Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Kingkilaban Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun kingkilaban telah sejak lama dijadikan sebagai peluruh kencing karena sifat direutik yang di kandungnya. Bahkan lebih dari itu, ternyata daun kingkilaban juga memiliki berbagai khasiat lainnya. Informasi selengkapnya bisa anda simak dalam informasi berikut ini.


Kingkilaban memiliki nama latin Mussaenda frondosa adalah tanaman Indonesia yang di kenal dapat menarik perhatian kupu-kupu karena bentuk bunganya yang unik dan menyerupai terompet. Selain dari pada itu, tanaman ini juga di kenal sebagai makanan tupai dan juga tanaman hias.

Selain di Indonesia, tanaman yang juga di kenal dengan nama lokal walek adep dan ai kabeaku itu juga telah menyebar hingga di beberapa negara diantaranya seperti di India, Nepal dan Asia dengan habitat 1000 hingga 1700 di atas permukaan laut. Adapun bagi anda yang belum mengenal bahkan melihat tanaman ini sama sekali, berikut adalah ciri-ciri tanaman kingkilaban selengkapnya:

  • Tanaman: perdu memajat dengan tinggi 2-5 meter dan seluruh bagian tanaman berbulu.
  • Daun: Tunggal, berbentuk bulat telur sampai melonjong, tangkai pendek, saling berhadapan dan memiliki daun pemikat berwarna putih kehijauan.
  • Bunga: Malai, berwarna kuning jingga, berbentuk terompet, kelopak bunga besar dan mahkota bunganya berukuran 1 1/4 -1 2/3 inchi.
  • Buah buninya: menyempit, berwarna hijau muda dan setelah tua berwarna hitam.

Adapun untuk mengetahui secara persisnya, anda bisa melihat gambar di bawah ini.


Kandungan dan manfaat daun  kingkilaban untuk kesehatan

Selain memiliki sifat anti-direutik, tanaman kingkilaban terlebih bagian daunnya juga memiliki kandungan senyawa alami di dalamnya seperti antioksidan dan juga anti bakteri. Berbagai senyawa alami lainnya juga terdapat di dalam daun dan tanaman ini, di antaranya seperti tanin, terpenoid, polifenol, steroid, karbohidrat, flavonoid dan alkaloid.

Dari berbagai senyawa tersebutlah daun sekaligus tanaman kingkilaban ini memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. Dan agar anda tidak salah memahaminya, berikut adalah berbagai khasiat daun kingkilaban yang baik untuk kesehatan.

1. Meningkatkan fungsi daya tahan tubuh

Satu diantara banyaknya manfaat dari daun kingkilaban ialah dapat membuat sistem imun anda menjadi lebih kuat. Dengan memiliki imun yang kuat, maka tubuh anda akan terlindungi dari berbagai serangan penyakit yang mudah menular seperti flu, batuk dan penyakit akibat virus lainnya.

2. Menyehatkan rongga mulut

Rongga mulut adalah salah satu bgain tubuh yang sangat mudah terkena infeksi seperti sariawa. Untuk mencegah hal tersebut, anda bisa memanfaat daun ini. Daun kingkilaban sendiri di kenal memiliki kebaikan tersendiri untuk rongga mulut anda.

3. Membersihkan luka dan mempercepat penyembuhannya

Jika anda mengalami luka di bagian tubuh anda, anda perlu membersihkannya terlebih dahulu. Nah daun ini dan getah tanamannya juga dapat di gunakan sebagai pembersih luka. Bahkan tak hanya itu, khasiat dari daun kingkilaban sendiri di ketahui mampu mempercepat penyembuhan luka di kulit anda, akibat teriris pisau atau sayatan benda tajam lainnya. Hal tersebut lantaran kandungan di dalam daun ini akan menghentikan pendarahan dan mengeringkan luka dengan cepat.

4. Melancarkan saluran kemih

Saluran kemih yang tidak lancar bisa jadi itu pertanda dari kesehtan anda yang tengah terganggu. Sebagai solusinya, anda bisa memanfaatkan daun kingkilaban. Daun ini ampuh untuk membuat saluran kemih anda tetap lancar

5. Mencegah penyakit ISK

Penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK), ternyata bisa di cegah dengan mengonsumsi air rebusan daun kingkilaban. Kandungan yang terdapat di dalamnya di percaya sangat ampuh untuk mencegah resiko terjadinya infeksi yang terjadi di saluran kemih akibat berbagai faktor.

6. Meredakan gejala penyakit anyang-anyangan

Gejala anyang-anyangan biasanya terjadi pada saat seseorang sering kali menunda kencing. Selain dengan menghilangkan kebiasaan tersebut, anda juga bisa membarenginya dengan mengonsumsi daun kingkilaban ketika anyang-anyangan menyerang saluran kemih anda.

7. Membantu penyerapa nutrisi

Manfaat dari daun kingkilaban lainnya adalah mampu menyerap nutrisi dalam tubuh dengan lebih baik. Tentu ini adalah hal penting agi anda yang tengah menjalani pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi sehingga tidak terbuang sia-sia.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat dan manfaat daun kingkilaban lainnya seperti dapat menyehatkan organ ginjal, mencegah penyakit kencing batu, mengobati luka pada lidah, menyingkirkan kuman dan virus di dalam tubuh hingga menyehatkan tubuh tanpa pnyakit. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat.

By Nida Saripah - Daun Selasa, 26 September 2017 09:12:31

Related Post :
Kesehatan
Fakta Seputar Tidur Siang…

Tidur siang sering dianggap…

Ibu Dan Anak
Tips Cara Merawat Bayi…

Tips cara merawat bayi…

Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat…

Kegunaan dan manfaat daun…

Ibu Hamil
Cara Sehat Mengatasi Nyeri…

Cara mengatasi nyeri sendi…

Kesehatan
Bahaya Sering Minum Minuman…

Bahaya sering minum minuman…

Obat Kimia
Daftar Nama Obat Anyang-Anyangan…

Referensi nama dan merk…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Stevia Bagi Kesehatan

Berikut adalah khasiat dan manfat…

Daun
Inilah Khasiat Daun Semanggi Bagi Kesehatan

Tahukah tahukah anda apa saja…

Daun
Kirim Pertanyaan
Top