Penyebab Pembuluh Darah Pecah Di Mata Yang Perlu Di Waspadai

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab pembuluh darah pecah di mata sering kali di abaikan akibat pengetahuan dan penyuluhan kepada masyarakat yang terbilang masih minim. Padahal jika kondisi ini kita gali lebih lanjut, ternyata dapat menimbulkan dampak ringan hingga serius bagi kesehatan indra penglihatan kita. Adapun untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya, anda bisa menyimak informasi berikut ini!


Di dalam tubuh manusia, tersebar pembuluh darah di sekujur tubuhnya. Dan tak terkecuali pada mata. Pembuluh darah sendiri adalah bagian penting dalam sirkulasi tubuh manusia. Jika di ibaratkan, pembuluh darah merupakan selang yang di dalamnya mengalir darah dari jantung ke suluruh tubuh maupun sebaliknya. Sehingga oksigen dan nutrisi yang di butuhkan oleh sel di dalam tubuh bisa terpenuhi. Selain memegang peranan penting untuk transportasi darah, pembuluh darah juga memiliki kontribusi terhadap pengendalian tekanan darah.

Namun, bagaimana jadinya apabila pembuluh darah tersebut pecah, terutama pada mata? Pada dasarnya kondisi tersebut tidak dapat menyebabkan masalah penglihatan juga ketidaknyamanan mata secara signifikan. Hanya saja penglihatan mata anda akan nampak menyeramkan. Namun, pada beberapa kasus kondisi ini juga dapat berdampak pada masalah penglihatan yang cukup serius.

Berbagai penyebab pembuluh darah pecah di mata yang perlu anda waspadai

Pembuluh darah pada dasarnya bisa saja pecah, terutama di beberapa bagian tubuh, seperti pembuluh darah di dalam kulit, otak dan juga mata. Adapun masalah pembuluh darah pecah pada mata sendiri di sebut dengan subkonjungtiva, yakni ketika pembuluh darah di bawah lapisan transparan mata (konjungtiva) pecah.


Pada  umumnya, orang yang mengalami kondisi ini hanya merasa seperti tergores, gatal bahkan tidak menyadari sebelumnya karena tidak terasa sakit dan mengubah daya penglihatan. Namun, akibat dampak pembuluh darah di mata pecah, biasanya bagian putih mata akan berwarna merah terang, akibat konjungtiva tidak bisa menyerap darah dengan cepat, sehingga darah terjebak di lapisan ini.

Adapun penyebab subkonjungtiva atau pecahnya pembuluh darah di mata dapat di akibatkan oleh beberapa faktor seperti:

  • Trauma pada mata.
  • Peningkatan tekanan darah secara medadak (saat bersin, batuk, tertawa dan sembelit perut).
  • Mengejan atau muntah.
  • Terlalu sering menggosok mata atau menggunakan lensa mata.
  • Infeksi tertentu dari luar mata (konjungtivitis), yang mana bakteri maupun virus melemahkan dinding pembuluh darah kecil di bawah konjungtiva.
  • Tekanan yang kuat seperti halnya wanita yang melahirkan.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu seperti aspirin, plavix, vitamin E dengan dosis tinggi dan lainnya.
  • Kekurangan vitamin K.
  • Gangguan medis yang menyebabkan pendarahan atau penghambat pembekuan normal.
  • Pasca operasi mata seperti gangguan mata katarak atau lasik.

Selain dari pada itu, beberapa komplikasi penyakit pun di ketahui menjadi pemicu yang juga paling sering menyebabkan pecahnya pembuluh darah pada mata. Seperti tidak terkontrolnya penyakit diabetes yang menyebabkan retinopati diabetes. Hal tersebut di akibatkan oleh efek gula darah yang tinggi pada retina terhadap pembuluh-pembuluh darah di sana. Sehingga akhirnya pembuluh darah rusak  sehingga terjadilah kebocoran darah yang masuk ke dalam badan kaca.

Hipertensi juga bisa menyebabkan retinopati hipertensi yang menjadi salah satu diantara penyakit lainnya yang memiliki peranan menyebabkan pembuluh darah di mata menjadi pecah.

Pada umumnya, kondisi ini tidak berbahaya dan dapat pulih dalam kurun waktu 1-2 minggu. Namun, anda juga mungkin memerlukan tetes mata seperti air mata buatan untuk menyejukkan mata. Apabila pendarahan konjungtiva terjadi secara berulang, bisa jadi itu di sebabkan oleh gangguan medis yang cukup serius sehingga ada baiknya segera lakukan pemeriksaan ke pusat kesehatan terdekat.

Nah, itulah informasi terkait berbagai faktor penyebab pembuluh darah pecah di mata. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. Salam sehat!

By Nida Saripah - Kesehatan Senin, 04 September 2017 11:47:12

Related Post :
Kesehatan
Makanan Yang Dianjurkan Bagi…

Penderita darah tinggi tidak…

Kesehatan
Makanan Pencegah Kanker Serviks…

Makanan pencegah kanker serviks…

Kesehatan
Ini yang Akan Terjadi…

Dalam dunia kedokteran kematian…

Kesehatan
Daftar Makanan Sehat Bagi…

Berikut adalah darftar menu…

Kulit
Begini Cara Mengatasi Kulit…

Begini cara mengatasi kulit…

Kesehatan
Jenis Makanan Yang Baik…

Ada beberapa jenis makanan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Antibiotik untuk Infeksi Paru Picu Gangguan Pendengaran

Penggunaan antibiotik untuk infeksi paru…

Kesehatan
Mengenal Lyme Disease Penyakit yang Dialami Avril Lavigne

Baru-baru ini Avril Lavigne menceritakan…

Kesehatan
Gejala dan Penyebab Kanker Lidah yang Patut Diwaspadai

Mengetahui dan mewaspadai gejala serta…

Kirim Pertanyaan
Top