Jangan Beri Anak Pistol Mainan ! Ini Bahayanya

Share dan Tag Temanmu di :

Anak-anak memang terkadang tidak bisa lepas dari mainan. Baik anak perempuan ataupun laki-laki akan senang ketika diberi mainan. Selain mobil-mobilan, biasanya anak laki-laki juga menyukai pistol mainan. Namun sayangnya, dibalik kemampuannya dalam membuat anak asyik memainkannya, pistol mainan juga ternyata berbahaya. Salah satu bahaya pistol mainan anak diantaranya yaitu cedera mata kronis.

 

Dalam laporan British Medical Journal ditemukan fakta mengejutkan yang menyebutkan bahwa setidaknya ada 3 kasus anak-anak yang harus dirawat di rumah sakit akibat tertembak peluru busa dari pistol mainan. Peluru pistol tersebut mengenai mata mereka sehingga menyebabkan rasa sakit atau pandangan kabur. 

Dari ketiga anak tersebut, salah satunya ada yang mengalami masalah pembengkakan kornea dan retina mata akibat dari kecepatan peluru saat mengenai mata. Bahkan, ada anak yang mengalami pendarahan pada matanya. Beruntung, penglihatan sanga anak bisa kembali pulih seperti sedia kala. 

Lynda McGivney-Nolan yang berasal dari Association of Optometrists Ireland menyebutkan bahwa cedera pada mata bisa terjadi ketika peluru ini ditembakkan ke arah mata. Kecepatan tinggi dan kekuatan dari peluru inilah yang membuat cedera pada kornea dan retina mata.

Peluru pistol mainan yang ditembakkan dari jarak dekat memang sangat berbahaya jika mengenai saraf mata. Peluru plastik yang berukuran sebesar biji kacang kedelai yang menghantam dapat menyebabkan pendarahan pada mata dan mengakibatkan kebutaan jika tidak segera diobati. 

Maka dari itu, para pakar menyarankan agar anak yang bermain pistol mainan, khususnya yang berjenis nerf gun, agar menggunakan kacamata pelindung. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko terkena cedera mata atau kehilangan penglihatan. 

Selain itu, pastikan bahwa orang tua selalu mengecek batas usia aman untuk menggunakan pistol mainan anak tersebut. Jika memang anak belum memenuhi batas usia aman, maka ada baiknya orang tua tidak memebrikan pistol mainan pada anak terlebih dahulu. 

Kini para orang tua harus lebih waspada dengan berbagai mainan yang akan diberikan pada anak. Pastikan terlebih dahulu bahwa mainan tersebut aman dan sesuai dengan tingkat usia anak. Selalu awasi dan dampingi anak ketika ia bermain, sehingga risiko berbagai kecelakaan yang mungkin terjadi bisa dikurangi. 

By Sri Maryati - Ibu Dan Anak Rabu, 20 September 2017 15:19:26

Related Post :
Obat Kimia
Obat Untuk Mengatasi Infeksi…

Obat Untuk Mengatasi Infeksi…

Ibu Dan Anak
Dampak Negatif Paparan Polusi…

Polusi udara merupakan suatu…

Penyakit
Ciri Ciri dan Cara…

Ciri Ciri dan Cara…

Kesehatan
Mengenal Gejala Penyebab Dan…

Informasi tentang penyebab mata…

Kesehatan
Faktor Yang Dapat Meningkatkan…

Faktor yang dapat meningkatkan…

Kesehatan
Bahaya Akibat Terlalu Sering…

Bahaya akibat terlalu sering…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Tips Mengatasi Penyakit Kulit Pada Bayi

Jenis penyakit yang memang sering…

Ibu Dan Anak
Cara Mengobati Telinga Bernanah Pada Bayi Secara Alami

Berikut adalah cara mengobati telinga…

Ibu Dan Anak
Kirim Pertanyaan
Top