Benarkah Tisu Basah Berbahaya Bagi Kulit Bayi?

Share dan Tag Temanmu di :

Mungkin adanya tisu basah sangat membantu bagi sebagian orang terutama yang memiliki bayi. Namun ada rasa khawatir mengenai keamanan tisu basah saat diusapkan pada kulit bayi. Guna dari tisu basah yang bisa dipakai untuk mengganti air saat membersihkan kulit bayi dari berbagai jenis kotoran seperti keringat, air seni, debu, tinja, atau cipratan makanan. Sehingga tisu basah sangat wajib dibawa kemana-mana.


Tisu basah sebenarnya sama bersihnya dengan air saat dipakai untuk membersihkan kulit bayi dari kotoran. Mungkin tisu basah tidak akan menimbulkan reaksi negatif saat diusapkan pada bayi yang memiliki kulit normal. Tetapi mungkin saja timbul reaksi negatif bila mengaplikasikan tisu basah pada kulit bayi yang sensitif. Hal tersebut mungkin reaksi yang ditimbulkan oleh bahan-bahan yang terkandung dalam tisu basah. Dulu produsen pada tisu basah memasukan bahan pengawet jenis formalin dan paraben. Namun setelah zat ini dilarang digunakan produsen pindah ke jenis pengawet lain yakni methylisothiazolinone (MI) tapi zat pengawet ini dapat memicu reaksi alergi seperti lecet, ruam, pengerasan kulit, lecet, melepuh, maupun bengkak. Area yang paling sering terkena infeksi biasanya area kelamin, jari tangan, ataupun bokong.

Apabila reaksi alergi timbul pada kulit bayi maka hentikan penggunaan dan gantilah ke air hangat untuk membersihkan kulit bayi serta hindarilah area yang terkena alergi. Jika alergi yang mash tetap tidak membaik atau malah semakin parah maka segera bawa anak anda ke dokter.

Cara Aman Memakai Tisu Basah

  • Pilihlah tisu basah khusus bayi dan tidak mengandung alkohol dan wangi-wangian untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Apabil anak anda memiliki kulit sensitif dan alergi pada tisu basah yang dijual bebas di pasaran dan anda bisa membuat sendiri tisu basah tanpa menggunakan pengawet.
  • Untuk membuat tisu basah di rumah diperlukan bahan-bahan diantaranya tisu gulung tebal, sabun bayi cair, air hangat, baby oil, dan wadah bersih yang tertutup untuk menyimpan tisu basah supaya tetap lembab. Dianjurkan untuk membuat dalam jumlah sedikit karena tidak ada bahan pengawet yang ditambahkan pada tisu basah tersebut.

Cara Membuat Tisu Basah Di Rumah

  • Lepaskanlah kardus dari gulungan tisu lalu gunting hingga menjadi dua bagian.
  • Kemudian masukan air hangat sekitar 1/2 cangkir kedalam wadah lalu tambahkan 2 sdt sabun cair dan 2 sdt baby oil dan aduklah.
  • Ambillah satu bagian tisu yang telah dipotong lalu rendam kedalam cairan tersebut.
  • Setelah itu, sebelum digunakan tutuplah wadah dan rendam tisu semalaman.

Saat tidak digunakan wadah harus selalu tertutup supaya tisu basah tidak menjadi kering serta mencegah terkontaminasi dari bakteri dan debu. Selamat mencoba !

By Ana Rediana - Ibu Dan Anak Selasa, 12 September 2017 15:00:06

Related Post :
Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Inilah berbagaikhasiat dan manfaat…

Kesehatan
Bahaya Racun Ikan Fugu…

Mengetahui dampak dan bahaya…

Kesehatan
Olahraga Yang Baik Dilakukan…

Selain minum obat rematik,…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Khasiat dan manfaat daun…

Daun
Khasiat Manfaat Daun Ashitaba…

Khasiat manfaat daun ashitaba…

Ibu Hamil
Tips Berpuasa Bagi Ibu…

Berikut adalah kiat dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…

  • Manfaat faksin untuk bayi dan balita

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, saya mau bertanya sebenarnya apa sih manfaat vaksin untuk bayi maupun balita? bagaimana jika anak ketinggalan salah satu vaksin, apa vaksin selanjutnya ganda atau bagaimana?

  • cara mengatasi luka memar pada kulit anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, anak saya sekarang berusia 1 tahun dan sudah mulai belajar untuk berjalan. anak saya sering sekali terjatuh, sehingga ada beberapa luka memar warna biru keunguan di kulitnya. adakah cara…


Ibu Dan Anak
Mengenal Kadar Bilirubin Pada Bayi Baru Lahir

Mengenal kadar bilirubin pada bayi…

Ibu Dan Anak
Ibu Dan Anak
Cara Tepat dan Aman Mengatasi Demam pada Ibu Hamil

Ibu hamil yang mengalami sakit,…

Kirim Pertanyaan
Top