Tak Disangka ! Inilah Manfaat Luar Biasa Oyong Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Oyong dikenal juga dengan gambas. Sayuran ini mempunyai berbagai nama lain dalam bahasa ilmiah diantaranya curcumis acutangulus luffa, luffa gosa ham, curcumis lineatus bosc, curcumis megacarpus G.Don, dan luffa fluminensis roem. Sama seperti sayuran hijau lainnya, oyong juga merupakan sayuran yang bermanfaat bagi kesehatan bila dikonsumsi secara rutin. Hanya saja manfaat oyong belum diketahui oleh banyak orang, terlebih kandungan gizi yang ada di dalamnya.


Sayuran oyong mengandung berbagai mineral yaitu besi, fosfor, magnesium, tembaga, mangan dan kalsium. Bahkan sayuran hijau ini juga mengandung berbagai vitamin yaitu vitamin A, B1, B2, B5, B6 dan C. Selain itu juga memiliki kandungan nutrisi lainnya yaitu karbohidrat, serat dan protein. Sehingga tidak heran bila sayuran hijau yang satu ini bermanfaat bagi kesehatan bila dikonsumsi setiap hari.

Manfaat Luar Biasa Oyong Bagi Kesehatan

Kesehatan mata

Manfaat luar biasa oyong bagi kesehatan jika dikonsumsi setiap hari yaitu dapat menyehatkan mata dan mencegah penyakit mata. Karena sayuran hijau yang satu ini mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata juga membatu mencegah penyakit mata seperti degenerasi makula.

Mengurangi resiko penyakit jantung

Manfaat mengkonsumsi oyong untuk kesehatan yaitu dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung. Hal ini dikarenakan sayuran hijau yang satu ini memiliki kandungan vitamin B5. Dan manfaat mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B5 bisa membantu mengurangi trigliserida dan kolesterol jahat, sehingga mampu mengurangi resiko penyakit jantung. Selain oyong konsumsi juga makanan yang mengandung vitamin B5 lainnya.

Mengurangi arthritis

Manfaat lainnya mengkonsumsi oyong untuk kesehatan yaitu membantu mengurangi arthritis. Karena sayuran oyong ini mengandung tembaga yang bersifat anti-inflmasi yakni dapat membantu meredakan gejala artritis seperti sakit serta kekakuan pada sendi. Sehingga selain mengkonsumsi obat dari dokter, penderita arthritis juga harus mengkonsumsi makanan yang sehat untuk penderita arthritis salah satunya sayuran oyong. Namun tahukah anda apa arthritis? arthritis adalah suatu kondisi dimana salah satu atau lebih persendian mengalami peradangan.

Menjaga fungsi otak

Salah satu manfaat oyong yang jarang diketahui adalah dapat menjaga fungsi otak. Karena oyong memiliki kandungan zat besi yang baik untuk kesehatan otak. Oleh karena konsumsi sayuran hijau ini setiap hari supaya kesehatan otak dan kesehatan tubuh juga selalu terjaga dengan baik.

Baik dikonsumsi oleh penderita penyakit kuning

Oyong adalah salah satu jenis sayuran yang baik dikonsumsi oleh penderita penyakit kuning., yaitu bisa membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit kuning. Karena mengkonsumsi sayuran hijau yang satu ini bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi termasuk infeksi yang disebabkan oleh virus hepatitis yang menyebabkan penyakit kuning.  
 
Kesehatan tulang

Selain mengkonsumsi susu dan produk susu, konsumsi juga sayuran hijau yang mengandung kalsium dan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang. Dan salah satu makanan yang mengandung kalsium dan fosfor yaitu sayuran oyong. Kedua kandungan yang ada pada oyong tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang saja, tapi juga menjaga kesehatan gigi, membantu pertumbuhan tulang dan mencegah osteoporosis.

Mengurangi gejala asma

Selain mengkonsumsi obat, mengkonsumsi makanan sehat seperti oyong juga bisa membantu mengurangi gejala asma. Cara pengolahan oyong sebagai obat asma sangatlah mudah yaitu:

  • Sediakan oyong yang masih muda
  • Cuci terlebih dahulu
  • Hancurkan oyong dengan cara di blender
  • Tambahkan air dan gula secukupnya
  • Minum jus oyong 2 kali sehari

Mengobati radang usus

Selain dijadikan sebagai obat asma, oyong juga bisa dijadikan sebagai obat radang usus. Cara pengolahannnya pun sangat mudah yaitu:

  • Panggang oyong sampai kering
  • Tumbuk dan setelah menumbuknya sampai halus, maka seduh dengan air panas.
  • Aduk hingga rata
  • Minum 1-2 kali sehari.

Mengobati radang tenggorokan

Bagi anda yang menderita radang tenggorokan tapi belum sembuh juga padahal sudah mengkonsumsi obat, anda bisa beralih dengan pengobatan alami.  Karena mengobati radang tenggorokan tidak hanya dengan pengobatan medis saja, tapi juga bisa secara alami. Jus oyong bisa menjadi solusi untuk anda yang sedang mencari pengobatan alami.

Caranya:

  • Sediakan dahulu oyong yang masih mudaCuci terlebih dahulu
  • Blender sayuran oyong ters hingga menjadi jus
  • Tambahkan air dan gula secukupnya
  • Minum jus oyong 2-3 kali sehari

Baik untuk ibu menyusui

Manfaat sayur oyong bagi untuk ibu menyusui yaitu dapat membantu menambah dan juga memperbanyak produksi ASI. Selain sayuran oyong, ibu menyusui yang ingin memperbanyak ASI juga bisa dengan memanfaatkan daun katuk.

Setelah mengetahui manfaat oyong atau gambas  bagi kesehatan bila dikonsumsi setiap hari, maka bagi anda yang tidak suka atau bahkan yang belum pernah mengkonsumsi sayuran hijau yang satu ini maka konsumsi sayuran oyong. Karena banyak manfaat terhadap tubuh yang akan didapat bila dikonsumsi setiap hari.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Sabtu, 09 September 2017 11:12:03

Related Post :
Manfaat
Khasiat Teh Herbal K-Muricata…

Informasi tentang khasiat dan…

Obat Cina
Manfaat Mailibahenling Sebagai Obat…

Berikut adalah manfaat meilibehenling…

Obat Kimia
Obat Infeksi Virus Herpes…

Obat Infeksi Virus Herpes…

Tips
Tips Sehat Untuk Ibu…

Berikut adalah berbagai tips…

Daun
Manfaat Daun Mengkudu Untuk…

Manfaat daun mengkudu untuk…

Kesehatan
Mengenal Gejala Fibrilasi Atrium…

Tahukah anda apa itu…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Penyebab Urine Berbau Menyengat yang Perlu Diketahui

Mengetahui penyebab urine berbau menyengat…

Kesehatan
Anjuran Makanan Untuk Penderita Perut Kembung

Penderita perut kembung sangat dianjurkan…

Kesehatan
Waspadai ! Bahaya Memakai Lensa Kontak Saat Tidur

Bahaya memakai lensa kontak saat…

Kirim Pertanyaan
Top