Selain Melangsingkan Makanan Ini Juga Menyehatkan Mata

Share dan Tag Temanmu di :

Baik disadari atau tidak, makanan dapat memberikan dampak terhadap tubuh. Mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan gizi dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Begitu pun sebaliknya, mengonsumsi makanan yang kurang baik dapat mengganggu kesehatan tubuh. 

Ada banyak makanan sehat yang dapat dikonsumsi. Selain untuk menunjang kesehatan, saat ini tidak sedikit pula yang memanfaatkan makanan untuk membantu menurunkan berat badan. Pengaturan pola makan memang disarankan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. 


Beberapa jenis makanan, seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan jenis makanan lainnya memang dapat memberikan manfaat untuk menurunkan berat badan. Namun, selain melangsingkan makanan ini juga menyehatkan mata. Apa sajakah itu ? Simak penjelasannya di bawah ini !!

  • Sayuran hijau

Sayuran yang memiliki daun berwarna hijau, seperti bayam, kangkung, alpukat, brokoli, dan sebagainya dikemas dengan pigmen tumbuhan seperti lutein dan zeaxanthin yang dapat meringankan masalah degenerasi makula dan katarak.

  • Wortel

Telah banyak yang mengetahui bahwa wortel memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata. Wortel mengandung beta karoten yang memudahkan berfungsinya mata dan retina. Untuk penglihatan yang baik, mengonsumsi wortel merupakan sebuah keharusan. 

  • Tomat

Tomat juga dapat memberikan nutrisi pada mata karena mengandung karotenoid dan lycopene. Disamping itu, kandungan vitamin C yang ada didalam tomat dapat membantu melindungi penglihatan dan retina dari berbagai jenis kerusakan. 

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan pistachio kaya akan asam lemak omega 3 dan vitamin E yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan. Disamping itu, kacang lentil, kacang merah, dan buncis dapat memberikan nutrisi yang tepat untuk mata. Ketiga jenis kacang tersebut juga mengandung sel dan bioflavonoid yang membantu melindungi retina dan menurunkan risiko pengembangan katarak dan degenerasi makula. 

  • Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh, seperti quinoa, beras merah, gandum utuh, dan roti whole-wheat membantu meningkatkan kesehatan mata secara menyeluruh karena mengandung nutrisi penting seperti vitamin E dan seng. 

  • Buah berries dan jeruk

Buah-buahan seperti jeruk, lemon, buah anggur, dan buah kaya vitamin C dapat mengurangi risiko degenreasi makula dan katarak. Konsumsi segera buah ini sebanyak yang Anda bisa karena memiliki kandungan gizi lengkap serta bagus untuk kesehatan mata. 

  • Ubi jalar

Ubi jalar mempromosikan penglihatan yang baik dan juga memberi nutrisi yang sempurna pada mata karena mengandung vitamin A (beta karoten). Tambahkan ubi jalar ke dalam menu harian Anda untuk mendapatkan manfaatnya. 

  • Telur

Anda bisa mendapatkan nutrisi untuk mata dengan mengonsumsi telur, karena didalamnya terkandung dua enzim penting, yaitu lutein dan zeaxanthin serta seng. Semua nutrisi ini membantu melindungi mata dan juga memberikan perlindungan terhadap degenerasi makula. 

  • Ikan

Beberapa jenis ikan, seperti salmon, tuna, dan sarden kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang pada gilirannya dapat melindungi mata terhadap mata kering, katarak, dan degenerasi makula.

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 08 September 2017 15:49:28

Related Post :
Kesehatan
Waspadai Bahaya Terlalu Lama…

Seseorang dikatakan duduk terlalu…

Kesehatan
Konsumsi Cairan Alami Ini…

Mengonsumsi cairan, khususnya air…

Kesehatan
Apa Benar Micin Bisa…

Banyak yang berpendapat bahwa…

Alami
Cara Cepat Mengobati Luka…

Cara cepat mengobati luka…

Tips
Cara Mudah Dan Alami…

Cara alami membakar lemak…

Kesehatan
Ini Penyebab Suara Serak…

Selain batuk, ini penyebab…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Ini Ragam Makanan Berwarna Hitam Yang Bisa Dikonsumsi

Beragam makanan berwarna hitam dan…

Kesehatan
Gejala dan Penyebab Polip Rahim yang Harus Diwaspadai

Untuk mencegah timbulnya polip rahim,…

Kesehatan
Mengetahui Gejala dan Cara Pengobatan Sindrom Tourette

Mengetahui gejala dan cara pengobatan…

Kirim Pertanyaan
Top