Penyebab Sering Mual Setelah Makan dan Solusinya

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab Sering Mual Setelah Makan dan Solusinya

Mual yaitu suatu gangguan pada sistem pencernaan yang membuat tidak nyaman, salah satu tanda keluhan mual adalah ada yang sedang tidak beres pada tubuh anda sehingga banyak kondisi yang menyebabkan mual terutama mual setelah makan.


Penyebab Gejala Mual Setelah Makan

  • Keracunan Makanan

Keracunan makanan salah satu penyebab mual karena bahan makanan tertentu yang tidak layak dikonsumsi misalnya makanan yang masih mentah, yang sudah basi, ataupun makanan yang terlalu lama disimpan pada suhu ruangan sehingga kemungkinan berbagai kotoran dari binatang misalnya makanan yang dihinggapi lalat.

  • Makan terlalu banyak dan cepat

Mual setelah makan dan begah bisa disebabkan karena makan yang terlalu banyak dan cepat maka akan menyebabkan lambung dan organ pencernaan menjadi kaget sehingga tidak kuat untuk menampung makanan yang tiba-tiba masuk yang menyebabkan tubuh memberikan respon berupa timbul rasa mual.

  • Asam lambung

Bisa juga disebabkan karena kondisi tubuh yang memiliki gangguan asam lambung yang dapat menyebabkan mual dan menyebabkan tenggorokan serta kerongkongan menjadi terasa perih.

  • Gejala gangguan pada sistem pencernaan

Sering merasa mual kemungkinan mengalami gejala gangguan pada sistem pencernaan yang biasanya timbul pada organ lambung dan usus.

  • Faktor kehamilan

Kehamilan salah satu penyebab dari timbulnya rasa mual karena respon tubuh yang wajar dan sering terjadi pada ibu hamil maka pada ibu hamil disarankan saat sedang hamil makanlah yang tidak mengandung asam tinggi dan perbanyak konsumsi makanan yang tinggi serat.

  • Psikosomatis

Psikosomatis yaitu suatu gejala psikologis yang memiliki efek terhadap timbulnya respon fisik salahsatunya yaitu mual contoh saat seorang terlalu stress atau depresi. Ketika kita makan, otak akan memikirkan masalah / stress tersebut sehingga dapat menyebabkan timbulnya gangguan rasa mual.

  • Alergi pada suatu makanan

Penyebab sering mual setelah makan biasanya karena faktor alergi pada suatu jenis makanan tertentu saat tubuh tidak dapat mentoleransi suatu makanan maka tubuh akan menimbulkan respon tubuh tertentu seperti kulit menjadi gatal dan merah yang disertai rasa mual. Contoh makanan penyebab mual yaitu kacang-kacangan, makanan laut, protein hewani dan jenis makanan lainnya.

Berikut ini ada beberapa solusi untuk mengatasi mual setelah makan antara lain :

  • Makan dengan porsi sedikit namun sering.
  • Hindari makanan yang berlemak, bersantan, pedas, asam, kol, dan sawi.
  • Setelah makan tidak boleh tiduran atau berbaring namun harus tunggu hingga 2 jam.
  • Tidak boleh minum saat sedang makan namun minumlah saat setelah makan.
  • Harus mengontrol stress yang merupakan penyebab mual.

Apabila jangka waktu 2 hari tidak ada perubahan atau sebelum 2 hari gejala semakin parah misal muntah sering terjadi ataupun disertai gejala lain seperti sakit kepala, sakit perut, demam, maupun diare maka segera periksakan ke dokter untuk penanganan selanjutnya atau sebelum dibawa ke dokter anda juga bisa mengkonsumsi obat herbal jelly gamat rasa jeruk tanpa efek samping .

By Ana Rediana - Penyakit Jum'at, 01 September 2017 15:10:10

Related Post :
Manfaat
Berbagai Manfaat Ikan Tuna…

Informasi tentang kandungan gizi…

Alami
Tanaman Obat Herbal Yang…

Tanaman obat Herbal yang…

Kesehatan
Kebaikan yang Akan Didapatkan…

Tertawa bisa membuat siapapun…

Ibu Hamil
Penyebab Sesak Nafas saat…

Sesak nafas merupakan hal…

Tips
Tips Tingkatkan Kinerja Otak…

Meningkatkan kinerja otak sangat…

Ibu Dan Anak
Kenali Gejala Penyakit DBD…

Mengenali gejala penyakit DBD…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Mengenal Penyakit Syringoma Atau Tumor Jinak Di Kulit Sekitar Mata

Mengenal penyakit syringoma atau tumor…

Penyakit
Ini Bahaya Dari Komplikasi Hipertiroid Yang Perlu Anda Waspadai!

Ini bahaya dari komplikasi hipertiroid…

Penyakit
Penyakit Yang Disebabkan Oleh Kebiasaan Merokok

Merokok adalah salah satu kebiasaan…

Kirim Pertanyaan
Top