Kenali Berbagai Manfaat Daun Pulutan Dan Akarnya Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun pulutan pada umumnya hanya di kenal oleh masyarakat sebatas rumput liar. Namun, belakangan ini tersiar fakta kesehatan yang cukup mengejutkan. Ternyata daun pulutan ini dapat di gunakan untuk mengatasi berbagai jenis masalah kesehatan lho. Informasi selengkapnya bisa anda simak dalam informasi berikut ini.


Pulutan memiliki nama ilimiah Urena Lobata L, adalah sejenis tumbuhan liar yang mungkin sering kali kita jumpai di pekarangan rumah, kebun maupun sawah. Tinggi pohon ini biasanya hanya mencapai 2 meter, dengan batang kayu berwarna ungu dengan bentuk daun yang sepintas mirip dengan daun maple.

Adapun bunga palutan sendiri berwarna pink atau ungu dengan garis sekitar 1 cm saja. Bungan sendiri mekar hanya satu hari saja dan kemudian berubah menjadi buah kecil, bertekstur keras berwarna hijau dan berganti dengan coklat atau hitam apabila sudah matang.

Adapun di Indonesia sendiri, tanaman ini memiliki nama panggilan yang berbeda-beda di setiap daerahnya. Seperti halnya pungpulutan, pungpurutan, legetan, kaporata, pulutan kebo (Jawa); pulutan sapi, pungpurutan (Sunda); polot (Madura); Kapuhak, kaporata (Sumba); Bejak, kakamomoko, kokomomoko (Halmahera); Taba toko (Ternate); Tao hum (China); dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kalasifikasi tanaman pulutan

KerajaanPlantae (Tidak termasuk Eudicots dan Rosids)
OrdoMalvales
FamiliMalvaceae
UpifamiliMalvoideae
BangsaHibisceae
GenusUrena
SpesiesU. Lobata
Nama BinomialUrena lobata L

Setelah, mengetahui ciri-ciri dan klasifikasi dari tanaman pulutan ini, sekarang giliran anda untuk mengetahui berbagai kandungan dan khasiat yang terdapat di dalam tanaman pulutan terutama bagian daun dan akarnya.

Kandungan serta manfaat daun pulutan dan akarnya yang luar biasa bagi kesehatan

Karena kurangnya pengetahuan yang di miliki masyarakat, tanaman liar ini pada umumnya belum banyak di manfaatkan oleh masyarakat sebagai obat herbal. Padahal jika di teliti lebih dalam, tanaman pulutan ini ternyata memiliki berbagai senyawa alami yang sangat berguna untuk kesehatan. Adapun kandungan tanaman pulutan adalah sebagai berikut:

  • Daun dan batang tanaman pulutan: Zat lendir
  • Akar pulutan: Protein, lemak, karbohidrat, pelembab, abu dan serat
  • Biji pulutan: Lemak
  • Sifat kimiawi dan farmakologis: rasa manis, tawar, sejuk, penurun panas, anti radang dan anti-rematik

Nah, dengan berbagai kandungan senyawa dan efek farmakologis yang di milikinya tersebut, tak heran jika tanaman ini terutama bagian daun dan akarnya memiliki segudang khasiat untuk kesehatan. Adapun khasiat daun pulutan dan akarnya lengkap dengan cara pengolahannya adalah sebagai berikut.

Mengobati sakit rematik

Jika anda kini tengah mengalami nyeri sendi yang di akibatkan oleh penyakit rematik, bisa anda segera atasi dengan memanfaatkan akar pulutan. Cara penmgolahannya sendiri terbilang cukup sederhana. Jemur 50 gram akar pulutan hingga kering, kemudian rebus dengan menggunakan 2 1/2 gelas hingga tersisa hanya 1 1/2 gelas. Kemudian minum airnya selagi hangat.

Membantu mengencerkan dahak

Daun pulutan juga sangat efektif dalam mengencerkan dahak, sehingga dapat di keluarkan dengan mudah oleh tubuh. Caranya, cukup dengan menyiapkan 3 gram daun pulutan, cuci dengan air matang dan tambahkan sedikit garam dapur. Kunyah hingga lembut, dan telan airnya saja. Lakukan cara ini secara teratur di pagi, siang dan malam hari.

Mengatasi diare dan disentri

Untuk menghentikan diare akibat penyakit disentri, anda dapat menggunakan ramuan daun pulutan sebagai alternatifnya. Caranya, jemur daun pulutan hingga kering, lalu rebus dengan menggunakan 2 1/2 gelas hingga akhirnya hanya tersisa 1 /2 gelas saja. Minum ramuan ini selagi hangat.

Mengatasi influenza

Untuk mengobati penyakit flu tanpa efek samping, anda bisa membuat racikan daun pulutan untuk mengatasinya. Carnya rebus 20 gr  akar legetan ini bersama 3 gelas air hingga hanya tersisa 2 gelas saja. Setelah airnya dingin, Minum ramuan ini setiap malam hari.

Meredakan keseleo dan memar

Untuk mengatasi keseleo pada kaki, tangan maupun bagian tubuh lainnya, anda bisa menrapkan daun pulutan yang sebelumnya telah di haluskan, balut dengan kain kasa, biarkan selama beberapa menit  kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

Sebagai obat keputihan dan peluruh kencing alami

Pulutan juga nyatanya bisa di jadikan sebagai pengobatan rumahan untuk mengetasi penyakit keputihan dan juga sebagai peluruh kencing. Caranya, rebus 45 gr akar pulutan segar dengan 350 ml air sampai tersisa hanya 250 ml saja. Airnya dapat anda minum saat dingin.

Mengurangi pembengkakan akibat nephritis

Cara pengolahannya, anda bisa siapkan terlebih dahulu 45 gr akar pulutan, rebus bersama 3 1/2 gelas air hingga hanya tersisa 2 gelas saja. Airnya dapat di minum saat dingin.

Mengobati radang tonsil atau amandel

Akar pulutan juga ternyata bisa di manfaatkan sebagai obat radang amandel. Caranya, ambil 55 gr akar tanaman ini, kemudian rebus dengan menggunakan air 750 ml hingga airnya hanya tersisa 250 ml saja. Minum saat pagi dan sore dengan takaran 1/2 gelas saja.

Mengobati penyakit malaria

Akar urena ini di ketahui memiliki sifat anti-malaria. Adapun untuk pengolahannya, yaitu cukup dengan merebus akarnya, kemudian minum airnya 2 kali dalam sehari.

Menetralisir racun akibat gigitan ular

Saat tubuh di gigit ular berbisa sebainya  segera mengatasinya, salah satunya dengan mengoleskan daun pulutan yang sudah di tumbuk halus untuk menetralisir racunnya.

Selain daun dan akarnya, bunga pulutan juga bisa kita manfaatkan untuk mengeringkan luka koreng dan juga sebagai obat bisul alami. Cara pemanfaatannya, cukup dengan menumbuk bunganya dan balurkan pada bagian kulit yang bermasalah.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar manfaat dan pulutan dan akarnya bagi kesehatan lengkap beserta cara pengolahannya. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat

By Nida Saripah - Daun Selasa, 12 September 2017 11:37:17

Related Post :
Daun
Manfaat Daun Insulin Untuk…

Khasiat dan manfaat daun…

Alami
Cara Cepat Mengobati Luka…

Cara cepat mengobati luka…

Ibu Dan Anak
Tips Dan Cara Ampuh…

Tips dan cara ampuh…

Penyakit
Bahaya Dan Komplikasi Eksim…

Berikut adalah bahaya dan…

Penyakit
Diagnosis Dan Pengobatan Kanker…

Diagnosis dan pengobatan kanker…

Penyakit
Hepatitis B dan Komplikasinya

Hepatitis B dan komplikasinya…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Berbagai Manfaat Daun Kitolod Dan Bunganya Untuk Kesehatan

Sekain sangat baik untuk lovebird…

Daun
Kirim Pertanyaan
Top