Begini Cara Kerja Pil PCC Rusak Susunan Saraf Otak

Share dan Tag Temanmu di :

Peredaran dan penyalahgunaan pil PCC yang terjadi di Kendari membuat resah masyarakat. Sekitar puluhan remaja di Kendari mengalami kehilangan kesadaran, tubuhnya mendadak beraksi tak wajar hinga kejang-kejang seperti zombie setelah mengonsumsi pil yang diduga merupakan pil PCC. Bahkan, laporan terbaru menyebutkan bahwa ada korban yang sampai berlaku agresif dan berlari ke laut hingga menyebabkannya meninggal karena tenggelam. 

Mengingat hal tersebut, tentu banyak yang bertanya-tanya mengenai bagaimana cara kerja pil PCC pada tubuh sehingga menimbulkan reaksi tak wajar tersebut. Untuk mengetahui hal tersebut, simak penjelasan berikut !

Mengetahui Cara Kerja Pil PCC pada Tubuh yang Dapat Merusak Susunan Saraf Otak


Hari Nugroho dari Institute of Mental Health and Neurosience (IMAN) menyebutkan bahwa pada umumnya obat PCC memiliki fungsi sebagai relaksan otot-otot yang kejang sehingga biasa digunakan sebagai pereda nyeri punggang. Namun, tampaknya obat ini juga bekerja menargetkan saraf di otak. 

Menurut beliau, mekanisme dari salah satu kandungan pil PCC, yaitu carisoprodol sebagai muscle relaxant atau pelemas otot sebenarnya belum pasti, namun target reseptor neurotransmitter di dalam otak adalah GABA (Gamma Amino Butiric Acid). 

Salah satu efek samping dari penggunaan carisoprodol adalah terjadinya serotonin syndrome, dimana terjadi kelebihan serotonin atau hormon yang bisa memberikan rasa senang dan nyaman didalam otak. 

Gejala-gejala kelebihan serotonin biasanya ditandai dengan timbulnya gejala delirium atau kebingungan mental, perilaku agitasi (memberontak, membuat kerusakan), hypomania, insomnia, dan lain-lain. Akibatnya, orang yang berada di sekitarnya melihat adanya perilaku yang aneh, tendensi menyakiti diri sendiri ataupun orang lain. 

Disamping itu, carisoprodol pada pil PCC juga diketahui dapat menimbulkan gangguan halusinasi atau delirium. Biasanya penggunaan karena dicampir dengan zat lainnya, seperti benzodiazepine atau opioid. 

Perubahan mood yang signifikan juga sering terjadi. Begitu juga dengan gangguan perilaku emosi juga dapat terjadi pada pengguna pil PCC. Gangguan ini sering disebut dengan istilah 'bad trip', yaitu gejala cemas, ketakutan, dan panik yang terjadi pada pengguna obat. Selain itu, penyalahgunaan obat ini juga dapat menyebabkan overdosis hingga kematian.

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 18 September 2017 13:52:55

Related Post :
Penyakit
Pengobatan Alami Untuk Penyakit…

Berikut adalah kisah tentang…

Obat Kimia
Domperidone Obat Untuk Mengatasi…

Domperidone adalah obat untuk…

Penyakit
Ciri-ciri Wanita Jika Terkena…

Ciri ciri infeksi rahim…

Kesehatan
Jenis-Jenis Injeksi Lutut untuk…

Injeksi lutut merupakan salah…

Kesehatan
10 Jenis Makanan Untuk…

10 jenis makanan untuk…

Kesehatan
Fakta Seputar Pemanfaatan Teknologi…

Berikut adalah berbagai fakta…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Kesehatan
Mengenal Tingkatan Pada Luka Bakar Anak Dan Dewasa

Derajat dan tingkatan luka bakar…

Kesehatan
Makanan Yang Baik Dikonsumsi Untuk Penderita Parkinson

Makanan yang baik untuk penderita…

Kirim Pertanyaan
Top