Manfaat Luar Biasa Daging Penyu Bagi Kesehatan Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Penyu merupakan salah satu jenis reptil yang memiliki bentuk hampir mirip seperti kura-kura dan bulus. Penyu termasuk hewan reptil yang hidup di dua alam, yaitu di darat dan di laut. Penyu telah hidup di muka bumi sejak jutaan tahun yang lalu dan mampu bertahan hingga saat ini. 

Penyu adalah satwa migran, dimana ia seringkali bermigrasi dalam jarak ribuan kilometer antara daerah tempat makan dan tempat bertelur. Penyu lebih banyak menghabiskan sebagian besar waktinya di laut, tetapi penyu betina akan menuju ke daratan ketika waktunya bertelur. 


Penyu mengalami siklus bertelur yang beragam, dari 2-8 tahun sekali. Penyu betina menyukai pantai berpasir yang sepi dari manusia dan sumber kebisingan serta cahaya sebagai tempat bertelur yang bisa mencapai ratusan tersebut, dalam lubang yang digali dengan sepasang tungkai belakangnya. 

Sebagian orang ada yang menganggap penyu merupakan salah satu hewan laut yang memiliki banyak kelebihan. Selain tempurungnya yang menarik untuk cenderamata, penyu juga memiliki daging yang lezat dan berkhasiat sebagai obat dan ramuan kecantikan. Beberapa orang juga percaya bahwa mengonsumsi daging penyu bisa menambah vitalitas. 

Manfaatnya inilah yang menjadi alasan mengapa banyak yang menjadikan penyu sebagai hewan konsumsi. Berikut ini beberapa manfaat luar biasa daging penyu bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui, diantaranya :

Sumber energi

Tubuh memerlukan energi untuk mendukung berbagai aktivitas harian. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengonsumsi daging puyuh sebagai salah satu makanan sumber energi. 

Menjaga metabolisme tubuh

Metabolisme tubuh yang kurang lancar tentu akan menimbulkan masalah pada kesehatan. Anda yang sedang mengalami hal tersebut dapat mengonsumsi daging penyu. Metabolisme dapat kembali lancar karena didalam daging penyu terkandung berbagai nutrisi baik yang diperlukan tubuh. Anda bisa mengolah daging penyu dengan cara dibuat sup atau sate. 

Mengobati gatal-gatal

Gatal-gatal pada kulit yang disebabkan karena alergi atau gigitan hewan bisa fatal jika tidak segera diatasi. Cara cepat mengatasinya adalah dengan mengonsumsi daging penyu yang di sup atau pepes. Hindari mengolah daging penyu dengan cara digoreng, karena minyak yang terserap ke dalam daging dapat menaikkan kolesterol dalam darah. 

Mengobati penyakit kulit

Penyakit kulit bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti jamur, virus, bakteri, dan kebiasaan buruk seperti kurang menjaga kebersihan kulit. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengonsumsi daging penyu. Kandungan protein tinggi dan lemak hewani yang ada didalamnya dapat membantu mengatasi penyakit kulit yang dialami. 

Melancarkan menstruasi

Wanita yang memiliki siklus menstruasi tidak lancar bisa mencoba mengonsumsi daging penyu sebagai solusinya. Daging hewan yang sangat empuk ini ternyata bisa membantu wanita untuk melancarkan siklus haid karena memiliki kandungan yang mampu menstabilkan hormon pada wanita. 

Membantu penderita insomnia

Manfaat luar biasa daging penyu lainnya yaitu dapat membantu mengatasi susah tidur atau insomnia. Pada daging penyu terdapat sebuah zat yang membuat sistem tubuh akan bekerja secara normal. Maka dari itu, bagi Anda yang memiliki keluhan sulit tidur padahal tubuh sangat lelah, maka bisa mencoba untuk mengonsumsi daging penyu. 

Selain dagingnya, telur penyu juga diyakini memiliki khasiat bagi kesehatan. Beberapa orang percaya bagwa telur penyu dapat berfungsi sebagai obat kuat. Orang-orang di Maluku Utara, seperti Kayoa dan Bacan, telur penyu dicari dan dikonsumsi oleh para pelaut dan mereka yang memiliki pekerjaan berat. Disamping itu, telur penyu juga dipercaya dapat mengobati penyakit sariawan.

Walaupun begitu, Anda tidak bisa menangkap dan mengolah daging penyu secara sembarangan. Pasalnya terdapat Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999 tentang Pelestarian Jenis Tumbuhan dan Satwa, yang melindungi semua jenis penyu, perburuan terhadap hewan yang berjalan lamban ini terus berlanjut. 

By Sri Maryati - Manfaat Kamis, 21 September 2017 15:41:13

Related Post :
Tips
Tips Pengobatan Ketombe Dengan…

Seperti yang kita ketahui…

Tips
Tips Agar Lancar Buang…

Ada beberapa tips agar…

Penyakit
Penanganan Parotitis Atau Penyakit…

Berikut adalah berbagai cara…

Manfaat
Manfaat Sehat Daun Bawang…

Manfaat daun bawang tidak…

Kesehatan
Hindari Makanan Ini saat…

Ketika mengalami gangguan pencernaan,…

Kesehatan
Gejala Mata Lelah Serta…

Informasi tentang gejala mata…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Jangan Dibuang! Ini Manfaat Biji Alpukat Bagi Kesehatan

Berbagai kandungan gizi biji buah…

Manfaat
Efek Samping dan Manfaat Vaksin Mumps Measles Rubella

Efek samping dan manfaat vaksin…

Manfaat
Manfaat dan Kandungan Buah Apel Bagi Kesehatan

Manfaat dan kandungan buah apel…

Kirim Pertanyaan
Top