Mengetahui Kandungan dan Efek Samping Overdosis Pil PCC

Share dan Tag Temanmu di :

Penyalahgunaan pil PCC di Kendari saat ini masih hangat diperbincangkan. Hingga tanggal 14 September 2017, tercatat sekitar 60 orang dilarikan ke sejumlah rumah sakit di Kendari, Sulawesi Tenggara akibat overdosis PCC. Sebagian besar dari korban ini merupakan siswa SD dan SMP. 

Diketahui, pil PCC bukanlah obat, melainkan tablet yang dijual secara ilegal dan tanpa kemasan oleh perorangan. Dijelaskan, hasil uji dan pemeriksaan laboratorium kandungan sampel tablet PCC dari BNN Kendari positif mengandung paracetamol, carisoprodol, dan cafein. Obat yang mengandung carisoprodol telah dibatalkan izin edarnya oleh BPOM sejak 2013 karena sering disalahgunakan. 


Mengenai hal tersebut, berikut ini merupakan informasi lengkap mengenai kandungan dan efek samping overdosis pil PCC yang harus diketahui dan diwaspadai, diantaranya :

Paracetamol

Paracetamol aatu juga disebut dengan nama acetaminophen termasuk ke dalam jenis obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas. Paracetamol biasanya digunakan untuk mengurangi gejala sakit ringan hingga sedang, seperti sakit kepala, flu, nyeri karena haid, sakit gigi, hingga nyeri sendi. Untuk mencapai efek penghilang rasa nyeri, tablet paracetamol 500mg dikonsumsi setiap 6 jam sekali. 

Paracetamol dapat menimbulkan beberapa efek smaping, seperti diantaranya mual, sakit perut bagian atas, gatal-gatal, kehilangan nafsu makan, urin berwarna gelap, serta feses pucat hingga warna kulit dan mata menguning. Namun, gejala-gejala tersebut tidak umum dirasakan oleh banyak orang tentu dengan mengonsumsinya sesuai dengan aturan. 

Carisoprodol

Jika paracetamol merupakan zat yang umum dikonsumsi dan relatif aman sehingga dijual secara bebas, namun berbeda halnya dengan carisoprodol. Carisoprodol merupakan obat terbatas yang hanya bisa digunakan berdasarkan resep dokter. Obat ini termasuk jenis obat muscle relaxer atau obat yang membuat relaks otot yang akan memotong rasa sakit yang mengalir dari syaraf ke otak di kepala. Carisoprodol biasanya digunakan bersama dengan terapi fisik seperti otot dan tulang, misalnya pada cedera. 

Mengonsumsi obat ini bisa menimbulkan ketergantungan. Karena efek ini, sebenarnya obat ini tidak dijual secara bebas dan hanya boleh dibeli dengan resep dokter. Efek sampingnya akan memengaruhi syaraf dan reaksi tubuh. Jika dikonsumsi bersamaan dengan alkohol, maka obat ini akan membuat anda merasakan kantuk yang aman parah hingga pusing. 

Terdapat beberapa efek samping yang dapat timbul akibat mengonsumsi carisoprodol, diantaranya :

  • Kehilangan kesadaran
  • Kejang-kejang
  • Detak jantung sangat cepat
  • Kehilangan penglihatan
  • Merasa sangat lemah hingga koordinasi tubuh yang buruk

Caffeine

Caffeine atau kafein merupakan zat yang terdapat pada kopi, teh, ataupun cola yang dapat meningkatkan kesadaran, fokus, dan waspada. Didalam dunia medis, kafein biasa digunakan sebagai kombinasi dari painkiller. Dalam hal ini, kafein bisa ditambahkan bersama dengan paracetamol. Kafein juga digunakan untuk asma, infeksi kandung kemih, hingga tekanan darah rendah. 

Kafein memiliki aturan dalam penggunaannya. Konsentrasi kafein yang terdapat pada urin tidak boleh mencapai 16mcg/mL. Untuk mencapai angka tersebut, diperlukan meminum 8 gelas kopi. Sehingga, pada umumnya kafein merupakan zat yang relatif aman untuk dikonsumsi. 

Namun, mengonsumsi kafein dalam jumlah yang berlebihan dapat menimbulkan beberapa efek samping, seperti cemas, serangan panik, naiknya asam lambung, peningkatan tekanan darah dan insomnia. Bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan seperti maag atau hipertensi, efek ini bisa dengan mudah terjadi. 

Bagaimana jika ketiga jenis obat ini dikonsumsi secara bersamaan ?

Jika ketika jenis obat ini dikonsumsi secara bersamaan, sebagai obat PCC, maka efek samping dari masing-masing obat akan saling bekerja sama. Obat PCC pada akhirnya merusak susunan saraf pusat di otak. Perwujudan kerusakan saraf pusat otak bisa beragam, namun obat PCC secara spesifik menimbulkan efek halusinasi yang tampat pada beberapa korban. 

Perubahan mood yang signifikan juga sering terjadi, begitu juga dengan gangguan perilaku dan emosi juga dapat terjadi pada pengguna obat PCC. Gangguan ini sering disebut dengan istilah 'bad trip', yaitu gejala cemas, ketakutan, dan panik yang terjadi pada pengguna obat. Selain itu, penyalahgunaan obat ini dapat menyebabkan overdosis hingga kematian. 

By Sri Maryati - Obat Kimia Sabtu, 16 September 2017 14:07:31

Related Post :
Manfaat
Manfaat Buah Pare Untuk…

Manfaat Buah Pare Untuk…

Kesehatan
Wah Ternyata Ini Manfaat…

Suka mengkonsumsi kacang hijau?…

Ibu Dan Anak
Penyebab Mimisan Pada Anak…

Berikut adalah berbagai penyebab…

Penyakit
Gejala Dan Penyebab Penyakit…

Tanda gejala dan penyebab…

Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat…

Mengenal berbagai khasiat dan…

Ibu Dan Anak
Hati-Hati! Ini Dia Faktor…

Hati-hati! ini dia berbagai…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Untuk Meringankan Gejala Batuk Hingga Sesak Nafas

Obat untuk meringankan gejala batuk…

Obat Kimia
Beberapa Jenis Obat yang Digunakan untuk Atasi Hipertensi

Biasanya penderita hipertensi dianjurkan untuk…

Obat Kimia
Kirim Pertanyaan
Top