Catat! Ini Daftar Makanan Yang Baik Di Konsumsi Untuk Sirosis Hati

Share dan Tag Temanmu di :

Makanan yang baik untuk sirosis hati -, Sirosis merupakan gangguan kesehatan yang mengacu pada penggantin sel-sel hati oleh jaringan parut. Kondisi ini pada sendiri di kategorikan menjadi salah satu permasalahan kesehatan bersifat kronis.


Banyaknya jaringan parut pada hati mencegah aliran darah terhambat saat melalui hati. Kondisi ini menyebabkan terjadinya keruksakan lebih dan hilangnya fungsi hati itu sendiri. Dan akibatnya, hati menghambat penggunaan   utrisi oleh tubuh dan mengakibatkan kekurangan gizi.

Daftar makanan yang baik di konsumsi untuk sirosis hati

Agar kondisi tubuh penderita sisrosis hati tetap terjaga, selain secara rutin mengonsumsi obat sirosis hati terbaik juga perlu memeperhatikan apa saja asupan makanan yang ia konsumsi.


Asupan makanan yang tepat nyatanya mampu memperbaiki sirosis. Namun sebaliknya, sebagian lainnya perlu di hindari untuk mencegah menurunnya kondisi kesehatan penderita. Adapun makanan yang baik dan tepat di konsumsi oleh penderita sirosisi adalah sebagai berikut.

1. Makanan yang mengandung protein

Tubuh memerlukan asupan proptein untuk berbagai tujuan, salah satunya untuk membangun massa otot. Adapun untuk penderita sirosisi, protein yang berkualitas tinggi sangat di butuhkan untuk memperbaiki jaringan hati yang rusak.

Karena pada saat protein tubuh rusak, maka kondisi tersebut akan menciptakan produk sampingan beracun seperti halnya dan zatn lainnya, yang biasanya dapat di saring oleh hati sehat. Namun bagi penderita sirosis, hati tidak dapat melakukan pekerjaan tersebut secara efektif, Bahkan racun dapat terkontaminasi dalam aliran darah dan pekerjaan ke otak, sehingga menyebabkan kebingungan hingga kehilangan memori.

Dr Arthur Schoenstadt yang menulis untuk EMED TV, mengatakan bahwasanya penelitian telah menunjukkan penderita sirosis tampaknya lebih censderung terhindar dari komplikasi sirosis hati saat mereka makan protein berlebih seperti tahu, kacang-kacangan dan protein hewani non-daging seperti telur dan susu.

2. Makanan yang mengandung serat tinggi

Makanan untuk penderita sisrosis hati dengan pola makan nabati dan mengandung serat lebih tinggi di ketahui dapat mengurangi resiko terjadinya ensefalopati hati dengan cara membuang amonia beracun di dalam tubuh. Adapun salah satunya adalah sayuran hijau. Di dalamnya terkandung arginin yang mana merupakan sejenis asam amino yang akan menurunkan kadar amnia di dalam tubuh.

3. Diet natrium yang standar

Menjalani diet natrium dengan membatasi asupan natrium hingga 2000 miligram dalam sehari sudah di tunjukkan untuk meningkatkan kelangsungan hidup pasien yang mengalami sirosis hati. Namun anda juga teteap perlu berkonsultasi dengan dokter maupun ahli gizi untuk mengidentifikasi makanan yang tinggi natrium dan menemukan alternatif yang sesuai.

4. Makanan yang mengandung vitamin A, B dan antioksidan

Pasien sirosis hati nampaknya memiliki penurunan yang signifikan terhadap antioksidan di dalam tubuh mereka. Adapun cara efektif untuk mengatasinya adalah dengan mengaonsumsi banyak makanan seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Namun akibat gejala sirosis hati berupa selera makan yang buruk, maka anda dapat mencupi kebutuhan tersebut dengan mengonsumsi multivitamin harian yang memenuhi 100% dari kecukupan gizi untuk vitamin dan mineral.

5. Mengonsumi makanan yang mengandung probiotik

Probiotik adalah bakteri sehat, yang terdapat di dalam suplemen dan juga beberapa jenis makanan seperti kedelai dan yogurt. Probiotik sendiri di ketahui dapat menurunkan konsentrasi darah amonia yang beracun yang mana dapat menyebabkan ensefalopati hati serta mengurangi resiko infeksiyang mengancam jiwa.

6. Membatasi asupan sodium

Sirosis dapat menyebabakan kondisi yang di sebut dengan ascites atau cairan menumpuk di perut. Menurut American Dietetic Association menyebutkan bahwasannya jika anda menderita ascites maka anda akan perlu untuk membatasi asupan sodium anda untuk sekitar 2000 mg perhari.

7. Makanan yang mengandung asam amino

Suplementasi dengan kandungan asam amino akan membantu memilihara kesehatan hati, sehingga sangat baik dalam membantu mencegah penyakit sirosis hati.

Nah itulah pola makan sekaligus daftar makanan yang baik di konsumsi untuk sirosis hati. Semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat dan menjadi wawasan terbaru bagi anda. Salam sehat!

By Nida Saripah - Kesehatan Senin, 11 September 2017 10:44:49

Related Post :
Obat Kimia
Suntikan Filler Solusi Bagian…

Suntikan Filler solusi wajah…

Penyakit
Bronkhitis Infeksi pada Bronkus…

Bronkhitis merupakan infeksi yang…

Penyakit
Faktor Resiko Autoimun Yang…

Penyakit autoimun adalah penyakit…

Ibu Hamil
Atasi Sembelit Saat Hamil…

Atasi sembelit saat hamil…

Kesehatan
13 Sayuran Ini Aman…

Beragam sayuran yang aman…

Kewanitaan
Jangan Terkecoh! Ini Cara…

Jangan terkecoh!! Ini cara…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Penyebab Luka pada Penderita Diabetes Sulit Sembuh

Mengenali berbagai penyebab luka pada…

Kesehatan
Mengenal Gejala Sariawan Dan Cara Mengatasinya

Bila anda mengalami gejala sariawan…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top