Lakukan 4 Hal Sederhana Ini Untuk Mencegah Sirosis Hati !

Share dan Tag Temanmu di :

Mencegah sirosis hati nyatanya bukanlah perkara sulit jika kita lakoni sejak dini. Berbeda halnya jika telah terserang penyakit yang satu ini. Pengobatannya pun terbilang cukup sulit bahkan harus menjalani cangkok hati jika kondisi sirosis telah berada dalam fase kritis. Sedangkan obat sirosis hati pada umumnya hanya berfungsi untuk mencegah keruksakan hati semakin meluas.


Sirosis hati adalah kondisi dimana jaringan pada hati yang normal tergantikan oleh jaringan parut atau fibrosis yang tergantikan secara bertahap. Jaringan parut ini sangat mempengaruhi struktur normal hati hingga merusak sel-sel hati hingga pada tahap yang sangat kronis secara bertahap hati kehilangan fungsi utamanya.

Adapun seperti yang telah kita ketahui bersama, organ tubuh yang terletak pada bagian kanan atas dari perut ini memiliki banyak sekali fungsi, seperti halnya menyimpan glikogen, membantu proses pencernaan lemak dan protein dan msih banyak lagi yang lain.

Nah, jika organ hati ini terkena gejala sirosis, apa yang akan terjadi? tentu hati tidak dapat menjalankan fungsi sebagaimana mestinya dan juga memiliki resiko kesehatan yang bervariasi termasuk dapat membahayakan nyawa penderitanya.

4 tips mencegah sirosis hati yang harus di lakukan sejak dini

Bagi anda yang ingin dari penyakit sirosis, beberapa hal sederhana ini bisa anda mulai terapkan dalam kehidupan sehari-hari yang mampu menjajadi pencegahan yang efektif dari resiko terkena penyakit hati ini.

1. Menghindari minuman keras

Alkohol merupakan salah satu minuman yang memberikan efek merusak hati hingga memicu sirosis. Sehingga sangat tepat jika cara mencegah sirosis hati yang pertama adalah dengan menghindari mengonsumsi minuman ini.


Jikalaupun anda tidak bisa menghindarinya, setidaknya anda harus bisa membatasi asupan alkohol ke dalam tubuh anda. Standar batas mengonsumsi alkohol untuk orang dewasa perharinya adalah maksimal 2 unit atau 20 gram alkohol. Ukuran ini setara dengan 1,5 kaleng bir atau 1,2 kaleng wine perhari.

2. Menu makanan yang sehat setiap hari

Cara mencegah sirosis hati selanjutnya adalah dengan memperhatikan asupan makanan yang anda konsumsi. Pastikan menu makanan anda sehat dan seimbang. Terlebih sayuran dan buah-buahan.


Kedua jenis makanan tersebut di ketahui memiliki lemak yang rendah bahkan dapat membantu menurunkan lemak berlebih di dalam tubuh. Lemak berlebih tersebutlah  yang bisa menyebabkan perlemakan hati yang akhirnya menjadi penyakit organ hati termasuk sirosis.

3. Melindungi diri dari hepatitis

Seperti yang telah kita ketahui pada uraian sebelumnya, bahwa penyakit menular seperti hepatitis B dan C adalah bagian dari penyebab sirosis hati. Maka dari itu, hindari hepatitis agar anda bisa terhindar dari sirosis.


Adapun beberapa cara mencegaha penularan hepatitis di antaranya adalah dengan menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual, jangan berbagi jarum suntik bagi pengguna narkoba hingga melakukan vaksinasi untuk mencegah terjangkit hepatitis B.

4. Berolahraga secara teratur

Selain dapat menyehatkan dan membuat badan selalu fit, manfaat berolahraga secara teratur juga ternyata secara khusus dapat mencegah penyakit sirosis hati.


Berolahraga sendiri dapat menurunkan berat badan dan menjaga berat badan tetap ideal, sehingga dapat terhindar dari penumpukan lemak dalam hati.

Nah, itulah 4 hal sederhana yang perlu anda lakukan sejak dini untuk mencegah sirosis hati. Semoga setelah menyimak artikel ini anda mulai bisa bersiap kembali untuk menjalani pola hidup sehat ya!

By Nida Saripah - Kesehatan Rabu, 13 September 2017 14:38:22

Related Post :
Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah…

Kandungan nutrisi dan manfaat…

Obat Kimia
Beberapa Jenis Obat yang…

Biasanya penderita hipertensi dianjurkan…

Ibu Hamil
Penyebab Gejala Hamil Anggur…

Penyebab dan gejala hamil…

Kesehatan
Mengenal Penyebab Lidah Putih…

Berikut adalah berbagai penyebab…

Ibu Hamil
Penyebab Dan Cara Mengatasi…

Penyebab dan cara mengatasi…

Ibu Hamil
Benarkah Ibu Hamil Dilarang…

Benarkah ibu hamil dilarang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Anjuran Makanan Untuk Penderita Perut Kembung

Penderita perut kembung sangat dianjurkan…

Kesehatan
Jenis-Jenis Makanan Kaya Probiotik yang Baik untuk Pencernaan

Secara alami probiotik memang sudah…

Kesehatan
Jenis Pengobatan Gagal Ginjal yang Umum Dilakukan

Selain mengonsumsi obat-obatan, juga diketahi…

Kirim Pertanyaan
Top