Segudang Kebaikan Manfaat Daun Jarak Cina Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun jarak cina sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat. Karena sejak dulu getah daun dari tanaman ini sendiri sering kali di manfaatkan dalam penyembuhan berbagai jenis luka.


Tumbuhan jarak cina atau yang sering di sebut juga dengan jarak gurita ini memiliki nama latin Jatropha multifida L. Tanaman ini sendiri adalah sejenis tanaman semak yang hidup selama bertahun-tahun dengan ciri-ciri:

  • Tinggi pohon biasanya mencapai 2 meter atau lebih.
  • Batang pohon berbetuk bulat.
  • Memiliki jenis akar tunggang.
  • Seluruh bagian tanaman ini mengandung getah, terutama pada daun dan tangkainya.
  • Daun jarak cina berbentuk malai atau mirip dengan jari tangan dengan ujung lancip dan berwarna hijau.
  • Bunganya majemuk keluar dari ujung cabang tanaman dengan warna merah.

Kandungan yang terdapat di dalam daun dan tanaman jarak cina

Daun jarak china atau banyak masyarakat yang mengenalnya dengan daun yodium, di ketahui memiliki senyawa bermanfaat yang baik untuk kesehatan seperti diantaranya sitosterol, a-amirin, stigmaterol, komoesterol dan HCN. Sedangkan pada batang pohonnya terkandung senyawa tannin, alkaloid, flavonoid dan juga saponin. Adapun pada akarnya mengandung karbohidrat, senyawa felonik, dan glikosida.


Berbagai zat fitokimia lainnya juga terdapat di dalam tanaman ini seperti multifolone, multifidone, multidione, labaditin, multifidol. biobellein dan sebagainya. Selain dari pada itu, di balik rasanya yang pahit, tanaman ini juga memiliki berbagai efek farmakologis seperti antibakteri, antiinflamasi, antimikroba, penurun panas, dan hemostatik (penghenti pendarahan).

Namun, pada kesempatan kali ini kami tidak akan membahas lebih jauh terkait tanamannya melainkan secara khusus akan memaparkan berbagai khasiat yang terkandung di dalam daun jarak cina.

Khasiat dan manfaat daun jarak cina untuk kesehatan secara menyeluruh

Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa anda dapatkan dari daun jarak cina. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Mengobati luka sayatan

Manfaat pertama yang bisa anda rasakan dari daun jarak cina ini adalah mempercepat penyembuhan luka sayatan dan pengeringan luka gores. Hal tersebut di karenakan di dalamnya terkandung sifat anti mikroba yang berasal dari senyawa flavonoida dan tannin yang terkenal efektif untuk melawan infeksi staphylococcus aureus.

Cara penggunaannya sendiri adalah dengan mematahkan ujung tangkai daun jarak cina ghingga keluar getahnya. Oleskan getah ini pada luka di kulit anda. Meski akan terasa sedikit perih, namun cara ini sangat efektif dalam membuat luka menjadi cepat kering.

Mengobati memar, terkilir dan patah tulang

Berbagai permasalahan tersebut nyatanya juga bisa di atasi dengan memanfaat daun jarak cina. Hal tersebut di karenakan di dalamnya mengandung antiinflamasi yang berguna untuk mengatasi bengkak, memar, dan sebagainya.

Cara membuat ramuannyapun terbilang cukup mudah. Anda cukup memetik 7 lembar daun jarak cina, kemudian tumbuk hingga lumat. Campurkan dengan dengan sedikit air lalu balurkan p[ada bagian tubuh yang bermasalah. Untuk hasil terbaik lakukan cara ini secara teratur hingga sembuh.

Meredakan nyeri sendi dan pegal linu

Di belahan bumi Afrika seperti Kamerun, daun jarak cina ini sering kali di manfaatkan untuk mengatasi nyeri sendi. Cara pemanfaatannya, siapkan beberapa lembar daun jarak cina, kemudian tumbuh untuk mendapatkan getahnya. Tambahkan pula sedikit minyak atsiri untuk membuka pori-pori kulit sehingga getah daun jarak ini bisa lebih meresap ke dalam. Kemudian balurkan campuran ini ada bagian yang bermasalah.

Menurunkan demam tinggi

Demam atau kondisi memiliki suhu tubuh yang tinggi adalah permasalahan ksehatan yang dapat di alami oleh semua kalangan usia. kondisi tersebut juga tak terkecuali dapat terjadi pada anak-anak yang pada umumnya masih memiliki daya tahan tubuh yang masih lemah.  Dan daun yodium atau jarak cina ini bisa anda manfaatkan sebagai kompres alami yang bisa menyerap panas dan mempercepat penurunan demam.

Menjaga kesehatan gigi

Menggosok gigi adalah rutinitas yang selalu di lakukan setiap hari untuk menjaga kebersihan gigi. Namun jika hanya dengan menggosok gigi saja, tidak akan memaksimalkan kebersihan bakteri atau sisa makanan di gigi. Untuk itu, anda bisa membuat obat kumur alami yang terbuat dari daun jarak cina ini. Fungsinya ialah sebagai anti-bakteri dan juga untuk mencegah pertumbuhan kuman yang mungkin saja menyebabkan sakit gigi.

Nah, itulah segudang kebaikan manfaat daun jarak cina untuk kesehatan secara menyeluruh. Semoga pa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan menambah wasan anda.

By Nida Saripah - Daun Selasa, 05 September 2017 10:39:11

Related Post :
Ibu Dan Anak
Makanan Sehat Yang Baik…

Informasi penting untuk para…

Tips
Tips Mudah Mengobati Luka…

Jika Anda mengalami luka…

Penyakit
Gejala Penyebab Dan Pengobatan…

Glomerulonefritis merupakan penyakit ginjal…

Obat Kimia
Waspada Obat Pelangsing Perut…

Waspada Obat Pelangsing Perut…

Penyakit
Pengobatan Keracunan Makanan Dan…

Pengobatan keracunan makanan pada…

Manfaat
Manfaat Daun Apel yang…

Bukan hanya buah apel…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Ini Khasiat Daun Kemuning Yang Menakjubkan Untuk Kesehatan

Inilah berbagai manfaat dan khasiat…

Daun
Kandungan Dan Manfaat Daun Kacang Panjang Bagi Kesehatan

Informasi seputar Kandungan gizi lengkap…

Kirim Pertanyaan
Top