Dampak Kelebihan Vitamin B5 Bisa Sebabkan Diare

Share dan Tag Temanmu di :

Vitamin yang bisa membantu tubuh dalam memecah protein, karbohidrat, dan lemak ini dikenal pula sebagai asam pantotenat. Salah satu fungsinya adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Vitamin B5 bisa diperoleh dari berbagai jenis makanan seperti avokad, yoghurt, biji-bijian utuh, susu, dan telur. Kekurangan vitamin B5 sebenarnya merupakan kasus yang jarang terjadi. Namun jika mengalaminya, gejala yang muncul adalah berupa uring-uringan, kelelahan, kebas, apatis atau kurang tanggap terhadap rangsangan lingkungan, serta kejang otot. Untuk mengobati defisiensi atau kekurangan vitamin B5, salah satunya bisa dengan mengonsumsi vitamin B kompleks yang mengandung vitamin B5. Umumnya, vitamin B5 digabung dengan vitamin dan nutrisi lain dengan bentuk tablet atau kapsul untuk orang dewasa.

Perlu Anda ketahui, vitamin B5 dibutuhkan tubuh dalam jumlah yang sangat sedikit. Namun jika jumlahnya tidak mencukupi apa yang tubuh butuhkan, maka tubuh akan mengalami banyak gangguan kesehatan seperti mati rasa dan kejang-kejang. Pada kondisi ringan, kekurangan vitamin B5 umumnya akan menyebabkan insomnia, sakit kepala, sampai gangguan pencernaan. Umumnya orang yang mengalami defisiensi B5 adalah mereka kaum manula dan alkohol. Hal ini dipengaruhi dengan menurunnya daya cerna makanan sehingga banyak nutrisi yang tidak mampu diserap tubuh.

Vitamin B5 memiliki peran sebagai komponen koenzim A yang terlibat dalam proses asetilasi dan pelepasan energi dari molekul makronutrien. Koenzim ini memiliki fungsi dalam metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat. Metabolisme ini akan menghasilkan energi. Tidak hanya itu, vitamin B5 juga memiliki peran dalam sintesis senyawa fosfolipid, spingolipida, sel saraf, hormon pertumbuhan, dan antibodi.

Harap hati-hati dalam mengonsumsi suplemen ini khusus untuk ibu hamil dan menyusui. Begitu juga jika sedang menderita hemofilia, gangguan kecemasan, dan sumbatan saluran pencernaan. Dosis vitamin B5 untuk remaja hingga dewasa umumnya 4 sampai 7 miligram per hari. Dokter akan menentukan dosis disesuaikan dengan kondisi serta kebutuhan pasien. Sementara untuk anak-anak, usia juga menjadi faktor penentu dosis. Konsumsi suplemen vitamin B5 sesuai dengan yang tertera pada kemasan. Tanyakan pada dokter jika ragu.

Karena keperluan vitamin B5 terbilang sedikit, jika over dosis maka efek samping yang akan terjadi akan signifikan. Salah satu dampak kelebihan vitamin B5 adalah berupa diare. Pastikan Anda membaca bahan yang terkandung pada obat dan tidak dianjurkan untuk mengonsumsi lebih dari satu multivitamin atau suplemen yang mengandung vitamin B5.


By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 21 Juli 2016 07:42:36

Related Post :
Ibu Hamil
Ini Manfaat Dan Risiko…

Berikut adalah berbagai manfaat…

Kesehatan
Benarkah Pewarna Cat Rambut…

Benarkah Pewarna Cat Rambut…

Tips
Cara Ampuh Mengatasi Rambut…

Cara ampuh mengatasi rambut…

Kesehatan
Mengenal Sindrom Gilbert Penyebab…

Salah satu pembalap MotoGP…

Tips
Cara Hilangkan Bopeng di…

Terdapat beberapa cara yang…

Kesehatan
Penyebab Pembuluh Darah Pecah…

Berikut adalah berbagai penyebab…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Hati-Hati Teh atau Kopi Panas Bisa Picu Kanker

Teh dan kopi merupakan minuman…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita Sakit Tenggorokan

Pantangan makanan bagi penderita sakit…

Kesehatan
Selalu Merasa Lapar Jika Belum Makan Nasi? Ini Alasannya

Mayoritas masyarakat Indonesia menjadikan nasi…

Kirim Pertanyaan
Top