Stop ! 14 Kebiasaan Ini Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Tanpa kita sadari mungkin kita sering melakukan kebiasaan yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Bahkan mungkin ada sebagian orang yang melakukan beberapa kebiasaan buruk dengan sengaja misalnya mengkonsumsi minuman beralkohol, padahal mereka tahu kebiasaan tersebut merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari karena bisa berpengaruh buruk terhadap kesehatan tubuh.


Berikut ini adalah 14 Kebiasaan Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Minum minuman yang beralkohol

Salah satu kebiasaan yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan adalah minum minuman yang beralkohol secara berlebihan dan sering meminumnya. Dampak buruk minum minuman yang beralkohol yaitu dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, meningkatkan kadar HDL, masalah hati dan masih banyak lagi dampak buruk lainnya. Oleh karena itu, bagi anda yang suka dan sering minum minuman yang beralkohol maka sebaiknya berhenti melakukan kebiasaan buruk yang satu ini, bila anda tidak ingin kesehatan tubuh anda terganggu.

Merokok

Kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan tubuh yaitu merokok. Mungkin anda sering melihat tulisan no smoking di beberapa tempat termasuk rumah sakit, tulisan tersebut bukanlah hanya sekedar tulisan saja tapi sebuah peringatan bahwa memang tidak boleh merokok. Karena betapa bahayanya merokok bagi kesehatan.

Dampak buruk merokok terhadap kesehatan tubuh yaitu dapat menyebabkan gangguan pernapasan seperti asma dan bronkitis. Tidak hanya itu, dampak buruk lainnya yaitu meningkatkan risiko kanker paru-paru, kanker mulut, stroke, penyakit jantung dan masih banyak lagi.

Kurang olahraga

Selain merokok, kebiasaan buruk lainnya yang dapat mengganggu kesehatan tubuh yaitu kurang atau jarang olahraga. Bahaya kurang dan jarang olahraga bagi kesehatan adalah dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, stroke, diabetes dan lain-lain.

Begadang

Apakah anda sering begadang? mulai malam nanti sebaiknya berhenti melakukan kebiasaan ini. Karena begadang memiliki dampak buruk bagi kesehatan dalam jangka waktu panjang, salah satunya yaitu merusak sistem kekebalan tubuh.

Sering mengkonsumsi makanan cepat saji

Apakah anda pecinta makanan cepat saji? ketahuilah bahwa bila sering mengkonsumsi makanan cepat saji bisa berdampak buruk bagi kesehatan, terlebih lagi mengkonsumsinya banyak. Ada beberapa masalah kesehatan yang muncul akibat sering mengkonsumsi makanan cepat saji diantaranya penyakit jantung, diabetes dan kolesterol tinggi.

Mengunyah makanan terlalu cepat

Kebiasaan buruk selanjutnya yang dapat mengganggu kesehatan yaitu mengunyah makanan terlalu cepat. Ada beberapa bahaya mengunyah makanan terlalu cepat yaitu bisa menyebabkan perut kembung dan gas berlebih di perut. Oleh karena bila hal ini tidak ingin terjadi pada anda, maka bagi anda yang sering mengunyah makanan tidak benar yaitu terlalu cepat, sebaiknya mulai sekarang ubahlah cara mengunyah anda dengan mengunyah makanan dengan benar.

Jarang sarapan pagi

Apakah anda termasuk orang yang jarang sarapan pagi ketika mau beraktivitas pagi? Jika iya sebaiknya mulai besok dan seterusnya sempatkan sarapan pagi, terlebih bila anda masih sekolah. Karena bahaya jaranf sarapan pagi bagi kesehatan yaitu dapat meningkatkan risiko obesitas, penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2 dan menurunnya  konsentrasi atau daya ingat.

Sering menahan buang air kecil

Sering menahan buang air kecil juga termasuk kebiasaan yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Karena ada beberapa bahaya sering menahan buang air kecil diantaranya bisa menyebabkan gangguan saluran kemih dan gangguan ginjal.

Terlalu lama tidur

Selain begadang, terlalu lama tidur juga termasuk kebiasaan buruk yang bisa mempengaruhi kesehatan. Karena terlalu lama tidur bisa menyebabkan sakit kepala, sakit punggung, obesitas dan menurunnta konsentrasi. Alangkah baiknya tidur yang cukup, jangan kurang tidur dan jangan pula terlalu lama tidur.

Tidak membersihkan make up saat tidur

Bagi anda yang suka memakai make up, sebaiknya bersihkan make up atau cuci muka terlebih dahulu sebelum tidur. Karena bila make up tidak dibersihkan saat mau tidur, maka bisa menyebabkan bintik pada kulit wajah, timbulnya jerawat dan menyebabkan iritasi mata.

Menggigit kuku

Menggigit kuku adalah salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh anak-anak. Oleh karena itu, bila buah hati anda sering melakukan kebiasaan menggigit kuku. Maka sebaiknya kasih tahu anak anda supaya tidak menggigit kuku lagi dan kemudian berikan alasannya. Dampak buruk sering menggigit kuku bagi kesehatan yaitu dapat membuat gigi rusak, dan menyebabkan infeksi saluran pencernaan.

Mengkonsumsi mie instan setiap hari

Apakah anda termasuk orang yang suka dengan mie instan, bahkan sering mengkonsumsinya? hati-hati ! bahaya mengkonsumsi mie instan bila dikonsumsi terlalu sering dan berlebihan. Dampak buruk akibat sering mengkonsumsi mie instan bahkan berlebihan mengkonsumsinya yaitu dapat menyebabkan obesitas, usus bocor, diabetes dan kanker. Oleh karena itu, hindari kebiasaan ini bila anda tidak ingin kesehatan tubuh anda terganggu.

Tidur sesudah makan

Kebiasaan buruk yang dapat mempengaruhi kesehatan tubuh yaitu tidur sesudah makan. Padahal kebiasaan ini harus benar-benar dihindari. Karena bahaya tidur sesudah makan bagi kesehatan yaitu menyebabkan diabetes, obesitas dan lain-lain.

Tidak mencuci tangan

Kebiasaan yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan yang sering dilakukan yaitu tidak mencuci tangan dengan sabun. Mencuci tangan tidak hanya saat mau dan sesudah makan saja. Tapi sesudah buang kecil maupun buang air besar maupun sesudah memegang benda yang kotor pun harus mencuci tangan dengan sabun.

Itulah 14 kebiasaan buruk yang mengganggu kesehatan tubuh. Bila anda sering melakukan salah satu atau beberapa kebiasaan tersebut, maka mulai sekarang berhenti untuk melakukan kebiasaan tersebut.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Rabu, 13 September 2017 11:54:51

Related Post :
Obat Kimia
Obat Cimetidine untuk Mengatasi…

Cimetidine merupakan salah satu…

Manfaat
Manfaat Walatra Gamat Emas…

Walatra Gamat Emas Kapsul…

Penyakit
Kondisi Medis Hypoalbuminemia yang…

Hypoalbuminemia adalah tanda medis…

Kesehatan
Metode Terapi Pengobatan Epilepsi

Metode terapi pengobatan epilepsi…

Alami
Bahan Alami Untuk Mengobati…

Bagi anda yang sedang…

Kesehatan
Makanan yang dianjurkan untuk…

Selain mengonsumsi obat rematik,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit perut saat haid apakah berbahaya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya sering kali sakit perut atau kram saat haid berlangsung mulai dari pertama kali saya mengalami menstruasi. Namun biasanya nyeri itu hanya berlangsung 1-2 hari pertama haid. Namun, beberapa bulan…

  • Buat Obat infeksi paru-paru

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah bisa buat obat infeksi paru-paru untuk anak-anak ?...

  • menyembuhkan suara serak

    1 Balasan

    Kesehatan

    apakah yang harus dilakukan bila suara serak dalam seminggu tidak dapat sembuh?

  • makanan untuk otak

    1 Balasan

    Kesehatan

    makanan apa yang cocok untuk mengisi nutrisi otak ? trima kasih

  • makanan apa saja yang sehat baik untuk kesehatan ginjal

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya mau tanya, harus mengkonsumsi makanan apa agar ginjal saya tetap sehat dan terhindar dari penyakit ginjal? ditunggu jawabannya terimakasih..


Kesehatan
Gerakan OLaharaga Sederahana Di Rumah Untuk Membakar Lemak

Berikut adalah gerakan olahraga sederhana…

Kesehatan
Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Nyeri Sendi Lutut

Organ lutut berfungsi untuk memungkinkan…

Kesehatan
Demi Kesehatan Jangan Pernah Pinjamkan Benda Ini

Terdapat beberapa benda pribadi yang…

Kirim Pertanyaan
Top