Kecap dan Jeruk Nipis Sembuhkan Batuk ? Ini Penjelasannya

Share dan Tag Temanmu di :

Para orang tua sering kali memberikan campuran air perasan jeruk nipis dan kecap jika ada salah satu anggota keluarga yang mengidap batuk. Ini merupakan resep turun temurun yang cukup sering digunakan. Namun, apakah benar kecap dan jeruk nipis sembuhkan batuk ? Simak penjelasan seputar obat herbal racikan tersebut dibawah ini !!


Sebelum menjelaskan mengenai khasiat jeruk nipis dan kecap untuk atasi batuk, berikut kami jelaskan sekilas seputar penyebab batuk. 

Batuk merupakan refleks natural dari sistem perlindungan tubuh yang timbul jika saluran udara di belakang kerongkongan teriritasi. Iritasi ini memicu paru-paru untuk mengeluarkan udara dengan tekanan yang tinggi. Batuk membantu membersihkan paru-paru dan saluran udara dari zat asing, seperti asap dan lendir. 

Selain itu, umumnya batuk menjadi gejala dari infeksi virus atau bakteri, serta reaksi alergi. Dengan batuk, artinya tubuh bekerja untuk mengeluarkan virus dan alergi dari paru-paru Anda. 

Lalu, benarkan campuran air perasan jeruk nipis dan kecap bisa sembuhkan batuk ?

Jeruk nipis atau citrus aurabtifolia sudah sejak dulu memang sering digunakan untuk pengobatan tradisional, karena mengandung minyak atsiri serta zat lainnya yang diyakini bermanfaat bagi kesehatan. Dalam mengatasi batuk, kandungan yang ada didalam jeruk nipis ini mampu melemaskan otot-otot pada saluran pernapasan. Jeruk nipis juga berkhasiat sebagai obat penurun panas dan mengatasi suara serak akibat tenggorokan gatal, yang mungkin menjadi gejala lain yang menyertai batuk. 

Walaupun demikian, ternyata larutan jeruk nipis dan kecap ini sebenarnya tidak menyembuhkan batuk, baik itu yang disebabkan oleh virus ataupun bakteri. Larutan ini hanya bermanfaat untuk meredakan gejala penyertanya.

Selain itu, penambahan kecap pada air jeruk nipis yang biasa dilakukan oleh orang tua dulu ini bertujuan untuk mengurangi keasaman dari air jeruk nipis itu sendiri. Kecap pada dasarnya tidak memiliki manfaat tertentu untuk mengatasi batuk dan gangguan pernapasan lainnya.

Disamping itu, Anda juga bisa mengkombinasikan jeruk nipis dengan madu untuk membantu meredakan gejala batuk. Menurut beberapa penelitian, rasa manis pada madu bisa memicu produksi air liur dan lendir untuk melembabkan tenggorokan. 

Untuk membuat ramuan ini, Anda bisa memeras setengah potong buah jeruk nipis kemudian campur dengan 100 ml air hangat. Setelah tercampur, tuangkan 2 sendok makan madu ke dalamnya. Minum selagi hangat agar khasitnya dapat terasa pada tenggorokan Anda. 

Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Alami Rabu, 27 September 2017 13:37:53

Related Post :
Kulit
Rahasia Perawatan Kulit Cantik…

Dibalik wajahnya yang sempurna,…

Kewanitaan
Ini Bahaya Memakai Sabun…

Berikut ini bahaya memakai…

Kewanitaan
Bahaya Dibalik Penggunaan Menstrual…

Meskipun banyak yang berpendapat…

Penyakit
Mengenal Tentang Diabetes Dan…

Diabetes merupakan penyakit jangka…

Kesehatan
Waspada! Kondisi Kaki Ini…

Kondisi kaki yang sering…

Manfaat
Manfaat Daun Bidara Untuk…

Bidara adalah tanaman yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Alami
Alami
Atasi Sembelit Dengan Ramuan Tradisional Berikut Ini

Cara mengobati sembelit secara alami…

Alami
Obat Alami untuk Mengatasi Gejala Usus Buntu

Obat alami untuk mengatasi gejala…

Kirim Pertanyaan
Top