Waspada! Memar pada Anak Bisa Jadi Tanda Hemofilia

Share dan Tag Temanmu di :

Memar atau lebam pada si kecil karena terbentur mungkin merupakan hal yang normal, terutama ketika si kecil mulai belajar berjalan. Namun, bunda harus waspada jika memar yang timbul pada tubuh si kecil secara tiba-tiba tidak diketahui penyebab nya, karena ini bisa jadi merupakan salah satu gejala dari penyakit serius. 

Tanda biru atau memar bisa termasuk gejala dari suatu kelainan darah, yang harus diwaspadai dan dikonsultasikan kepada dokter. Karena memar pada anak bisa jadi tanda hemofilia, yang merupakan salah satu kelainan darah yang cukup langka dan berbahaya.  


Penyakti hemofilia ini masih belum diketahui oleh masyarakat. Penyakit yang disebabkan karena keturunan ini merupakan penyakit gangguan pembekuan darah akibat kekurangan faktor pembekuan darah. 

Jika si kecil sangat mudah mengalami memar pada kulit ketika mengalami trauma ringan dan lama menghilangnya, nyeri otot dan sendi ketika terjadi benturan di persendian, serta bengkak pada tanda biru lebam yang timbul, dan perdarahan yang terjadi dalam waktu lama ketika tergores, maka bunda patut curiga jika kemungkinan anak mengalami hemofilia. Terlebih lagi jika terdapat salah satu anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit ini. 

Tanda-tanda hemofilia sebenarnya sudah bisa dideteksi sejak dalam kandungan. Ciri pada kelahiran, adanya pendarahan yang tidak kunjung berhenti ketika pemotongan tali pusar. 

Penyakit yang dibawa dari kromosom X ini hingga sekarang tidak dapat disembuhkan. Penyakti ini hanya bisa diobati dengan terapi penurunan kadar hemofilia. Pengobatan hemofilia ini bisa dilakukan seumur hidup dengan menambahkan faktor VIII atau IX, tergantung diagnosa dokter. 

Namun, penderita tidak perlu khawatir. Karena penderita hemofilia dapat hidup dengan normal seperti orang lain pada umumnya. Penyakit ini memang berbahaya jika penderita mengalami pendarahan atau luka-luka. Namun, selama luka-luka tersebut tidak terjadi, maka penderita masih aman. 

Jika penderita hemofilia mengalami pedarahan sendi, maka dapat dilakukan imobilisasi atau hangan digerakkan pada bagian yang mengalami pendarahan. Selain itu, juga dapat dikompres dengan es. Kompres es dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan mengurangi pembengkakan. 

Maka dari itu, ketika bunda menemukan si kecil mengalami memar di salah satu bagian tubuhnya tanpa diketahui penyebab pastinya, maka segera berkonsultasi dengan dokter agar bisa diketahui penyebab pastinya dan bisa mendapatkan penanganan yang tepat dengan segera. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Ibu Dan Anak Senin, 18 September 2017 14:56:33

Related Post :
Kesehatan
Cara Kerja Laser untuk…

Sebelum melakukan perawatan dengan…

Kesehatan
Makanan yang Harus Dihindari…

Selain mengonsumsi obat penurun…

Ibu Dan Anak
Pilihan Olahraga yang Tepat…

Meskipun memiliki riwayat penyakit…

Manfaat
Mengenal Khasiat Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Memelihara Jenggot Ternyata Menyehatan!…

Selain sedang menjadi tren,…

Kesehatan
Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi…

Menghindari makanan penyebab kolesterol…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Kebiasaan Sering Gigit Bibir pada Anak Bisa Picu Kista

Kebiasaan menggigit bibir bawah pada…

Ibu Dan Anak
Ibu Dan Anak
Benarkah Tisu Basah Berbahaya Bagi Kulit Bayi?

Benarkah tisu basah berbahaya bagi…

Kirim Pertanyaan
Top