Sering Ngupil? Hati-hati Ini 5 Dampak Buruk Yang Bisa Terjadi

Share dan Tag Temanmu di :

Mengupil yaitu kegiatan membersihkan kotoran berupa upil yang mengganggu hidung. Meskipun cuma kotoran namun upil salah satu produk normal tubuh dan sangat berperan untuk mempertahankan kesehatan hidung. Ngupil memang hal yang tidak membahayakan kesehatan namun jika kegiatan ini terlalu sering dilakukan akan bahaya apalagi dengan menggunakan jari tanpa disadari mungkin anda mengupil karena sudah terbiasa dan terasa nyaman.


Apakah anda tahu bahwa kebiasaan mengupil dapat berbahaya bagi kesehatan seperti :

  • Jorok dan tidak enak dilihat

Kebiasaan mengupil kebiasaan yang sangat buruk yang akan berdampak pada fungsi dan bentuk hidung karena secara keseluruhan kebiasaan ngupil akan menimbulkan banyak kuman dan bakteri penyakit. Mungkin anda tidak sadar telah mengupil lalu tidak membiasakan diri untuk mencuci tangan dan menggunakan tangan untuk melakukan kegiatan lain. Padahal dalam lubang hidung terdapat banyak bakteri dan kuman yang bisa memicu penyakit infeksi. Selain infeksi, mengupil kegiatan yang tidak sopan apalahi jika dilakukan didepan umum.

  • Sering mengupil membuat infeksi lubang hidung

Infeksi yang terjadi dilubang hidung merupakan hal yang mungkin paling terjadi akibat kebiasaan sering mengupil. Seseorang yang mengupil dengan jarinya saat dimasukan kedalam lubang hidung tidak bersih dan penuh bakteri maka bakteri dapat beralih dari jari bagian dalam hidung yang akan meningkatkan besar kemungkinan infeksi vestibulus (bagian atas hidung yang cukup sensitif). Selain itu, kuman dan bakteri juga dapat menginfeksi bagian rambut folikel hidung yang berfungsi untuk menyaring kotoran dari udara yang masuk kehidung, jika terganggu maka hidung tidak dapat lagi menyaring kotoran yang masuk melalui udara yang terhirup dengan baik.

  • Rentan terjadi mimisan

Mimisan atau keluar darah dari lubang hidung yaitu efek samping dari kebiasaan sering mengupil yang sering terjadi pada anak-anak yang saat mengupil kemungkinan kuku hari melukai bagian dalam hidung yang memicu luka dan pendarahan sehingga akan memperbesar peluang untuk terjadinya infeksi dalam lubang hidung.

  • Menimbulkan bisul dihidung bagian dalam

Bakteri yang paling banyak ditemukan saat mengupil yaitu staphylococus aureus yang dapat menyebabkan timbul jerawat atau bisul dalam lubang hidung. Ketika bisul atau jerawat terbentuk didalam hidung maka saluran nafas akan tersumbat dan mempengaruhi sistem pernafasan. Infeksi staphylococus aureus juga dapat berbahaya bagi fungsi otak karena pembuluh darah yang ada dalam lubang hidung dengan pembuluh darah diotak. Jika terjadi infeksi yang cukup parah maka fungsi otak juga akan terganggu.

  • Menyebabkan kematian

Ian Bothwell korban akibat dari mengupil berlebihan dengan sekuat tenaga bahkan menggunakan alat selain jari. Berawal dari jatuh tempat tidur setelah diselidiki tidak ada bekas benturan dikepala yang diduga karena pendarahan pada lubang hidung yang dipenuhi darah.

Itulah beberapa bahaya mengupil yang harus anda tahu. Jadi mulai sekarang jangan coba-coba mengupil !!!

By Ana Rediana - Kesehatan Sabtu, 16 September 2017 14:54:13

Related Post :
Manfaat
Manfaat Daun Krokot Dan…

Selain untuk lovebird dan…

Tips
Bukan Pakai Pasta Gigi!…

Bukan pakai pasta gigi!…

Penyakit
Diagnosis Dan Pengobatan Carpal…

Cara diagnosis dan pengobatan…

Tips
Ini Cara Alami Untuk…

Berbagai cara alami berikut…

Ibu Hamil
Cara Mengatasi Gatal Perut…

Keluhan yang paling umum…

Kesehatan
Mengetahui Manfaat Daging Burung…

Disamping memiliki rasa yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Penyebab Dan Langkah Diagnosis Koma

Koma merupakan sebuah situasi darurat…

Kesehatan
Bahaya Mengonsumsi Makanan yang Dibungkus Koran

Membungkus makanan dengan koran memang…

Kesehatan
Makanan Untuk Membersihkan Paru-paru Kotor Akibat Rokok

Makanan untuk membersihkan paru-paru kotor…

Kirim Pertanyaan
Top