Mengejutkan ! Ternyata Begadang Memiliki Manfaat Ini

Share dan Tag Temanmu di :

Banyak informasi yang menganjurkan untuk tidur secara cukup selama 7-8 jam sehari. Malam hari merupakan waktu tidur yang tepat karena pada waktu tersebut tubuh melakukan metabolisme yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan hanya terjkadi saat tidur malam. 

Namun, tidak semua orang bisa tidur tepat waktu dan melewatkan waktu malam untuk tdiur karena berbagai alasan, baik itu disebabkan oleh aktivitas yang padat, lembur, memiliki gangguan tidur (insomnia), dan alasan lainnya. 


Bagi sebagian orang, waktu larut malam adalah saat-saat dimana mereka sedang kreatif-kreatifnya. Kabar baiknya, ternyata hal ini tidak selamanya buruk. Ternyata begadang memiliki manfaat yang cukup mengejutkan dan menguntungkan, diantaranya :

  • Kemampuan memberikan solusi kreatif

Banyak orang yang menikmati bekerja pada malam hari. Hal ini disebabkan karena bekerja di malam hari dapat emmancing kreaktivitas mereka. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Personality and Individual Differences menemukan bahwa mereka yang bekerja di malam hari lebih mungkin memberikan ide-ide yang kreatif dibandingkan dengan mereka yang bekerja di pagi hari. 

  • Lebih cerdas

Orang yang sering begadang memiliki kemungkinan menjadi lebih cerdas. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal yang sama menemukan, anak-anak yang lebih cerdas biasanya jam tidurnya lebih malam. Mereka juga bangun lebih siang dari waktu biasanya, baik di hari sekolah ataupun akhir pekan. Meskipun begadang tidak menjadikan Anda lebih pintar, namun jika jam tubuh Anda lebih produktif di malam hari, bisa jadi ini adalah penjelasan dibaliknya.

  • Lebih mungkin mengambil risiko

Hal ini bisa menjadi sesuatu yang positif sekaligus negatif. Para peneliti dari University of Chicago menemukan, para pekerja malam cenderung merupakan orang yang berani mengambil risiko. Ketika berhubungan dengan judi, maka hal ini bukanlah termasuk sesuatu yang baik. Namun, jika berbicara bisnis atau memulai usaha baru, keberanian dalam mengambil risiko ini mungkin akan lebih bermanfaat.

  • Meningkatkan kekuatan

Memiliki kebiasaan tidur larut malam secara alami bahkan bisa memiliki manfaat bagi performa fisik. Para peneliti dari University of Alberta menemukan bahwa meskipun kekuatan orang-orang pagi hari konsisten sepanjang hari, namun orang-orang malam menunjukkan puncak kekuatan mereka di malam hari. 

Menurut Olle Lagerquist, Ph.D, salah satu penulis studi, hal ini bisa jadi disebabkan karena adanya peningkatan motor cortex dan kekuatan tulang belakang di malam hari.

  • Meningkatkan kewaspadaan

Tidak sedikit orang mungkin berpendapat bahwa begadang dapat membuat pelakunya sulit untuk fokus. Namun, selama Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka hal ini justru akan meningkatkan kewaspadaan. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Science menyebutkan bahwa para pekerja malam secara umum bisa melampaui kemampuan para pekerja pagi dalam seberapa lama mereka bisa terjaga dan mentalnya waspada sebelum merasa lelah secara mental. 

  • Pagi yang lebih tenang

Bangun siang memiliki kenikmatan tersendiri. Meskipun beberapa studi menunjukkan bawa secara umum para pekerja malam memiliki kadar kortisol yang lebih tinggi, namun kortisol mereka lebih rendah di pagi hari dibandingkan dengan mereka yang sering bangun pagi. Artinya, di pagi para pekerja malam akan merasa lebih santau dan tenang dibandingkan dengan orang-orang pagi. 

Kemampuan untuk begadang dikaitkan dengan aktivitas adenosin di otak, dan ini merupakan reseptor yang sama dengan yang ditargetkan kafein. Menurut penjelasan diatas, banyak studi yang telah menunjukkan bahwa orang-orang dengan aktivitas adenosin yang berlebih secara alami lebih nyaman bekerja di malam hari (sambil begadang). 

Namun, perlu diingat, jika Anda tidur larut malam dan bangun pagi-pagi sekali, maka hal ini bisa menghilangkan manfaat dari begadang itu sendiri. Manfaat ini baru bisa didapatkan jika Anda tidur larut malam dan bangun di waktu yang lebih siang dari biasanya.

By Sri Maryati - Kesehatan Kamis, 07 September 2017 11:48:28

Related Post :
Kesehatan
Waspada! Ini Bahayanya Bila…

Meskipun bagi sebagian orang…

Kewanitaan
Cara Menghitung Masa Subur…

Cara menghitung masa subur…

Obat Kimia
Obat Untuk Mengatasi Penyakit…

Obat betahistine untuk mengatasi…

Kesehatan
Anjuran Makanan Yang Baik…

Sedang mengalami tekanan darah…

Manfaat
Mengetahui Kebaikan dan Manfaat…

Selain bisa meningkatkan nilai…

Penyakit
Penyebab Sariawan Berkepanjangan yang…

Penyebab pasti terjadinya sariawan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Kesehatan
Ini Bahayanya Bila Berlebihan Konsumsi Makanan Bersantan

Waspadai! ini bahayanya bila sering…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top