Ingin Tetap Sehat Meski Suka Ngemil ? Ini Tipsnya !

Share dan Tag Temanmu di :

Siapapun pasti menyukai yang namanya ngemil. Ngemil merupakan salah satu cara untuk mengenangkan diri sendiri lewat makanan, terutama ketika Anda sedang merasa bosan. Tidak hanya itu, kebiasaan ngemil juga bisa dilakukan kapan pun dan dimanapun, seperti saat bekerja, mengerjakan tugas, atau saat sedang bersantai sambil menonton televisi.

Walaupun ngemil termasuk bagian dari aktivitas makan, namun tubuh tetap memerlukan nutrisi dari makanan berat. Karena terdapat beberapa zat gizi yang tidak terdapat dalam cemilan. Mengonsusmi cemilan kebanyakan bukan sehat yang didapat, justru sistem kekebalan dan gizi yang berkurang. Terlebih lagi bagian tersulit saat ngemil adalah mengontrol nafsu makan dan dorongan untuk menambah cemilan secara terus-menerus. 


Mengelola konsumsi cemilan memang memerlukan usaha, namun jika dilakukan dengan benar tidak akan sia-sia. Berikut ini merupakan beberapa tis tetap sehat meski suka ngemil yang bisa dilakukan, diantaranya :

  • Jangan ngemil saat melakukan ativitas lain

Sebisa mungkin hindari ngemil saat melakukan aktivitas-aktivitas santai, seperti menonton televisi, membaca buku, atau ketika mengobrol bersama keluarga atau teman. Hal ini disebabkan karena ketika Anda sedang melakukan aktivitas yang menyita perhatian, maka Anda akan lupa jika sedang ngemil dan tanpa sadar makan lebih banyak dari yang seharusnya. 

  • Maksimalkan gizi

Biasanya Anda akan makan sesuatu yang rasanya nikmat dan dapat membuat kenyang. Namun, tidak semua makanan mengandung gizi yang baik bagi tubuh. Jika Anda ingin ngemil untuk menghilangkan rasa lapar serta mengandung gizi yang cukup, maka Anda bisa membuat cemilan sehat sendiri, seperti telur rebus dan biskuit, keju, beberapa buah, dan yoghurt tanpa rasa. 

  • Jangan menyimpan makanan

Jika Anda ingin mulai mengurangi kegiatan ngemil, maka disarankan untuk tidak menyimpan cemilan dalam bentuk apapun dalam tas, di rumah, ataupun di kantor. Ngemil akan lebih mudah dilakukan jika terdapat makanan di sekitar Anda. 

  • Sayuran segar

Rasa kenyang bisa datang dari mana saja. Jadi, Anda bisa mengganti cemilan yang  biasa dikonsumsi dengan cemilan sehat meskipun tidak terlihat mengenyangkan. Anda bisa memotong beberapa sayuran yang sudah dikukus atau masih dalam kondisi segar, seperti wortel, kentang, dan tomat, dan menaruhnya di kotak bekal. Jika keinginan ngemil itu timbul, maka Anda bisa langsung mengambil cemilan yang telah disiapkan sebelumnya. 

  • Jangan menunda tidur

Kesempatan ngemil jauh lebih besar dilakukan ketika malam hari. Menurut Steven Shea, Ph.D., dari Oregon Health dan Science University, sistem sirkadian (ritme tubuh) akan mendorong nafsu makan ketika matahari terbenam. Sistem ini akan memberikan sinyal untuk makan, agar tubuh dapat menyimpan energi hingga makanan berikutnya. Maka dari itu, sebaiknya segeralah tidur agar tubuh tidak ada waktu untuk memerintahkan kamu ngemil. 

  • Kendalikan keinginan untuk terus makan

Kenikmatan rasa dan aroma dari makanan membuat banyak orang mudah tergoda untuk menambah porsi makanannya. Terlebih lagi akses mudah untuk mendapatkan jajanan yang relatif murah dan memiliki rasa yang enak. Anda harus berhenti bertanya pada diri sendiri apakah Anda benar-benar lapar atau tidak. Karena pola pikir yang Anda buat tentang lapar akan membentuk perasaan lapar juga. Jika Anda bisa meyakinkan diri sendiri bahwa Anda tidak lapar, maka Anda tidak akan memiliki hasrat untuk mengonsumsi cemilan di sela-sela jam makan besar. 

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 13 September 2017 16:03:54

Related Post :
Penyakit
Hepatitis B dan Komplikasinya

Hepatitis B dan komplikasinya…

Manfaat
Khasiat Bawang Hitam Bagi…

Khasiat bawang hitam bagi…

Kesehatan
Sumber Makanan Tinggi Lemak…

Lemak sering dijadikan sebagai…

Kesehatan
Panduan Diet Sehat Pasca…

Panduan diet sehat pasca…

Tips
Tips Merawat Payudara Agar…

Tips merawat payudara agar…

Penyakit
Waspadai Sakit Maag Penyebab…

Jika terus dibiarkan dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit perut saat haid apakah berbahaya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya sering kali sakit perut atau kram saat haid berlangsung mulai dari pertama kali saya mengalami menstruasi. Namun biasanya nyeri itu hanya berlangsung 1-2 hari pertama haid. Namun, beberapa bulan…

  • Buat Obat infeksi paru-paru

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah bisa buat obat infeksi paru-paru untuk anak-anak ?...

  • menyembuhkan suara serak

    1 Balasan

    Kesehatan

    apakah yang harus dilakukan bila suara serak dalam seminggu tidak dapat sembuh?

  • makanan untuk otak

    1 Balasan

    Kesehatan

    makanan apa yang cocok untuk mengisi nutrisi otak ? trima kasih

  • makanan apa saja yang sehat baik untuk kesehatan ginjal

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya mau tanya, harus mengkonsumsi makanan apa agar ginjal saya tetap sehat dan terhindar dari penyakit ginjal? ditunggu jawabannya terimakasih..


Kesehatan
Makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Sinusitis

Sinusitis adalah suatu kondisi dimana…

Kesehatan
Benarkah Bahan Makanan Organik Lebih Sehat?

Bahan makanan organik dipercaya lebih…

Kesehatan
Penyebab dan Cara Mengatasi Sakit Kepala saat Puasa

Perubahan kebiasaan makan pada saat…

Kirim Pertanyaan
Top