Obat Tretinoin Topikal Untuk Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan masalah yang akrab bagi banyak orang. Terutama kaum ABG yang sedang dalam masa transisi. Keberadaan jerawat selain karena perubahan hormon, juga bisa disebabkan karena kurang menjaga kebersihan wajah serta kurang menjaga asupan makanan dan terlalu banyak mengonsumsi gorengan. Jerawat muncul ketika minyak atau sebum yang diproduksi kelenjar minyak di bawah kulit tidak keluar melalui pori-pori karena terhalang sel-sel kulit mati ataupun kotoran. Tretinoin topikal hadir sebagai obat yang digunakan untuk mengatasi jerawat.


Sebum memiliki fungsi untuk menjaga kulit tetap lembap dan halus. Tetapi karena terhalang, sebum bisa mengeras lalu mengendap. Endapan ini yang menimbulkan bintik-bintik komedo dan jerawat. Biasanya masalah ini dialami orang-orang yang berusia remaja sampai dengan 25 tahun. Tretinoin topikal bekerja dengan membuka pori-pori kulit yang tersumbat. Obat yang berbentuk krim ini tergolong obat resep dan tidak bisa digunakan secara sembarangan.
Peringatan keras untuk perempuan yang sedang hamil dan menyusui dilarang untuk menggunakan obat ini karena bisa berbahaya untuk janin. Harap hati-hati dalam menggunakan obat ini terutama ketika Anda sedang menderita masalah kulit lain seperti eksim dan rosacea. Dilarang mengoleskan tretinoin pada luka bakar atau area kulit yang sedang meradang. Hati-hati pula ketika Anda memiliki riwayat kanker kulit sebelumnya.

Jangan mengoleskan obat ini pada bagian sensitif seperti lubang hidung, bagian mata, dan mulut. Selama menggunakan tretinoin topikal, kulit bisa menjadi lebih sensitif. Sebaiknya hindari sinar matahari dari jam 10 pagi sampai jam 4 sore dan pakai tabir surya. Untuk dosisnya, Anda bisa mengoleskan obat ini satu sampai dua kali sehari, tergantung kondisi kulit serta tingkat keparahan jerawat. Pengobatan bisa berlangsung sampai dengan empat bulan. Efek dari obat ini bisa terlihat setelah 4 sampai dengan 6 minggu masa pakai. Kunci dari keberhasilan penggunaan obat adalah konsistensi dan kedisiplinan.

Sebelum menggunakan tretinoin topikal, baca informasi pada kemasan obat dan ikuti anjuran dokter. Jangan lupa untuk selalu mencuci wajah terlebih dahulu, lalu keringkan bagian kulit yang akan diolesi obat ini. Pakai sabun ringan dan air hangat, hindari penggunaan air terlalu dingin dan panas karena bisa membuat jerawat semakin parah. Jika kulit mengelupas karena reaksi obat lain, tunggu sampai kulit pulih sebelum mulai menggunakan tretinoin topikal. Pakai pelembap dengan bahan dasar air untuk mengatasi kulit kering. Hindari pelembap berbahan dasar minyak karena bisa menyumbat pori-pori kulit wajah.

Kenali efek samping dari penggunaan tretinoin topikal. Seperti kulit kering, sensasi terbakar, kulit mengelupas, kulit berwarna kemerahan, sensasi tersengat, dan adanya bekas berwarna gelap atau terang setelah penggunaan obat namun hanya bersifat sementara. Jika terjadi efek yang parah, segera hubungi dokter.

By Rizka Ardiana - Obat Kimia Jum'at, 22 Juli 2016 15:49:25

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…

  • Dosis Obat Terbinafine Untuk Mengatasi Infeksi Kurap Di Kaki

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Pagi min, mau nanya nih kalau dosis terbinafine untuk infeksi kurap di kaki yang benar berapa ya? tolong jawab min.


Obat Kimia
Beberapa Jenis Obat yang Digunakan untuk Atasi Hipertensi

Biasanya penderita hipertensi dianjurkan untuk…

Obat Kimia
Obat Kimia
Dosis Obat Anti Inflamasi Non-Steroid Ibuprofen

Dosis Obat Anti Inflamasi Non-Steroid…

Tambah Pertanyaan
Top