Heboh! Pil PCC Sebabkan Puluhan Warga Kendari Jadi Zombie

Share dan Tag Temanmu di :

Di media sosial kini tengah viral sebuah video yang memperlihatkan kondisi seorang remaja yang kehilangan kesadaran. Dalam video yang berjudul "Waspada, Flaka Masuk Indonesia - Bocah di Kendari Seperti Zombie" tersebut ada yang menyebutkan bahwa remaja tersebut sebelumnya diketahui mengonsumsi sejenis pil yang dicampur dengan minuman energi. 

"Mereka tadi habis minum pil. Saya enggak tahu pil apa. Ada yang bilang flakka. Yang lain bilang PCC. Yang jelas dicampur dengan minuman energi," ujar Andi Muslimin, yang merekam tingkah bocah yang sedang teler itu.

Lebih parahnya, remaja Kendari yang dibilang seperti zombie atau mayat hidup tersebut tidak sendiri. Diketahui, puluhan orang, sebagian besar remaja, juga mengalami hal yang kurang lebih sama di ibu kota Sulawesi Tenggara tersebut. 


Kepala BNN Kendari, Murniati, menyebutkan bahwa para korban dimasukkan ke rumah sakit jiwa karena tingkah laku mereka seperti orang yang mengalami gangguan kepribadian dan disorientasi. Sebagian datang dalam kondisi delirum (linglung, tidak mampu berpikir jernih). Dan sebagian besar mengamuk, berontak, bicara tak karuan, hingga terpaksa diikat. 

"Ada yang pingsan, berontak, kejang-kejang, mulut berbusa. Semuanya masih dalam pengaruh obat. Jadi, bisa dikatakan tidak sadarkan diri," ujar Humas BNNP Sultra, Adi Sak-Ray menambahkan.

Faktanya, mereka menjadi korban penyalahgunaan pil yang bertuliskan PCC (Paracetamol Cafein Carisoprodol) dan bukan narkoba jenis flakka seperti yang disebutkan sebelumnya. 

Pil PCC ini memang tengah heboh dan menarik perhatian masayarakat sejak hari Rabu (13/9/2017) lalu, namun ternyata obat tersebut diketahui telah lama beredar dan memiliki nama lain. 

Salah satu warga mengakui bahwa obat PCC ini sudah lama dikenal oleh masyarakat dengan sebutan mumbul. Ia juga menyebutkan bahwa obat PCC tersebut sangat mudah didapatkan dnegan harga yang terjangkau. Bahkan, tidak hanya di apotek, obat berhaya ini menurutnya juga dijual secara bebas di warung-warung pinggir jalan. 

Obat PCC sendiri terdiri dari senyawa Carisoprodol, paracetamol, dan cafein. Salah satu komponen PCC, yaitu Carisoprodol berfungsi untuk mengatasi nyeri dan ketegangan otot. Ini akan membuat otot lemas dan bekerja mempengaruhi jaringan saraf serta otak. 

Sebenarnya obat yang mengandung zat aktif Carisoprodol memiliki efek farmakologis sebagai relaksan otot, tapi hanya berlangsung singkat. Di dalam tubuh akan segera dimetabolisme berupa senyawa Meprobamat yang menimbulkan efek menenangkan (sedatif). 

Menurut praktisi farmasi yang juga seorang apoteker, Okti Puji Astuti, S.Si, Apt, sebagai relaksan otot, Carisoprodol akan memblokir sensasi nyeri antara saraf dan otak. Maka dari itu, obat ini biasanya diresepkan dokter untuk mengurangi nyeri pada kasus kecelakaan, pasca operasi, dan cedera. 

Carisoprodol biasanya digunakan bersamaan dengan istirahat dan terapi fisik untuk mengobati kondisi otot rangka seperti nyeri atau luka. Penyalahgunaan obat ini bisa menyebabkan kecanduan, overdosis, bahkan kematian. Selain itu, seseorang yang ingin berhenti menggunakan obat ini harus menghentikan penggunaan secara perlahan sebelum benar-benar berhenti mengonsumsinya. 

Jika Anda mengalami overdosis Carisoprodol, segera carilah bantuan medis. Karena hal ini bisa berakibat fatal, teritama jika Anda mengonsumsi obat ini dengan alkohol atau obat lain yangbisa memperlambat pernapasan. 

Gejala overdosis Carisoprodol yang biasa timbul diantaranya seperti masalah penglihatan, kebingungan, halusinasi, kekakuan otot, pernapasan lemah, pingsan atau koma. Segera hentikan penggunaan Carisoprodol jika menyebabkan kejang, halusinasi, refleks yang terlalu aktif, kehilangan koordinasi, dan pingsan. 

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 15 September 2017 11:48:27

Related Post :
Kesehatan
Buah-buahan Untuk Menurunkan Asam…

Buah-buahan untuk menurunkan asam…

Kesehatan
Hal yang Harus Diperhatikan…

Pemasangan kawat gigi pada…

Penyakit
5 Fakta Penyakit Asma…

Istri tukul arwana, HJ…

Kesehatan
Mengenal Penyebab Kelumpuhan Dan…

Tahukah anda apa pengertian…

Tips
Begini Cara Sederhana Mencegah…

Berikut adalah cara mencegah…

Obat Kimia
Ramipril Obat Penghambat Enzim…

Ramipril Obat Penghambat Enzim…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Pantangan Makanan Saat Sariawan Yang Perlu Di Hindari

Berikut adalah beberapa pantangan makanan…

Kesehatan
Fakta Happy Five Pil yang Diduga Dibeli Anak Jeremy Thomas

Happy five merupakan jenis narkotika…

Kirim Pertanyaan
Top