara berlebihan dapat memicu timbulnya berbagai penyakit, seperti gangguan pencernaan, seperti GERD, sakit maag, susah buang air besar, atau ambeien. Maka dari itu, kita harus membatasi konsumsi daging kurban saat Idul Adha. 

Agar kesehatan tubuh tetap terjaga meskipun mengonsumsi daging, teardapat beberapa cara sehat dan aman konsumsi daging saat Idul Adha yang dapat dilakukan. 

Langkah awal, kita harus mengetahui kondisi kesehatan tubuh. Jika dalam kondisi sehat, maka kita bisa mengonsumsi semua bagian hewan kurban. Namun, jika kondisi tubuh tidak sehat, Anda masih bisa mengonsumsi daging, namun pilihlah daging dengan kandungan lemak yang rendah. 

Menurut seorang dokter, dr Sri Mulyani, disarankan untuk tidak mengonsumsi daging sebelum tidur. Hal ini disebabkan karena dapat menyebabkan kualitas tidur menurun. Selain itu, organ pencernaan yang seharusnya beristirahat harus bekerja keras mencerna daging yang dikonsumsi. Sebaiknya konsumsi daging 2-3 jam sebelum tidur. 

Untuk menghindari konstipasi atau sembelit, Anda juga harus banyak mengonsumsi air putih untuk membantu mendorong sisa makanan. 

Selanjutnya disarankan untuk memilih menu daging yang tidak pedas agar sistem pencernaan tidak terganggu. Pastikan pula untuk menghilangkan semua lemak pada daging yang akan diolah atau dikonsumsi karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Dan yang paling penting, imbangi menu daging Anda dengan sayuran seperti tomat serta bawang putih, bombay, dan merah untuk membantu mengurangi efek samping dari konsumsi daging secara berlebihan.

Itulah beberapa cara sehat dan aman konsumsi daging saat Idul Adha yang bisa dilakukan. Semoga dengan melakukan cara tersebut, kita tetap bisa menikmati daging kurban dan kesehatan tubuh pun tetap terjaga. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Tips Jum'at, 01 September 2017 10:52:55

Related Post :
Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Inilah khasiat dan manfaat…

Tips
Makanan Meningkatkan Gairah Seksual…

Makanan Meningkatkan Gairah Seksual…

Penyakit
Ini yang Perlu Anda…

Kanker otak memiliki 2…

Penyakit
Mengenal Gejala Faktor Risiko…

Informasi tentang polip usus,…

Kesehatan
Bahaya Sering Minum Minuman…

Bahaya sering minum minuman…

Penyakit
Mengenal Jenis-jenis Penyakit Yang…

Tahukah anda apa saja…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips
Cara Sederhana untuk Bantu Usir Lemak dalam Darah

ternyata ada cara sederhana untuk…

Tips
Cara Tepat Melakukan Tes HIV/AIDS

Cara tepat melakukan tes HIV/AIDS…

Kirim Pertanyaan
Top