Fakta Hyperemesis Gravidarum yang Dialami Kate Middleton

Share dan Tag Temanmu di :

Baru-baru ini, keluarga kerajaan Inggris mendapatkan kabar gembira. Pasalnya, Kate Middleton tengah mengandung anak ke tiga. Kabar ini tentu langsung disambut baik oleh seluruh rakyat Inggris ataupun masyarakat luas yang mencintai pasangan ini. 

Namun, dibalik kabar bahagia tersebut, ternyata ada kabar yang cukup mengkhawatirkan. Sama halnya seperti dua kehamilan sebelumnya, pada kehamilan ketiga istri dari Pangeran William ini kembali mengalami kondisi hyperemesis gravidarum (HG). 


Hyperemesis gravidarum adalah kondisi mual muntah yang berlebihan  pada masa kehamilan dan jauh lebih parah daripada morning sickness. Pada morning sickness, mula dan muntah biasanya hanya terjadi dalam 14 minggu pertama periode kehamilan dan umumnya dialami pada pagi hari. Namun, pada kasus hyperemesis gravidarum, wanita hamil dapat mengalami mual dan muntah yang terus berlangsung hingga lebih dari 14 minggu atau hingga bayi lahir. 

Hyperemesis gravidarum merupakan kondisi yang diperkirakan dialami oleh sekitar 1 dari setiap 100 wanita hamil. Mereka yang mengalami ini, dilaporkan mengalami mual hingga 50 kali sehari. Kondisi ini tidak boleh diabaikan dan harus segera ditangani secara medis. Selain dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, kondisi ini juga dapat berpengaruh buruk pada kesehatan fisik dan psikologis penderitanya, serta pertumbuhnan janin yang ada didalam kandungan. 

Untuk memahami lebih dalam mengenai hyperemesis gravidarum, berikut ini merupakan fakta hyperemesis gravidarum seperti yang dialami Kate Middleton yang perlu diketahui, diantaranya :

  • Bukan sekedar morning sickness parah

Sekitar 85% wanita hamil bisa mengalami morning sickness. Sedangkan hanya 2% wanita hamil yang mengalami hyperemesis gravidarum. Seorang wanita hamil yang mengalami hyperemesis gravidarum bisa diketahui melalui diagnosis eksklusif klinis seorang dokter obstetri dan ginekologi. 

Beberapa gejala hyperemesis gravidarum yang yang biasa timbul diantaranya berupa mual dan muntah parah, penurunan berat badan dibawah 5% sebelum hamil, ketidakseimbangan elektrolit, bahkan hingga mengalami disfungsi tiroid dan hati. 

  • Janin baik-baik saja

Meskipun ibu mengalami mual dan muntah, namun janin akan tetap berkembang. Bahkan bayi-bayi dari ibu dengan hyperemesis gravidarum juga memiliki berat badan yang sehat. Walaupun demikian, ibu dengan hyperemesis gravidarum yang mengalami mual dan muntah hingga tidak makan beberapa hari harus segera memeriksakan diri ke dokter. Bahkan mungkin juga diperlukan rawat inap, diinfus, atau mendapatkan obat-obatan dari dokter. 

  • Obat-obatan bisa meringankan kondisi

Hingga saat ini, para peneliti belum bisa menemukan obat yang dapat membantu mengobati kondisi hyperemesis gravidarum. Namun, meskipun begitu, terdapat beberapa jenis obat yang bisa digunakan untuk meringankan mual dan muntah pada kehamilan secara umum. 

  • Disebabkan oleh HCG

Tidak sedikit wanita hamil dengan kondisi hyperemesis gravidarum khawatir gaya hidup di masa lalu menjadi penyebab kondisi ini. Namun, sebenarnya hyperemesis gravidarum ini disebabkan oleh pengaruh hormon saat hamil. Sama seperti morning sickness pada umumnya, hyperemesis gravidarum juga disebabkan karena adanya sirkulasi hormon kehamilan, yaitu HCG. 

  • Dapat terjadi pada kehamilan selanjutnya

Seperti yang dialami oleh Kate Middleton, wanita hamil yang pernah mengalami hyperemesis gravidarum pada kehamilan sebelumnya, berisiko mengalami kondisi serupa pada kehamilan berikutnya. Sekitar setengah dari wanita yang mengalami hyperemesis gravidarum pada kehamilan pertama bakal mengalami hal yang sama pada kehamilan kedua, dan kehamilan selanjutnya.

By Sri Maryati - Ibu Hamil Rabu, 06 September 2017 11:56:44

Related Post :
Penyakit
Waspadai Penyebab Kanker Serviks…

Waspadai dan ketahui berbagai…

Kesehatan
Faktor Yang Dapat Meningkatkan…

Faktor yang dapat meningkatkan…

Manfaat
Manfaat Tidur Cukup Untuk…

Manfaat Tidur Cukup Untuk…

Ibu Dan Anak
Cara Merawat Kulit Bayi…

Cara Merawat Kulit Bayi…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Berikut adalah khasiat dan…

Alami
Cara Memanfaatkan Sarang Semut…

Sarang semut memiliki banyak…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Mengetahui Makanan Penguat Kandungan Untuk Ibu Hamil

Mengetahui makanan penguat kandungan untuk…

Ibu Hamil
Kenali Ciri Air Ketuban Merembes dan Waspadai Bahayanya

Kenali ciri air ketuban merembes…

Ibu Hamil
Inilah Daftar Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Berikut ini daftar makanan sehat…

Kirim Pertanyaan
Top