Punya Phobia? Atasi dengan Cara Ampuh Ini

Share dan Tag Temanmu di :

Punya Phobia? Atasi dengan Cara Ampuh Ini

Rasa cemas dan takut adalah suatu hal yang wajar dimiliki oleh setiap orang namun jika cemas dan takut itu terjadi secara berlebihan dan tidak terkendali maka ada sebuah kelainan jenis penyakit gangguan mental yang secara psikomedik disebut phobia. Secara definitif phobia merupakan rasa cemas dan takut secara berlebihan teradap sesuatu benda, mahluk hidup, dan kondisi tanpa sebab yang jelas sesuai dengan aktual. Phobia terjadi akibat dari trauma yang pernah dialami oleh penderita atau terjadi karena faktor genetik, dan faktor lingkungan misalnya jika dalam suatu keluarga menganggap bahwa gelap yaitu suatu hal yang buruk yang harus dihindari maka keturunannya besar kemungkinan akan merasa phobia jika berada pada kondisi yang gelap.


Oleh sebab itu, akibatnya yang cukup kompleks perlu mengetahui cara menghilangkan bahkan menyembuhkan phobia untuk mengatasinya.

  • Terapi musik

Metode alternatif yang baru dikembangkan oleh para ahli yaitu penyembuhan phobia dengan terapi musik. Hasil penelitian bahwa nada-nada terhadap syaraf sensorik dan motorik digabungkan menjadi sebuah musik terapi bagi penderita phobia yang sangat aman karena mudah dan fleksibilitasnya yang dapat dilakukan dimana saja. Selain untuk mengatasi phobia, terapi musik juga bisa untuk mengatasi berbagai gangguan mental dan depresi.

  • Hipnoterapi

Hipnoterapi yaitu metode yang terkenal untuk mengatasi phobia. Melalui penanaman sugesti positif mengenai obyek phobia kepada pasien yang lebih dulu dihipnotis, merangsang, dan mempengaruhi alam bawah sadar sehingga dapat menghilangkan rasa takut dan kecemasan. Meski metode ini bukan solusi jangka panjang karena dapat kambuh jika kondisi psikis pasien yang labil, namun para ahli masih banyak yang merekomendasikan karena prosesnya yang tidak beresiko.

  • Abreaksi

Abreaksi merupakan metode menyembuhkan phobia yang menggunakan tehnik talk teatments, yang dilakukan dengan memberikan penjelasan dan pengertian tentang obyek phobia.

  • Reframing

Reframing merupakan tehnik talk treatment lain karena prosesnya mengutamakan komunikasi verbal secara aktif. Dengan metode ini pasien akan disuruh untuk membayangkan dan mengingat kembali peristiwa yang memicu trauma sehingga mengalami phobia. Setelah itu pasien akan diminta menceritakan peristiwa oleh psikiaternya. Kefasihan dan ketenangan pasien dalam bercerita menjadi indikator utama metode ini karena semakin fasih dan tenang bercerita maka pasien dianggap reaksi phobia suatu obyek akan berkurang dan hilang.

  • Desentiasi

Desentiasi yaitu metode berbagai cara yang dapat dilakukan pasien penderita phobia akan dibuat untuk menciptakan suasana yang nyaman mulai dari menonton film, mendengarkan musik, bercerita, dan lainnya.

  • Terapi tradisional

Sebenarnya terapi tradisional bukanlah sebuah proses penyembuhan karena penggunaan obat bukan untuk mencegah namun untuk membantu atasi rasa cemas dan takut saat dalam kondisi phobia. Meski ada yang menyebutkan bahwa dapat sembuh, cuma beberapa persen yang benar terbukti sembuh dari phobia. Bahkan sisanya pasien yang semakin banyak tertekan dan bergantung pada obat yang digunakan sehingga akan menyebabkan masalah.

  • Self treatment

Self treatment adalah sebuah metode yang dapat dilakukan oleh setiap orang yang sangat bergantung pada motivasi dan kesungguhan untuk dapat sembuh dari phobia. Pada umumnya ada 3 langkah yang harus dilakukan oleh pasien, antara lain :

  1. Memotivasi untuk memberanikan diri menghadapi obyek phobia.
  2. Cobalah melihat obyek phobia secara berulang sehingga dapat belajar untuk membiasakan diri serta mengontrol reaksi terhadap obyek.
  3. Berolahraga dan menjaga pola makan agar tetap dalam kondisi tenang sehingga dapat menekan tingkat stress yang muncul akibat phobia.

Walaupun phobia hanya dianggap penyakit sederhana namun tetap dapat mengganggu diri sendiri dan orang di lingkungan sekitar anda. Oleh sebab itu, sekecil apapun phobia sangat dianjurkan untuk segera ditangani. Semoga bermanfaat.

By Ana Rediana - Kesehatan Selasa, 26 September 2017 15:17:34

Related Post :
Kesehatan
Ketahui Kesalahan Mencuci Wajah…

Mencuci wajah merupakan salah…

Tips
Tips Mengatasi Biang Keringat…

Berikut adalah tips mengatasi…

Tips
Cara Menjaga Kesehatan Payudara…

Cara menjaga kesehatan payudara…

Manfaat
Mengetahui Manfaat Ekstrak Cacing…

Ekstrak cacing merupakan obat…

Kewanitaan
Menstrual Cup Solusi Alternatif…

Saat haid, biasanya banyak…

Manfaat
Mengenali Kebaikan Buah Persik…

Selain memiliki rasa yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Ini Penyebab Dan Gejala Tubuh Mengalami Dehidrasi

Beragam penyebab dan faktor risiko…

Kesehatan
Kesehatan
Pertolongan Pertama Pada Penderita Tekanan Darah Tinggi

Berikut adalah pertolongan pertama pada…

Kirim Pertanyaan
Top