Benarkah Menelan Biji Jambu Jadi Penyebab Usus Buntu ?

Share dan Tag Temanmu di :

Tidak sedikit masyarakat, khususnya di Indonesia yang percaya bahwa menelan biji jambu jadi penyebab usus buntu. Apakah mitos ini benar adanya ?


Pakar kesehatan dan gizi, Inge Permadhi menyebutkan bahwa menelan biji jambu atau biji cabai tanpa sengaja ternyata tidak akan menyebabkan masalah usus buntu. Sebagian besar orang memang berpikir jika kerasnya kedua jenis biji ini bisa menyebabkan masalah kesehatan yang bisa memicu rasa sakit yang luar biasa pada perut. Padahal, penyebab usus buntu ini justru lebih sering disebabkan oleh kurangnya asupan air putih setiap hari. 

Menurut beliau, mitos tentang biji cabai atau biji jambu dapat menyebabkan penyakit usus buntu ini disebabkan karena masyarakat pecaya jika kedua biji ini sangat sulit untuk dicerna sehingga bisa berhenti pada area usus buntu dan saat menumpuk, maka akan memicu rasa sakit yang luar biasa. Padahal, faktanya, yang terjadi adalah adanya feses kotoran yang berwarna hitam dan kering ternyata memasuki usu  buntu, sehingga memicu peradangan pada organ pencernaan ini. 

Meskipun kita sudah mengonsumsi banyak serat, namun jika kurang minum air putih, tetap tidak akan bisa mendorong sisa makanan ke luar dari tubuh. Di dalam usus, serat berbentuk menggumpal sehingga memerlukan cairan untuk mengembang kemudian memicu buang air besar. Konsumsi banyak serat tanpa asupan cairan yang cukup justru bisa menyebabkan kotoran menumpuk. 

Akhirnya terjadi sembelit atau susah buang air besar. Sisa kotoran yang tidak terbuang dari tubuh pun bisa terjebak di usus buntu yang lama kelamaan bisa mengeras dan menghalangi akses ke usus buntu. Hal inilah yang bisa menjadi pemicu radang usus buntu

Maka dari itu, sangat penting untuk memenuhi kecukupan asupan air minuh setiap harinya, yaitu sekitar 8 gelas untuk menjaga kesehatan ginjal dan saluran pencernaan. Selain itu, juga pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan dengan kadar gizi yang seimbang dan rutin berolahraga buang air besar tetap lancar sehingga mampu mencegah timbulnya penyakit usus buntu.

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 22 September 2017 13:23:05

Related Post :
Ibu Dan Anak
Makanan Sehat Untuk Bayi…

Bayi mempunyai perut yang…

Tips
Cara Mengobati Bronkitis Dengan…

Cara mengobati bronkitis dengan…

Kesehatan
Mengenal Penyakit Fimosis Serta…

Informasi tentang penyakit fimosis…

Alami
Mudah Dicoba ! 10…

Cara alami menghilangkan benjolan…

Manfaat
Manfaat Dibalik Manisnya Es…

Es krim merupakan salah…

Kesehatan
Mengetahui Peran Penting Usus…

Meskipun pada awalnya sering…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Mengetahui Gejala Penyakit yang Bisa Dilihat dari Mata

Tanpa diketahui, ternyata mata bisa…

Kesehatan
Keuntungan Berhenti Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

Setelah anda berhenti merokok anda…

Kesehatan
Berbagai Macam Sayuran Untuk Mengencerkan Darah Kental

Berbagai macam sayuran untuk mengencerkan…

Kirim Pertanyaan
Top