Fakta Seputar Penyakit Hemofilia yang Harus Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Hemofilia merupakan penyakit yang berhubungan dengan gangguan darah. Orang yang menderita penyakit ini akan mengalami banyak gal yang dapat membuatnya merasa tidak nyaman. 

Penderita hemofilia seringkali mengalami kecemasan dan depresi yang disebabkan oleh kondisi yang mereka alami. Bahkan, tidak sedikit mitos dan fakta mengelilingi mereka yang akhirnya membuat mereka semakin depresi. Namun, walaupun begitu, penderita hemofilia nyatanya tetap bisa menjalankan aktivitas normal seperti biasanya meskipun harus mendapatkan penanganan hemofilia berupa suntikan faktor VIII dan IX.  


Agar tidak terjebak dengan mitos-mitos mengenai penyakit hemofilia yang belum diketahui kebenarannya, alangkah baiknya Anda ketahui terlebih dahulu berbagai fakta seputar penyakit hemofilia berikut ini :

Sudah ada sejak abad ke- 19

Hemofilia disebut penyakit tua dan kerajaan. Hal ini disebabkan karena sejak abad ke- 19 dan abad ke- 20 banyak keluarga kerajaan Eropa yang menderita penyakit ini.

Penyebab

Hemofilia disebabkan oleh protein yang hilang dalam tubuh. Padahal, protein bertanggungjawab untuk membekukan darah secara normal. 

Banyak dialami pria

Sebagian besar penderita hemofilia adalah laki-laki. Dalam hal ini, perempuan hanya bersifat sebagai pembawa dan penerus gen hemofilia.

Genetik

Hemofilia merupakan penyakit genetik atau diturunkan dari orangtua, sehingga sudah terbentuk sejak seseorang dilahirkan. Hemofilia bukanlah penyakit menular. Kendati demikian, sekitar 30% penderita penyakit tidak memiliki riwayat keluarga yang mengalami hemofilia. Hal tersebut terjadi akibat mutasi genetika yang hingga saat ini belum diketahui penyebabnya. 

Dua jenis

Diketahui terdapat 2 jenis penyakit hemofilia, yaitu tipe A atau hemofilia klasik yang terjadi karena kekurangan faktor VIII pembekuan darah serta tipe B yang terjadi akibat kekurangan faktor IX. 

Tipe A ditemukan lebih banyak dibandingkan dengan tipe B, yaitu sekitar 80-85% dari total penderita hemofilia. Dokter biasanya akan memperkirakan tipe A terlebih dahulu karena jumlahnya paling banyak. Jika tidak berhasil, maka akan beralih ke tipe B. Namun, baik tipe A ataupun B memiliki tingkat keparahan yang sama. 

Dikira terkena AIDS

Penderita hemofilia banyak yang menganggap dirinya mengalami penyakit AIDS. Karena mereka merasa perlu banyak darah dan mentransfer plasma. 

Perlu transfusi darah

Berbeda dengan penyakit ginjal, transfusi yang dilakukan oleh penderita hemofilia hanya menggunakan plasma darah. Transfusi plasma untuk penderita hemofilia diproses secara khusus. Maka dari itu, biaya yang diperlukan cukup mahal karena risiko pembentukan inhibitor (antibodi).

Data World Federation of Hemophilia menunjukkan, sekitar 15-25% penderita hemofilia secara lambat laun akan membetuk antibodi terhadap pengobatannya. Disisi lain, 3.500 penyandang hemofilia memiliki inhibitor sehingga menghambat kinerja faktor VIII dan IX. 

Belum ada obatnya

Para peneliti di seluruh dunia bekerja untuk menemukan obat permanen yang dapat menyembuhkan hemofilia. Namun hal tersebut belum terbukti, hanya saja penderita minum obat untuk mengontrol gejala hemofilia yang timbul. 

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 15 September 2017 14:30:54

Related Post :
Alami
Cara Mengobati Batu Empedu…

Cara mengobati batu empedu…

Penyakit
Jenis Penyakit Glaukoma Dan…

Glaukoma adalah penyakit yang…

Kesehatan
Pantangan Makanan Saat Sariawan…

Berikut adalah beberapa pantangan…

Alami
Pengobatan Infeksi Saluran Kemih…

Pengobatan infeksi saluran kemih…

Kesehatan
Ini Penyebab Artritis Serta…

Informasi tentang penyebab, faktor…

Tips
Tips Ampuh Cegah Flu…

Penyakit flu unta atau…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Jenis-Jenis Bekas Jerawat yang Perlu Diketahui

Sbelum menentukan langkah pengobatan, alangkah…

Kesehatan
Pencegahan Dan Pengobatan Darah Tinggi (Hipertensi)

Mencegah hipertensi akan lebih mudah…

Kesehatan
Ketahui Gejala-gejala Hiperhidrosis

Anda sudah tahu tentang hiperhidrosis…

Kirim Pertanyaan
Top