Fakta Carisoprodol dalam Tablet PCC yang Harus Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Kabar terkait penyalahgunaan pil PCC hingga saat ini masih menjadi perbincangan banyak pihak. Terlebih lagi, diketahui ternyata didalam tablet PCC ini positif terkandung sebuah komponen yang disebut-sebut paling berefek buruk terhadap para penggunanya, yaitu Carisoprodol. Bahkan, badan POM telah mencababut izin edar obat yang mengandung Carisoprodol sejak tahun 2013 lalu. 


BPOM memaparkan bahwa obat yang mengandung zat aktif Carisoprodol memiliki efek farmakologis sebagai relaksan otot, namun hanya berlangsung singkat. Dalam tubuh, zat tersebut akan segera dimetabolisme menjadi metabolit berupa senyawa meprobamate yang menimbulkan efek menenangkan (sedatif). 

BPOM menambahkan, bahwa penyalahgunaan Carisoprodol digunakan untuk menambah rasa percaya diri, sebagai obat penambah stamina, bahkan juga digunakan oleh para pekerja seks komersial sebagai obat kuat. 

Untuk mengetahui lebih lanjut apa itu Carisoprodol, simak beberapa fakta Carisoprodol dalam tablet PCC berikut ini :

Sebenarnya memiliki fungsi untuk meredakan nyeri otot

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, obat Carisoprodol sebenarnya memiliki indikasi medis sebagai muscle relaxant atau pelemas otot pada kondisi nyeri sendi. Walaupun mekainisme kerja Carisoprodol belum diketahui secara pasti, namun diduga Carisoprodol bekerja dengan cara mengubah aktivitas saraf secara netral, baik di sumsum tulang belakang ataupun otak.

Memiliki metabolit aktif bernama meprobamate

Didalam tubuh, semua obat termasuk Carisoprodol akan mengalami proses yang disebut dengan metabolisme. Metabolisme obat yaitu proses pemecahan senyawa obat menjadi molekul yang lebih kecil, dengan tujuan agar senyawa obat dapat dibuang atau dieliminasi dari tubuh. 

Meprobamate merupakan salah satu hasil metabolisme dari Carisoprodol. Meprobamate ini juga memiliki efek anxiolytic alias meredakan ketengangan (anxioety), serta memiliki efek sedatif atau menyebabkan tidur. Namun, tidak diketahui seberapa besar pengaruh efek sedatif dari meprobamate ini. 

Dapat menyebabkan withdrawal symptom

Jika seseorang sering mengonsumsi Carisoprodol, maka ia tidak bisa serta-merta langsung berhenti mengonsumsi obat ini. Hal ini disebabkan karena penghentian secara tiba-tiba akan menimbulkan withdrawal symptom atau gejala putus obat. 

Gejala putus obat dari Carisoprodol ini biasanya ditandai dengan insomnia atau kesulitan tidur, kram di daerah perut, sakit kepala, tremor, halusinasi, bahkan tindakan psikotis. Untuk mencegah terjadinya masalah tersebut, seseorang yang sering mengonsumsi Carisoprodol akan diturunkan dosis obatnya sedikit demi sedikit, hingga akhirnya berhenti sepenuhnya. Hal ini tentu harus dilakukan dibawah pengawasan tenaga medis. 

Tidak boleh digunakan dalam jangka waktu panjang

Carisoprodol ternyata tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi dalam jangka waktu panjang. Carisoprodol hanya boleh digunakan untuk meredakan nyeri otot dalam waktu maksimal 3 minggu. Hal ini disebabakn karena belum ada studi yang dapat membuktikan keamanan ataupun khasiat Carisoprodol jika digunakan dalam jangka waktu lebih dari 3 minggu. 

Mengkombinasikannya dengan obat lain dapat memperparah efek samping

Efek samping yang paling sering timbul dari penggunaan Carisoprodol adalah mengantuk, pusing, dan sakit kepala. Efek samping ini ternyata akan lebih kuta timbul jika obat ini dikombinasikan bersamaan dengan beberapa jenis obat lain yang memiliki efek seupa, antara lain seperti obat-obatan golongan opiat, contohnya tramadol. Pada beberapa kasus yang terjadi di Kendari, korban mengonsumsi Carisoprodol bersamaan dengan tramadol. Ternyata hal ini dapat meningkatkan efek samping dari Carisoprodol itu sendiri. 

Overdosis dapat menyebabkan kematian

Dosis Carisoprodol yang dianjurkan dalam pengobatan adalah 250 mg hingga 350 mg sekali minum dan dikonsumsi 3 kali sehari. Mengonsumsi Carisoprodol melebihi anjuran yang ditentukan dapat meningkatkan risiko terjadinya overdosis. 

Overdosis Carisoprodol memiliki dampak yang tidak main-main, antara lain depresi atau penekanan fungsi sistem saraf pusat dan sistem pernapasan, halusinasi, kejang-kejang, perasaan euphoria, hingga berujung pada kematian. 

Ditarik dari peredaran karena tingginya potensi penyalahgunaan

Karena Carisoprodol dapat menimbulkan efek halusinasi, maka obat ini banyak dilirik sebagai target penyalahgunaan obat. Karena tingkat penyalahgunaannya yang tinggi, maka pada tahun 2013 BPOM Republik Indonesia membatalkan izin edar semua obat yang mengandung Carisoprodol. Kurang lebih terdapat sekitar 10 merek dagang obat yang mengandung Carisoprodol yang dibatalkan izin edarnya oleh BPOM pada tahun ini. 

Pembatalan izin edar ini berarti semua obat yang mengandung Carisoprodol sudah dilarang beredar di Indonesia. Tingginya tingkat penyalahgunaan Carisoprodol ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia saja. European Medicines Agency atau EMEA pada bulan November 2007 juga mengeluarkan press release yang merekomendasikan pembatalan izin edar obat-obatan yang mengandung Carisoprodol di negara-negara Eropa. Hal ini didasari pada tingginya tingkat penyalahgunaan Carisoprodol, serta risiko intoksikasi dan gangguan psikomotoris pada penggunaan Carisoprodol. 

By Sri Maryati - Obat Kimia Jum'at, 22 September 2017 15:40:45

Related Post :
Tips
Sering Timbul Jerawat Saat…

Sering timbul jerawat saat…

Penyakit
Mengenal Perbedaan Gejala Penyakit…

Informasi tentang perbedaan gejala…

Manfaat
Manfaat Dan Kandungan Daun…

Kemangi yang memiliki nama…

Daun
Manfaat Daun Bungur Untuk…

Khasiat dan manfaat daun…

Obat Kimia
Fakta Carisoprodol dalam Tablet…

Berikut ini merupakan beberapa…

Tips
Cara Mengatasi Batu Empedu…

Ternyata mengonsumsi jus jeruk…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Penetralisir Asam Lambung Aluminium Hidroksida

Obat Penetralisir Asam Lambung Aluminium…

Obat Kimia
Mengetahui Kandungan dan Efek Samping Overdosis Pil PCC

Mengetahui kandungan serta efek samping…

Obat Kimia
Waspada Obat Pelangsing Perut Berbahaya

Waspada Obat Pelangsing Perut Berbahaya…

Kirim Pertanyaan
Top