Triamcinolone Obat Untuk Mengurangi Inflamasi

Share dan Tag Temanmu di :
Obat yang tergolong obat kortikosteroid ini biasa digunakan untuk mengatasi berbagai gejala gangguan pernafasan dan asma. Triamcinolone yang tersedia dalam berbagai bentuk ini bekerja dengan cara mengurangi inflamasi atau peradangan. Beberapa gangguan kesehatan bisa diatasi dengan obat ini diantaranya gejala rhinitis akibat alergi, seperti hidung tersumbat, beringus, dan bersin-bersin, gejala penyakit kulit seperti gatal-gatal dan ruam kemerahan, gejala inflamasi pada sendi seperti rheumatoid arthritis, serta peradangan dalam mulut.



Obat ini tersedia dalam bentuk tablet, obat suntik, kapsul, obat semprot, odol, dan obat oles serta terseda dalam berbagai merk namun penggunaannya harus dengan resep dari dokter. Pastikan untuk bertanya terlebih dahulu kepada dokter tempat Anda berkonsultasi sebelum menggunakan obat ini karena tiap merk memiliki batas usia penggunaan berbeda-beda. Terutama jika akan digunakan untuk anak. Bagi wanita hamil dan menyusui pun demikian, harus berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum menggunakannya.


Beberapa orang tertentu juga harus mewaspadai penggunaan obat ini. Diantaranya orang yang menderita tuberkulosis, diabetes, katarak, glaukoma, infeksi pada bagian yang akan ditangai dengan obat ini seperti kulit, hidung, dan gusi, orang yang menderita hipertensi, tukak lambung, intrakarnial, sirosis, sindrom Cushing, infeksi jamur, myasthenia gravis, epilepsi, osteoporosis, gagal hati, dan gangguan psikosis akut. Untuk penggunaan jangka panjang sebaiknya dilakukan dengan adanya pemantauan secara rutin dari dokter. Diusahakan untuk tidak mengoperasikan alat berat dan mengemudi selama menggunakan triamcinolone.

Dosis untuk setiap pasien berbeda-beda disesuaikan dengan tingkat keparahan gejala, kondisi kesehatan secara menyeluruh, usia, dan repson tubuh pasien terhadap obat. Bentuk triamcinolone yang dipakai akan dipertimbangkan dokter. Misalnya triamcinolone yang berbentuk tablet pasti memiliki dosis berbeda dengan triamcinolone bentuk suntik atau semprot.

Gunakan obat ini sesuai dengan anjuran dokter dan hentikan pemakaian ketika gejalanya sudah hilang sepenuhnya. Hubungi dokter jika gejala tidak kunjung hilang. Untuk melihat perkembangan kondisi, periksakan diri secara rutin ke dokter. Untuk Anda yang menggunakan obat oles, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yakni:

-Biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air bersih baik sebelum maupun sesudah menggunakan obat ini.
-Oleskan krim merata pada kulit.
-Pastikan tidak terkena luka terbuka atau mata. Segera basuh dengan air bersih jika tidak sengaja terkena.
-Jangan menutup bagian yang sudah diolesi krim.
Harap diperhatikan untuk penggunaan triamcinolone bentuk semprot tidak dianjurkan untuk melebihi dua minggu, kecuali jika atas anjuran dokter. Kenali efek samping yang memungkinkan terjadi seperti iritasi pada hidung dan tenggorokan, mimisan ringan, batuk, sakit kepala, gangguan pencernaan, ruam, sensasi terbakar pada kulit, perih, sakit perut, berat badan naik, perubahan siklus menstruasi, dan sulit tidur.

By Rizka Ardiana - Obat Kimia Rabu, 20 Juli 2016 10:59:43

Related Post :
Kesehatan
Metode Pengobatan Pembengkakan Kelenjar…

Pengobatan pada penderita pembengkakan…

Ibu Dan Anak
Selain Susah Makan Ini…

Selain susah makan, ketahui…

Ibu Dan Anak
Wajib Coba! 8 Buah…

Selain ASI bayi yang…

Kesehatan
Makanan Sehat untuk Penderita…

Kombinasi obat-obatan dan mengonsumsi…

Kesehatan
Buah-buahan Yang Dapat Mencegah…

Buah-buahan yang dapat mencegah…

Manfaat
Manfaat Mengonsumsi Daging Belalang…

Manfaat mengonsumsi daging belalang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Pengencer Dahak di Apotek Acetylcysteine

Obat Pengencer Dahak di Apotek…

Obat Kimia
Domperidone Obat Untuk Mengatasi Refluks Asam Lambung

Domperidone adalah obat untuk mengatasi…

Obat Kimia
Carbamazepine Obat Penyakit Kejang Epilepsi Di Apotek

Carbamazepine obat penyakit kejang epilepsi…

Kirim Pertanyaan
Top