Ingin Tetap Sehat Meski Suka Ngemil ? Ini Tipsnya !

Share dan Tag Temanmu di :

Siapapun pasti menyukai yang namanya ngemil. Ngemil merupakan salah satu cara untuk mengenangkan diri sendiri lewat makanan, terutama ketika Anda sedang merasa bosan. Tidak hanya itu, kebiasaan ngemil juga bisa dilakukan kapan pun dan dimanapun, seperti saat bekerja, mengerjakan tugas, atau saat sedang bersantai sambil menonton televisi.

Walaupun ngemil termasuk bagian dari aktivitas makan, namun tubuh tetap memerlukan nutrisi dari makanan berat. Karena terdapat beberapa zat gizi yang tidak terdapat dalam cemilan. Mengonsusmi cemilan kebanyakan bukan sehat yang didapat, justru sistem kekebalan dan gizi yang berkurang. Terlebih lagi bagian tersulit saat ngemil adalah mengontrol nafsu makan dan dorongan untuk menambah cemilan secara terus-menerus. 


Mengelola konsumsi cemilan memang memerlukan usaha, namun jika dilakukan dengan benar tidak akan sia-sia. Berikut ini merupakan beberapa tis tetap sehat meski suka ngemil yang bisa dilakukan, diantaranya :

  • Jangan ngemil saat melakukan ativitas lain

Sebisa mungkin hindari ngemil saat melakukan aktivitas-aktivitas santai, seperti menonton televisi, membaca buku, atau ketika mengobrol bersama keluarga atau teman. Hal ini disebabkan karena ketika Anda sedang melakukan aktivitas yang menyita perhatian, maka Anda akan lupa jika sedang ngemil dan tanpa sadar makan lebih banyak dari yang seharusnya. 

  • Maksimalkan gizi

Biasanya Anda akan makan sesuatu yang rasanya nikmat dan dapat membuat kenyang. Namun, tidak semua makanan mengandung gizi yang baik bagi tubuh. Jika Anda ingin ngemil untuk menghilangkan rasa lapar serta mengandung gizi yang cukup, maka Anda bisa membuat cemilan sehat sendiri, seperti telur rebus dan biskuit, keju, beberapa buah, dan yoghurt tanpa rasa. 

  • Jangan menyimpan makanan

Jika Anda ingin mulai mengurangi kegiatan ngemil, maka disarankan untuk tidak menyimpan cemilan dalam bentuk apapun dalam tas, di rumah, ataupun di kantor. Ngemil akan lebih mudah dilakukan jika terdapat makanan di sekitar Anda. 

  • Sayuran segar

Rasa kenyang bisa datang dari mana saja. Jadi, Anda bisa mengganti cemilan yang  biasa dikonsumsi dengan cemilan sehat meskipun tidak terlihat mengenyangkan. Anda bisa memotong beberapa sayuran yang sudah dikukus atau masih dalam kondisi segar, seperti wortel, kentang, dan tomat, dan menaruhnya di kotak bekal. Jika keinginan ngemil itu timbul, maka Anda bisa langsung mengambil cemilan yang telah disiapkan sebelumnya. 

  • Jangan menunda tidur

Kesempatan ngemil jauh lebih besar dilakukan ketika malam hari. Menurut Steven Shea, Ph.D., dari Oregon Health dan Science University, sistem sirkadian (ritme tubuh) akan mendorong nafsu makan ketika matahari terbenam. Sistem ini akan memberikan sinyal untuk makan, agar tubuh dapat menyimpan energi hingga makanan berikutnya. Maka dari itu, sebaiknya segeralah tidur agar tubuh tidak ada waktu untuk memerintahkan kamu ngemil. 

  • Kendalikan keinginan untuk terus makan

Kenikmatan rasa dan aroma dari makanan membuat banyak orang mudah tergoda untuk menambah porsi makanannya. Terlebih lagi akses mudah untuk mendapatkan jajanan yang relatif murah dan memiliki rasa yang enak. Anda harus berhenti bertanya pada diri sendiri apakah Anda benar-benar lapar atau tidak. Karena pola pikir yang Anda buat tentang lapar akan membentuk perasaan lapar juga. Jika Anda bisa meyakinkan diri sendiri bahwa Anda tidak lapar, maka Anda tidak akan memiliki hasrat untuk mengonsumsi cemilan di sela-sela jam makan besar. 

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 13 September 2017 16:03:54

Related Post :
Kesehatan
Terobosan Teknologi Baru di…

Berbagai teknologi di berbagai…

Kesehatan
Inilah Kisah Aldy Yang…

Inilah kisah Aldy yang…

Kesehatan
Tak Disangka! Lady Gaga…

Lady Gaga diketahui telah…

Kesehatan
Ketahui Inilah Penyebab Munculnya…

Ketahui inilah penyebab munculnya…

Tips
Cegah Hangover Setelah Minum…

Sebagian orang mungkin akan…

Kesehatan
Olahraga Yang Baik Bagi…

Olahraga yang baik bagi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Ginjal

Selain harus menjaga kesehatan jantung…

Kesehatan
Kesehatan
Tak Perlu Dihindari! Minyak Ini Aman untuk Kolesterol Tinggi

Penderita kolesterol tinggi sering disarankan…

Kirim Pertanyaan
Top