Jangan Konsumsi Makanan Ini Jika Tak Ingin Alami Gastritis

Share dan Tag Temanmu di :

Gaya hidup tidak sehat merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan terjadinya gastritis. Pola makan yang tidak sehat dan tidak teratur termasuk salah satu diantaranya. Orang yang memiliki pola makan tidak teratur mudah teserang penyakit gastritis. Ketika perut dalam keadaan kosong dalam waktu yang cukup lama, maka asam lambung akan mencerna lapisan mukosa lambung, sehingga timbul rasa nyeri. 

Kebiasaan makan tidak teratur ini juga akan membuat lambung sulit untuk beradaptasi. Jika hal ini terus terjadi dalam waktu yang lama, maka produksi asam lambung akan berlebihan sehingga dapat mengiritasi dinding mukosa pada lambung dan dapat berlanjut menjadi tukak peptik. Hal tersebut dapat menyebabkan rasa perih dan mual. 


Selain pola makan yang tidak teratur, penyakti gastritis juga bisa disebabkan karena mengonsumsi makanan tertentu. Terdapat beberapa jenis makanan pemicu gastritis yang sebaiknya dihindari, diantaranya adalah :

  • Makanan pedas

Mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan dapat merangsang sistem pencernaan, terutama lambung dan usus untuk berkontraksi. Hal ini akan menyebabkan rasa panas dan nyeri di ulu hati yang disertai dengan mual dan muntah. Gejala tersebut membuat nafsu makan penderita semakin berkurang. Jika kebiasaan mengonsumsi makanan pedas ini terus dilakukan, maka dapat menyebabkan iritasi pada lambung atau disebut juga gastritis. 

  • Makanan yang mengandung gas

Makanan dengan kandungan gas juga harus dihindari agar penyakit gastritis tidak semakin parah. Beberapa jenis makanan yang mengandung gas diantaranya seperti sawi, kol, nangka, minuman bersoda, roti, sereal, dan pasta. 

  • Makanan tinggi lemak

Makanan tinggi lemak dapat meningkatkan kadar asam lambung. Misalnya daging berlemak, produk olahan susu yang tinggi lemak, dan makanan yang digoreng. 

  • Coklat

Memiliki rasa yang manis dan nikmat, coklat cukup banyak disukai. Namun, sayangnya mengonsumsi coklat secara berlebihan dapat memicu timbulnya penyakit gastritis. Hal ini disebabkan karena coklat termasuk salah satu makanan yang dapat memperlambat pengosongan lambung dan makanan pemicu naiknya asam lambung.

  • Makanan manis

Mengonsumsi gula dalam jumlah yang banyak dapat membuat produksi asam lambung menjadi lebih tinggi.

  • Kopi atau teh

Kedua jenis minuman ini mengandung kafein yang dapat memicu peningkatan asam lambung dan ketidaknyamanan pada lambung. 

Selain menghindari beberapa jenis makanan tersebut, Anda juga perlu mengurangi kebiasaan merokok agar dapat terhindari dari penyakit gastritis. 

Obat gastritis merupakan salah satu solusi yang sering dipilih untuk mengatasi penyakit gastritis secara efektif. Namun, mengonsumsi obat saja tidak cuku, Anda juga perlu menjalankan pola hidup sehat, khususnya mengatur pola makan sehat dan teratur. Jangan abaikan nyeri yang timbul di ulu hati, terlebih dalam jangka waktu yang lama. Segera periksakan diri Anda ke dokter jika mengalami beberapa gejala gastritis.  

By Sri Maryati - Kesehatan Selasa, 12 September 2017 11:08:37

Related Post :
Daun
Cara Mengolah Daun Sirsak…

Cara mengolah daun sirsak…

Kesehatan
5 Fakta Sindrom Putri…

Berikut ini merupakan beberapa…

Kesehatan
Ingin Menjalankan Pola Hidup…

Olahraga secara teratur memang…

Kesehatan
Ingin Terhindar Dari Flu…

Anda ingin terhindar dari…

Manfaat
Manfat Kulit Buah Lemon…

Sebelum pergi ke dokter,…

Kesehatan
Ketahui! Ini Ragam Penyebab…

Mengenal artritis septik lengkap…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Ini Jenis Makanan Yang Perlu Dihindari Penderita Wasir

Jenis makanan yang perlu dihindari…

Kesehatan
Ingin Mengganti MSG? Cobalah Penyedap Rasa Alami Ini !

Monosodium glutamat (MSG) atau disebut…

Kesehatan
Mengenal Penyakit Candidiasis Serta Penyebab Dan Gejalanya

Berikut adalah informasi tentang penyakit…

Kirim Pertanyaan
Top