Kondisi Kesehatan Bisa Dilihat Dari Warna Lidah? Cek Disini !

Share dan Tag Temanmu di :

Kondisi Kesehatan Bisa Dilihat Dari Warna Lidah? Cek Disini !

Apakah anda tahu ternyata warna lidah dapat menunjukan kondisi kesehatan? Biasanya saat kita ke dokter menyuruh untuk membuka mulut dan menjulurkan lidah yang sebenarnya dokter ingin mengetahui warna lidah anda ketika sakit. Periksalah warna lidah anda pada pagi hari sebelum menyikat gigi.


Anda bisa cek lidah dibawah cahaya alami seperti cahaya matahari, setelah 1 jam kemudian paparkan lidah anda untuk diperiksa dibawah cahaya matahari. Pada umumnya lidah yang sehat berwarna merah muda yang sedikit memiliki lidah berpola geometris merah putih. Lidah yang kondisi normal memiliki banyak pembuluh darah dan selalu basah oleh air liur namun tetap bersih sehingga terhindar dari pertumbuhan bakteri berbahaya.

Secara umum warna lidah yang sehat yaitu warna merah muda, namun jika ada gangguan warna lidah bisa berubah menjadi hitam, merah, coklat, ungu, putih, atau ungu. Berikut ini beberapa arti warna lidah terhadap kondisi kesehatan tubuh anda, antara lain :

  • Lidah warna ungu

Lidah dapat menunjukan adanya penyakit bronkitis kronis ataupun kadar kolesterol tinggi. Selain itu, lidah warna ungu juga bisa disebabkan karena demam dan sirkulasi darah tidak lancar, dan bila warna lidah ungunya merata maka indikasi organ tubuh bagian dalam mengalami panas berlebihan kemungkinan perubahan ini akibat dari penyakit liver. Maka untuk mengatasinya , dianjurkan untuk perbanyak makan jahe dan bawang putih.

  • Lidah warna coklat

Warna lidah coklat menjadi salah satu tanda awal dari penyakit kanker kulit atau disebut melanoma. Apabila warna lidah semakin gelap maka segera konsultasi ke dokter.

  • Lidah warna hitam

Jika warna lidah berubah menjadi hitam bisa disebabkan oleh gejala gangguan antibiotik, diabetes, atau kesehatan mulut yang buruk. Yang paling ringan kemungkinan yaitu bakteri yang terjebak dilidah sehingga menimbulkan bercak hitam.

  • Lidah warna biru

Warna lidah menjadi akibat karena darah yang dingin atau aliran sangat lambat. Saat warna biru campur ungu berarti kondisinya semakin parah.

  • Lidah warna kuning

Warna lidah berubah menjadi kuning karena adanya pembentukan infeksi bakteri atau ragi. Ketika warna kuning campur hijau maka infeksi bakteri telah parah. Pada umumnya lidah warna kuning yaitu indikasi panas tubuh yang berlebihan yang disebabkan karena makanan pedas, stress berlebih, atau nikotin.

  • Lidah warna merah

Lidah yang terlihat merah ketika suhu tubuh melonjak maka papila akan membengkak yang disebabkan karena kekurangan folat, akibat syndrom kawasaki, demam berdarah, vitamin B3 dan B12. Untuk mengatasi masalah tersebut, nutrisi harian anda harus tercukupi karena sangat dibutuhkan tubuh. Jika warna lidah yang berubah disertai bengkak dan nyeri sehingga sulit untuk makan ataupun berbicara mungkin salah satu tanda glossitis yakni dehidrasi, peradangan akibat infeksi, reaksi alergi, dan sebagainya. Maka periksa ke dokter untuk mengetahui yang sebenarnya.

  • Lidah warna putih

Lidah timbul bercak putih disebabkan karena dehidrasi, sariawan, leukoplakia (sel-sel permukaan lidah tumbuh secara berlebih), atau infeksi jamur oral. Untuk mengatasi gangguan ini maka perbanyaklah minum air dan jaga kebersihan mulut.

Selain itu, lidah yang berubah menjadi warna putih bisa saja suatu tanda gangguan pada saluran pencernaan, gejala tifus, flu, ataupun anemia dan bila bercak putih tidak tebal maka indikasi bahwa tubuh kekurangan darah. Berhati-hati juga jika bercak putih yang tebal kondisi ini mungkin akibat gangguan reproduksi. Apabila selama 2 minggu bercak putih tidak hilang maka segera periksa ke dokter karena jika bercak putih selama sebulan tidak hilang dapat indikasi adanya kanker berbahaya.

Itulah beberapa kondisi kesehatan bisa dilihat dari warna lidah dan kenalilah tanda-tanda ini sejak sedari dini untuk mencegah berbagai masalah kesehatan yang tidak diinginkan.

By Ana Rediana - Kesehatan Senin, 11 September 2017 08:06:41

Related Post :
Tips
Lakukan Cara Ini Agar…

Seiring bertambahnya usia dapat…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah…

Blewah adalah buah yang…

Manfaat
Kandungan Manfaat Buah Kesemek…

Di beberapa daerah Indonesia…

Tips
Tips Pengobatan Ketombe Dengan…

Seperti yang kita ketahui…

Penyakit
Ini yang Perlu Anda…

Kanker otak adalah tumor…

Daun
Manfaat Daun Sendok Bagi…

Ketahui kandungan, khasiat dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Jenis Buah Yang Baik Untuk Obat Panas Dalam

Selain mengonsumsi obat-obatan, mengobati panas…

Kesehatan
Mengerikan! Ini Bahaya Terlalu Banyak Makan Kentang Goreng

Meskipun enak, mengkonsumsi kentang goreng…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top