Awas ! Ini 10 Gejala Meningitis Yang Harus Diwaspadai

Share dan Tag Temanmu di :

Anda mengalami sakit kepala berkepanjangan dan leher kaku? hati-hati, bisa jadi gejala meningitis. Tidak hanya itu, ada gejala meningitis lainnya yang harus diwaspadai. Namun untuk memastikan apakah anda terkena penyakit meningitis atau tidak, maka periksakan diri anda pada dokter.


Meningitis adalah penyakit yang dapat menyerang siapa saja, tidak mengenal usia yaitu balita, anak dan dewasa. Meningitis ialah peradangan yang terjadi pada selaput otak. Peradangan ini disebabkan oleh bakteri, virus atau mikroorganisme lain. Gejala menginitis sering diabaikan oleh sebagian orang, sehingga sebagian penderita penyakit ini ada yang terlambat untuk dideteksi. Padahal jika dideteksi sejak dini, meningitis pun masih bisa disembuhkan.

10 Gejala Meningitis Yang Harus Diwaspadai

Demam tinggi

Gejala meningitis yang sering dan pasti akan muncul adalah demam tinggi secara tiba-tiba. Bila anak anda atau anda sendiri sering mengalami demam tinggi secara tiba-tiba, maka periksakan pada dokter. Karena dikhawatirkan terkena penyakit menginitis, karena demam tinggi secara tiba-tiba tersebut asalah salah satu gejala menginitis.

Sakit kepala berkepanjangan


Gejala menginitis yang harus diwaspadai adalah sakit kepala berkepanjangan. Sakit kepala biasa dengan sakit kepala gejala menginitis berbeda. Sakit kepala biasa hanya sekedar pusing saja, sedangkan sakit kepala yang merupakan gejala menginitis adalah terasa sakit yang hebat di bagian kepala bahkan rasa sakitnya pun berkepanjangan.

Mual dan muntah

Tidak hanya sakit kepala yang menyiksa, tapi juga disertai dengan mual dan muntah bahkan tidak sadarkan diri. Oleh karena itu, waspadai bila anda mengalami sakit kepala yang menyiksa kemudian disertai dengan mual dan muntah. Karena bisa jadi gejala dari meningitis. Jangan abaikan gejala yang satu ini, segera periksakan diri anda pada pihak medis.

Pegal-pegal

Ciri-ciri orang terkena penyakit menginitis adalah sesudah mengalami gejala mual, muntah, dan lelah, tubuh akan terasa pegal bahkan sulit untuk berjalan. Tentunya jangan sepelekan gejala ini.

Tidak bisa bangun

Ciri-ciri orang terkena penyakit meningitis lainnya adalah terasa sangat lelah sehingga terkadang dapat menyebabkan penderita penyakit ini tidak bisa bangun.

Kejang


Gejala meningitis yang sudah parah adalah kejang. Tidak hanya itu, terkadang penderita penyakit ini juga tidak sadarkan diri.

Leher kaku


Sering mengeluhkan leher yang terasa kaku? hati-hati bisa jadi itu merupakan gejala meningitis. Leher kaku pada penderita penyakit meningitis berbeda dengan leher kaku saat bangum tidur. Pada penderita penyakit meningitis, leher tidak hanya kaku tapi terasa sakit saat melakukan peregangan bahkan rasa sakitpun menjalar ke kepala dan punggung.

Sensitif terhadap cahaya

Sama seperti penderita sakit kepala, penderita meningitis juga sensitif terhadap cahaya. Sehingga penderita penyakit ini tidak suka terkena cahaya lampu.

Kebingungan

Meningitis adalah penyakit yang dapat mempengaruhi kinerja otak, sehingga menyebabkan penderita menjadi merasa kebingungan susah dalam berkonsentrasi.

Bintik-bintik merah di kulit


Bila meningitis sudah parah penderita akan mengalami bintik-bintik merah di kulit. Oleh karena itu bagi anda yang sering mengalami bintik-bintik merah di kulit, sebaiknya periksakan diri pada dokter.

Itulah gejala meningitis yang tidak boleh diabaikan. Gejala meningitis pada orang dewasa diantaranya leher kaku, sakit kepala berkepanjangan, demam, kebingungan, mual, muntah, sensitif terhadap cahaya. Sedangkan gejala meningitis pada anak yaitu sakit kepala, bintik-bintik merah di kulit dan anak menjadi rewel.

By Rizka Ardiana - Penyakit Rabu, 27 September 2017 14:48:45

Related Post :
Kesehatan
Risiko Kesehatan Dibalik Penggunaan…

Sandal jepit memang sangat…

Penyakit
Ketahui Berbagai Penyakit Akibat…

Ketahui berbagai penyakit yang…

Obat Kimia
Suntikan Filler Solusi Bagian…

Suntikan Filler solusi wajah…

Tips
Tips Mengatasi Pusing Saat…

Berikut ini beragam tips…

Penyakit
Ini Gejala Dan Penyebab…

Berikut adalah berbagai gejala…

Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Dan…

Mengenal tanda dan gejala,…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Waspadai Maag Akut Penyebab dr Ryan Thamrin Meninggal Dunia

Mengungkap penyebab dr. Ryan Thamrin…

Penyakit
Gangguan Dan Penyakit Pada Sistem Pencernaan Manusia

Berikut ini berbagai jenis gangguan…

Penyakit
Bahaya Dan Komplikasi Eksim Yang Kemungkinan Dapat Terjadi

Berikut adalah bahaya dan komplikasi…

Kirim Pertanyaan
Top