Inilah Cara Memasak Mie Instan Yang Baik dan Sehat

Share dan Tag Temanmu di :

Hampir semua orang mengenal dan menyukai mie instan terutama orang Indonesia karena mie instan salah satu makanan yang mudah ditemukan dan paling praktis dimasak dengan berbagai varian rasa yang cukup enak sehingga membuat yang suka mie menjadi ketagihan.


Mie instan termasuk makanan cepat saji yang tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi secara terus-menerus karena dalam mie instan banyak mengandung MSG dan garam sehingga jika terlalu sering dikonsumsi tidak baik bagi kesehatan. Perlu anda ketahui bahaya mie instan bagi tubuh dapat mengganggu penyerapan nutrisi didalam tubuh yang dapat menyebabkan kanker, gangguan pencernaan, gangguan metabolisme, kerusakan organ tubuh dan obesitas. Akan tetapi jika anda memang suka mengkonsumsi mie instan anda bisa memasaknya dengan cara yang sehat sehingga aman bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini cara memasak mie instan yang bsik dan sehat bisa anda coba dan terapkan di rumah sehingga saat anda mengkonsumsi mie instan tidak akan ada rasa khawatir karena bahayanya, antara lain :

  • Mie instan tidak boleh dimakan mentah

Tidak sedikit orang terutama anak-anak yang sering mengkonsumsi mie instan mentah dengan cara meremas dan mencampurkan bumbu didalamnya, cara tersebut memang paling sederhana namun sangat tidak sehat karena akan mengganggu sistem pencernaan didalam tubuh. Maka dari itu jauhilah mie instan sesuai petunjuk yang terlihat didalam kemasan.

  • Kurangi bumbu mie instan

Bumbu yang terdapat dalam kemasan mie instan yang mengandung MSG dan garam yang sangat tinggi sehingga banyak konsumen yang khawatir, maka saat anda memasak mie instan dianjurkan untuk mengurangi bumbu didalam kemasan, anda cukup menaburkan setengahnya yang bisa anda campurkan dengan bumbu lain seperti bawang putih, bawang merah, kecap, saus, sesuai selera anda sehingga dengan bumbu rempah tersebut akan terjada keamanan dan kesehatannya.

  • Tambahkan gizi seimbang

Ternyata kandungan karbohidrat dalam mie instan tidak seimbang dengan gizi yang nantinya akan masuk kedalam tubuh. Sebaiknya saat memasak mie instan menambahkan beberapa sayuran seperti sawi, tomat, wortel, dan yang lainnya sesua selera supaya gizi yang diserap dalam tubuh bisa seimbang. Selain sayuran diatas, anda juga dapat menambahkan asupan gizi dari bahan makanan lain seperti daging ayam atau telur.

  • Mengurangi konsumsi mie instan

Kurangilah mengkonsumsi mie instan karena mie instan tidak termasuk makanan pokok yang dikonsumsi setiap hari. Anda dapat mengkonsumsi mie instan 2 kali setiap 1 minggu atau 4 kali dalam sebulan.

  • Tidak boleh makan mie instan dengan nasi

Orang Indonesia bila sudah lapar tidak makan nasi merasa tidak kenyang Namun ternyata jika makan mie instan dengan nasi dapat mengganggu kesehatan tubuh karena karbohidrat tinggi dalam mie instan akan menyebabkan meningkatnya kadar gula dalam tubuh.

Pada umumnya cara memasak mie instan yang baik dan sehat sudah banyak yang mengetahuinya tapi banyak juga yang mengabaikannya dan tidak memperdulikan kesehatan tubuh. Berikut ini cara tambahan memasak mie instan dengan cara yang sehat dan aman :

  1. Didihkan air dalam dua panci.
  2. Kemudian masukan mie pada salah satu panci hingga matang lalu angkat dan tiriskan.
  3. Kemudian masukan mie kedalam panci kedua, didihkan lagi hingga airnya bening dan selama merebus, anda bisa sambil menyiapkan bumbu kedalam mangkok.
  4. Apabila mie sudah matang , tuangkanlah kedalam mangkok yang sudah diisi bumbu dan jika mie instan goreng anda bisa meniriskannya dulu baru dicampur dengan bumbu yang telah disiapkan.
  5. Kemudian anda bisa memasukan telur, sayur, dan lainnya ke campuran mie tersebut.

Itulah tahapan cara memasak mie instan yang baik dan sehat yang bisa anda coba praktekan sendiri di rumah. Namun akan lebih baik anda juga harus bisa menguranginya dan menjalankan pola hidup sehat.

By Ana Rediana - Tips Rabu, 06 September 2017 13:48:59

Related Post :
Penyakit
Jenis-Jenis Penyakit Autoimun Yang…

Jenis-Jenis Penyakit Autoimun Yang…

Kesehatan
8 Makanan untuk Atasi…

Duduk terlalu lama memang…

Obat Kimia
Obat Mual Akibat Mabuk…

Obat mual akibat mabuk…

Kesehatan
7 Makanan Sehat Bagi…

Untuk menghindari gejala naiknya…

Penyakit
Penyebab Dan Cara Mengatasi…

Sakit pinggang keluhan yang…

Alami
Cara Menghilangkan Kutil Secara…

Beberapa tips yang bisa…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    0 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Menghindari Bau Mulut Meski Sedang Berpuasa

Bau mulut merupakan salah satu…

Tips
Tips Jitu Menghilangkan Milia Dari Wajah

tips jitu menghilangkan milia dari…

Tips
Cara Mencegah dan Mengobati Komedo Di Kulit Wajah

Komedo merupakan salah satu masalah…

Kirim Pertanyaan
Top