Luar Biasa! Inilah Manfaat Daun Melinjo Yang Jarang Di Ketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun melinjo -, Anda sering makan sayur asem? Pastinya rasanya sungguh lezat bukan? Di samping itu, ternyata daun melinjo yang terdapat di dalam sayur asem tersebut juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan lho.


Melinjo (Gnetum gnemon) adalah spesies asli dari Asia tenggara dan pulau-pulau samudera pasifik barat. Seperti biji melinjo, daun melinjopun sering kali di jadikan masakan lezat yang banyak di minati seperti halnya sayur asem.

Namun selain lezat, daun melinjo ini pada dasarnya juga baik untuk kesehatan. Hal tersebur di karenakan di dalamnya terkandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin A, B1, C, kalsium, lemak, protein, fosfor dan lainnya.

Khasiat dan manfaat daun melinjo yang baik untuk kesehatan

Berikut adalah deretan khasiat daun melinjo yang pada umumnya masih minim di ketahui oleh masyarakat.

1. Melancarkan buang air kecil

Memiliki masalah kesulitan buang air kecil tentu membuat anda tidak nyaman bukan? Maka dari itu, segera atasi salah satunya dengan memakan daun melinjo secara langsung atau meminum air rebusannya.

2. Mengobati luka infeksi gigitan hewan

Jika anda di gigit oleh anjing, jangan biarkan begitu saja karena dapat menyebabkan infeksi bahkan rabies. Untuk mengatasinya dengan daun melinjo, anda bisa menumbuknya hingga benar-benar lembut, lalu tempelkan pada bekas luka gigitan dan tutupi dengan perban.

3. Mengobati sakit mata

Mata iritasi hingga belekan adalah beberapa dari sakit mata yang paling banyak di alami. Untuk mengatasinya, anda bisa meminum air rebusan daun melinjo ataupun anda bisa memakan daunnya secara langsug yang masih muda.

4. Mengobati anemia hingga busung lapar

Untuk mengatasi kondisi ini, anda bisa mengonsumsi daun melinjo baik secara langsung menjadi lalapan, ataupun memasaknya dengan capuran sayuran lainnya. Selain itu, bisa juga dengan cara anda mengonsumsi air rebusan daun melinjo yang masih segar minimal 1 kali dalam sehari.

5. Menangkal radikal bebas

Selain sistem imunitas tubuh yang rendah, banyak faktor lainnya yang menjadi penyebab radikal bebas berkembang di dalam tubuh seperti pola makan yang tidak sehat, dan masih banyak lagi lainnya. Namun dengan rutin mengonsumsi air rebusan daun melinjo, maka tubuh mampu menangkal radikal bebas termasuk yang bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker.

6. Melancarkan persalinan

Daun melinjo di ketahui sangat baik untuk ibu hamil. Dengan mengonsumsi air rebusan daun melinjo secara rutin mulai janin meninjak usia 8 bulan, di percaya mampu membantu memperlancar persalinan. Namun, anda juga tetap perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui sebarapa ramuan air rebusan daun melinjo yang tepat untuk anda konsumsi.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Salah satu faktor yang membuat tubuh kita mudah terserang penyakit yaitu karena sistem kekebalan tubuh yang kita miliki sering kali lemah. Namun, untuk meningkatkan sistem imun dan agar tubuh anda kembali fit maka anda bisa mengonsumsi air rebusan daun melinjo minimal 1 gelas dalam sehari.

Nah, itulah segudang khasiat dan manfaat daun melinjo untuk kesehatan. Maka dari itu, jangan sampai anda lewatkan mengonsumsi daun melinjo muda setiap harinya ya!

By Nida Saripah - Daun Kamis, 07 September 2017 14:24:07

Related Post :
Penyakit
Mengenal Penyakit Tiroiditis Serta…

Tahukah anda apa itu…

Manfaat
Wow! Inilah Manfaat Buah…

Wow!! inilah kandungan dan…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Berikut adalah khasiat dan…

Kesehatan
Cara Sederhana Untuk Mencegah…

Mencegah penyakit liver tidak…

Kesehatan
Gejala Penyebab Dan Cara…

Perut kembung adalah salah…

Tips
Sering Merasakan Penglihatan Mata…

Sering Merasakan Penglihatan Mata…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Manfaat Daun Ungu Untuk Ambeien Dan Cara Mengolahnya

Berikut adalah berbagai khasiat dan…

Daun
Daun
Kirim Pertanyaan
Top