Ngos-ngosan Saat Olahraga Lari? Ini Cara Mengatur Nafasnya

Share dan Tag Temanmu di :

Olahraga lari merupakan olahraga yang dapat meningkatkan sistem kardiovaskular. Tetapi ada beberapa orang yang tidak menyukai olahraga lari padahal lari yaitu olahraga yang mudah dilakukan dan memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh.

Banyak orang yang tidak memilih melakukan olahraga lari karena alasan cepat kehabisan nafas. Penyebab kehabisan nafas ketika lari sebenarnya bermacam-macam, mulai dari melakukan kesalahan saat lari, alergi, memiliki asma, dan lainnya. Bagi anda yang mempunyai masalah ini, tak perlu khawatir karena dibawah ini ada beberapa cara yang dapat membuat anda bisa bernafas lebih baik saat lari.


Berikut ini yang bisa anda lakukan cara mengatur nafas saat olahraga lari agar tidak ngos-ngosan, antara lain :

  • Melakukan pemanasan

Selama kurang lebih 20 menit melakukan pemanasan dengan jogging atau berjalan dengan kecepatan sedang. Fungsi dari pemanasan untuk mempersiapkan tubuh sebelum melakukan olahraga yang secara bertahap meningkatkan pernafasan dan denyut jantung.

  • Mempraktekan tehnik pernafasan yang tepat

Salah satu penyebab sesak nafas yaitu jika melakukan pernafasan yang salah. Apabila pernafasan terlalu pendek maka hal tersebut tidak akan optimal untuk pertukaran udara. Anda bisa mencoba bernafas dalam-dalam pada posisi diam dan mulai dengan menenangkan diri, dengan menarik nafas kemudian turunkan bahu secara perlahan sambil mengeluarkan nafas. Ketika anda mengeluarkan nafas dalam-dalam dan memaksa udara keluar dari paru-paru dengan diikuti oleh tarikan nafas yang dalam ini disebut sebagai pernafasan perut yang ditandai oleh perut yang bergerak naik turun yang berarti anda telah bernafas dengan benar.

  • Cobalah lari dalam ruangan

Anda bisa mencoba berlari dalam ruangan dengan menggunakan treadmill. Jika anda yang mempunyai keluhan sulit bernafas akibat alergi maka lari didalam lingkungan yang iklim dapat terkontrol mengurangi gejala alergi akibat suhu rendah, lembab, dan lainnya.

  • Menyatukan berjalan dan berlari

Untuk memulihkan stamina dan peranafasan anda bisa beristirahat sejenak dengan berjalan. Cobalah berlari selama 5 menit dan berjalan selama 1 menit kemudian ulangi cara tersebut dan lihatlah apakah dapat membantu anda mengurangi sesak nafas.

  • Bernafas melalui mulut

Meski dalam praktek pernafasan banyak yang menyarankan untuk bernafas melalui hidung untuk mengontrol aliran udara tetapi saat lari tubuh akan menuntut asupan oksigen yang lebih besar dari volume oksigen yang disalurkan melalui hidung sehingga dengan bernafas melalui mulut yaitu solusi yang sangat baik.

  • Lari dengan kecepatan tepat

Anda bisa mencoba berlari dengan kecepatan yang dapat membuat anda bisa bernafas lebih mudah. Gunakanlah tes berbicara dengan kalimat lengkap tanpa tergesah-gesah untuk mengetahui apakah kecepatan anda telah sesuai. Apabila anda tidak dapat melakukan hal tersebut, maka anda harus menguranginya dengan berjalan.

Hal yang Perlu Anda Waspadai

Jika anda merasakan pusing dan mual (gejala umum yang disebabkan oleh kekurangan oksigen) kehabisan nafas saat lari. Gejala ini akan hilang dalam beberapa menit setelah nafas anda kembali normal. Namun jika gejala tersebut muncul walaupun nafas anda telah normal, sebaiknya periksalah ke dokter untuk mendapatkan penanganan selanjutnya.

By Ana Rediana - Tips Selasa, 05 September 2017 11:48:12

Related Post :
Penyakit
Gejala Infeksi Saluran Pernafasan…

Gejala Infeksi Saluran Pernafasan…

Manfaat
Manfaat Dan Kandungan Buah…

Buah blueberry memiliki nama…

Kesehatan
Pilihan Makanan untuk Bantu…

Kopi tidak sepenuhnya membuat…

Tips
Cara Menurunkan Kadar Lemak…

Berikut ini beberapa cara…

Tips
Tips Dan Cara Menghilangkan…

Ingin tahu cara menghilangkan…

Kesehatan
Cara Efektif Menjaga Paru-paru…

Cara efektif menjaga paru-paru…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Lakukan Cara Ini Agar Uban Tidak Cepat Muncul

Seiring bertambahnya usia dapat terjadi…

Tips
Cara Menggunakan Lensa Kontak agar Tetap Aman

Cara menggunakan lensa kontak yang…

Tips
Anak Kecanduan Bermain Game? Cegah dengan Cara Berikut!

Bermain game merupakan salah satu…

Kirim Pertanyaan
Top