Jangan Panik! Inilah Penyebab Susah Kentut Dan Cara Mengatasinya

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab susah kentut pada dasarnya belum banyak yang mengetahui. Namun sebaiknya anda tdak menyepelekannya begitu saja. Karena tak hanya di akibatkan oleh masalah kesehatan yang ringan, kondisi tersebut juga di ketahui dapat di picu oleh berbagai masalah kesehatan lainnya yang bersifat cukup kronis. Informasi selengkapnya bisa anda simak dalam ulasan singkat berikut ini ya!


Kentut atau buang angin kerap dianggap sebagai suatu hal yang tidak sopan, terlebih apabila kelepasan di tempat umum. Namun meski begitu, kentut atau buang gas merupakan proses biologis yang normal terjadi setiap hari dan menandakan bahwa kondisi kesehatan anda sedang baik. Sehingga apabila tidak terjadi, malah menandakan ada yang tidak beres pada tubuh anda.

Gas yang terdapat di dalam tubuh sendiri di produksi dari udara luar, yang di hirup secara sengaja atau tidak di sengaja. Selain itu, bakrteri-bakteri di usus yang mencerna makanan juga ikut berperan dalam menghasilkan gas di dalam perut.

Berbagai penyebab susah kentut yang perlu anda ketahui

Berikut adalah beberapa pemicu terjadinya susah kentut yang dapat mengganggu.

1. Perut kembung

Perut kembung pada umumnya dapat memicu lambung mengembung hingga peregangan di perut. Kondisi ini biasanya membuat gas terkumpul di dalam perut sehingga sulit untuk di keluarkan. Masalah perut kembung ini sendiri dapat terjadi pada saat anda terlalu banyak mengonsumsi makanan. Diantaranya makanan berlemak yang di makan terlalu cepat.

2. Konstipasi

Kualitas dan jenis makanan buruk untuk di konsumsi juga bisa menjadi penyebab konstipasi atau sembelit. Konstipasi sendiri adalah kondisi sulit buang air besar secara teratur yang biasanya kurang dari 3 kali minggu sekali  atau tidak ada sama sekali.

3. Radang usus buntu kronis

Apendisitis atau radang usus buntu ternyata juga bisa menjadi pemicu susah kentut. Hal tersebut di sebabkan adanya sumbatan pada usus yang meradang atau membengkak akibat adanya infeksi.

4. Obstruksi usus

Obstruksi atau sumbatan pada saluran pencernaan bisa saja di sebabkan oleh tinja, benda-benda asing dari luar bhkan hingga penyakit mematikan seperti kanker. Dan salah satu gejala obstruksi usus ini sendiri adalah susah kentut. Sejumlah gejala lainnya juga bisa menyertai seperti hilangnya nafsu makan, perut kembung, sakit perut, mual, muntah, diare, konstipasi hingga mengalami kram perut.

5. Tukak lambung

Istilah tukak lambung dapat di artikan sebagai kondisi adanya pecahan atau luka yang terdapat di dalam perut. Kondisi ini pula bisa menjadi penyebab dari susahnya buang angin. Selain itu, gejala lainnyapun dapat menyertai seperti rasa sakit pada perut dan juga perih.

6. Dispepsia

Kondisi yang sering di kenal dengan istilah sakit maag ini umumnya di tandai dengan rasa sakit yang muncul secara berulang pada bgain perut atas, dada yang bersensasi panas, nafsu makan menurun, cepat bersendawa dan juga sulit untuk buang angin.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi pemicu susah buang gas lainnya seperti pankreatitis akut, dialisis peritoneal, diverkulitis, pnyakit crohn, infeksi jamur atau bakteri hingga penyakit sirosis hati

Cara mengatasi susah kentut secara alami

Terdapat beberapa solusis atau cara mengatasi susah kentut secara alami seperti halnya:

  • Mengonsumsi makanan yang dapat memicu terbentuknya gas di dalam tubuh.
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung serat, seperti gandum utuh, buah-buahan, dan sayuran.
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, seperti produk gandum ututh sepertti roti, sereal, pasta, sayuran dan lainnya.
  • Banyak mengonsumsi air putih.

Jika kondisi tersebut terus berlanjut, ada baiknya dna segera berkonsultasi dengan dokter, untuk mengetahui penyebab sebenarnya. Dengan begitu, dokter akan menyarankan atau meresepkan jenis obat agar makan lebih dapat di cerna dengan baik sehingga tidak ada lagi gas yang menumpuk di dalam perut, serta melakukan penangan lebih lanjut apabila di perlukan.

Waspadai pula keluhan sulit kentut yang di sertai dengan beberapa gejala obstruksi usus dan infeksi, karena pada kondisi ini pemakaian obat di luar resep dokter hanya dapat memperparah kondisi penderita.

Nah itulah berbagai penyebab susah kentut dan cara mengatasinya. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda seputar kesehatan. Salam sehat!

By Nida Saripah - Kesehatan Selasa, 26 September 2017 13:43:12

Related Post :
Kesehatan
Nutrisi Vitamin D untuk…

Memenuhi kebutuhan vitamin D…

Kesehatan
Mengetahui Peran Penting Usus…

Meskipun pada awalnya sering…

Ibu Hamil
Inilah Daftar Makanan Sehat…

Berikut ini daftar makanan…

Obat Kimia
Obat Oles Gatal Kutu…

Obat oles gatal kutu…

Kesehatan
Cara Sederhana Pencegahan Carpal…

Berikut adalah berbagai cara…

Kesehatan
Gejala Orang Yang Memiliki…

Gejala koleseterol tinggi sangat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Penyebab Penyakit Liver Kronis Dengan Perut Membesar

Penyebab penyakit liver kronis dengan…

Kesehatan
Pilihan Olahraga yang Tepat Bagi Penderita Osteoarthritis

Meskipun mengidap penyakit osteoarthritis, Anda…

Kesehatan
Awas ! Jangan Konsumsi Makanan Kadaluarsa Ini Bahayanya

Informasi tentang bahaya mengkonsumsi makanan…

Kirim Pertanyaan
Top