Manfaat Daging Trenggiling si Hewan Pemalu Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Trenggiling merupakan salah satu spesies hewan yang berasal dari ordo Pholidota. Hewan ini hidup di hutan hujan tropis dataran rendah dan memakan serangga, terutama semut dan rayap. Maka dari itu, trenggiling juga kerap dikenal sebagai anteater (pemakan semut).

Trenggiling memiliki bentuk tubuh yang terbilang unik. Tubuhnya memanjang hingga mampu mencapai 1 meter dengan diselimuti oleh rambut yang termodifikasi menjadi seperti sisik-sisik yang cukup keras untuk melindungi dirinya. 

Ketika trenggiling merasakan adanya gangguan yang mengintainya, maka ia akan menggulungkna tubuhnya yang panjang tersebut hingga terlihat membulat seperti bola. Sisik-sisik yang terdapat pada tubuhnyapun akan melindungi seluruh bagian tubuhnya. Selain itu, ia juga bisa mengebatkan ekornya, sehingga sisik pada tubuhnya dapat melukai kulit pengganggunya.


Trenggiling merupakan salah satu hewan yang dilindungi di Indonesia. Namun, keberadaan trenggiling mulai terancam akibat habitatnya terganggu dan menjadi objek perdangan hewan liar. 

Namun, dibalik semua itu, ternyata diketahui trenggiling memiliki daging yang cukup nikmat serta kaya akan kandungan khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa dilakukan pemburuan trenggiling yang dilakukan secara besar-besaran. 

Trenggiling memiliki daging yang dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit. Dagingnya sering diolah menjadi obat penyakit paru-paru dan penyakit jantung. Selain itu, daging trenggiling juga dikatakan dapat dijadikan sebagai obat kuat. 

Berikut ini merupakan manfaat daging trenggiling bagi kesehatan yang perlu diketahui :

  • Meredakan nyeri

Kandungan yang ada didalam setiap bagian trenggiling memang memiliki manfaat yang luar biasa. Salah satu manfaat dari trenggiling yang bisa didapatkan yaitu berfungsi sebagai obat analgesik yang bermanfaat untuk meredakan nyeri pada tubuh. Jika Anda selesai melakukan operasi, maka kandungan dalam trenggiling ini bisa menjadi obat pereda nyeri yang ampuh. 

  • Mencegah hipertensi

Tekanan darah yang normal dapat membuat Anda terhindar dari hipertensi atau tekanan darah tinggi. Saluran darah ayng dapat berjalan lancar ke seluruh tubuh membuat tekanan darah berjalan dengan baik. Sehingga penyakit hipertensi ataupun anemia bisa diatasi dengan mengonsumsi daging trenggiling. 

  • Mencegah stroke

Stroke disebabkan oleh aliran darah tidak berjalan dengan baik dan biasanya juga terjadi karena pembekuan di beberapa tempat. Dengan kandungan mineral yang baik, perpaduan antara natrium dan kalium membuat aliran darah akan berjalan dengan lacar dan bisa mencegah penyakit stroke

  • Mencegah penyakit paru-paru 

Bakteri dan virus akan mudah masuk ke dalam tubuh jika sistem kekebalan tubuh lemah. Penyakit paru-paru juga bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang memiliki sisik seperti genteng ini, mulai dari empedu hingga dagingnya juga memiliki pengaruh yang sangat baik bagi tubuh. 

  • Mengatasi penyakit jantung

Manfaat daging trenggiling selanjutnya yaitu mampu membantu mengatasi penyakit jantung. Bagian danging dan empedu pada daging trenggiling sangat bermanfaat untuk mencegah penyakti jantung. Kandungan protein yang terdapat dalam daging trenggiling juga sangat berpengaruh terhadap daya tekan jantung. 

  • Mengobati penyakit kencing manis

Ternyata dalam sebuah penelitian diketahui bahwa daging trenggiling dapat bermanfaat untuk menyembuhkan penderita kencing manis. Kandungan gula yang cukup, serta protein dan vitaminnya juga membuat pengobatan penyakit kencing manis jadi lebih cepat. 

Itulah beberapa manfaat daging trenggiling yang baik bagi kesehatan. Masih banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari daging trenggiling untuk membantu mengatasi berbagai penyakit pada tubuh. Selain daging, sisik trenggiling juga bisa diolah menjadi salah astu bahan baku dalam pembuatan obat analgesik. Namun, sayangnya, sisik trenggiling juga terkadang digunakan sebagai hal yang negatif. 

By Sri Maryati - Manfaat Selasa, 26 September 2017 14:12:56

Related Post :
Kewanitaan
Berbagai Penyebab Mood Buruk…

Inilah berbagai penyebab mood…

Kesehatan
Bahaya Menelan Dahak Yang…

Bahaya menelan dahak yang…

Penyakit
Jenis-jenis Penyakit Ginjal Serta…

Jenis-jenis penyakit ginjal beserta…

Kesehatan
Penyebab Urine Berbau Menyengat…

Mengetahui penyebab urine berbau…

Kesehatan
Berbagai Makanan Sehat Untuk…

Berbagai makanan sehat untuk…

Obat Kimia
Obat Famotidine di Apotek…

Obat Famotidine di Apotek…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat Buah Leci Bagi Kesehatan

Buah leci merupakan buah musiman.…

Manfaat
Mengetahui Manfaat Ekstrak Cacing untuk Obati Tipes

Ekstrak cacing merupakan obat tradisional…

Kirim Pertanyaan
Top