Teofilin Obat Untuk Meredakan Gangguan Pernafasan di Apotek

Share dan Tag Temanmu di :

Teofilin, obat untuk meredakan gangguan pernafasan.

Tergolong ke dalam kelompok obat xanthinebronchodilator, teofilin biasa digunakan untuk mengobati gangguan pernafasanseperti bronkhitis, asma, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), dan emfisema. Obat yang berbentuk kapsul maupun tablet ini bekerja dengan cara mempermudahpernafasan serta membantu meredakan gejala sesak nafas, batuk, nafas paraudengan membuka jalur udara atau bronkus lebih lebar ke paru-paru, sehingga udarabisa mengalir dengan lebih bebas. Teofilin membuat otot-otot saluran pernafasanlebih rileks dan menurunkan respons paru-paru terhadap hal yang menyebabkaniritasi.


Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokterjika ingin mengonsumsi obat ini namun sedang dalam keadaan hamil atau sedangmerencanakan kehamilan. Hati-hati juga bagi penderita gangguan hati, penyakitjantung, ulkus lambung, hipertensi, epilepsi, porfiria, dan hipotiroidisme.Sebaiknya batasi atau bahkan hindari konsumsi minuman keras dan kafein, sertapenggunaan rokok selama mengonsumsi obat ini untuk meminimalkan efek samping.Kandungan yang terdapat dalam rokok dan minuman keras bisa mengganggu jumlahteofilin yang diserap tubuh.

Obat untuk meredakan gangguan pernafasan ini, terbilang sensitif jika dikonsumsioleh lansia dan anak-anak. Efek sampingnya adalah detak jantung menjadi tidakberaturan dan lebih cepat. Obat ini memang berinteraksi dengan obat-obatanlain, namun sebelum mengonsumsi obat lain, pastikan dokter Anda tahu. Dosisteofilin untuk orang dewasa umumnya ada pada kisaran 300 sampai 600 miligramper hari. Sementara untuk orang lanjut usia, dosisnya akan lebih sedikit. Dosisakan dibagi menjadi dua kali sehari. Untuk anak-anak, bisa ditanyakan kepadadokter dan biasanya akan disesuaikan dengan berat badannya.

Sebelum mengonsumsinya, baca dengan telitiketerangan yang tertera pada kemasan obat. Tidak diperkenankan untuk mengurangiatau menambahkan dosis tanpa sepengetahuan dokter. Sebaiknya mengonsumsiteofilin dengan merk yang sama karena jumlah teofilin yang diserap tubuhberbeda-beda antar merk. Teofilin bisa diminum dengan maupun tanpa makanan dantidak dianjurkan untuk mengunyah atau menghancurkan tabletnya terlebih dahulu.

Untuk teofilin yang berbentuk kapsul bisa ditelan langsung dengan air. Khusus untuk anak-anak, kapsul bisa dibuka lalutuangkan isinya ke atas makanannya. Obat ini akan bekerja dengan maksimal jikakandungan teofilin dalam darah selalu stabil. Oleh karena itu, konsumsilah obatini pada jam yang sama setiap harinya. Pastikan untuk rutin berkonsultasidengan dokter sehingga dokter bisa memonitor perkembangan kesehatan Anda. Biasanyadokter akan melakukan tes darah untuk memastikan Anda akan mendapatkan dosistepat dengan mengukur kadar potasium dalam darah. Hal ini penting dilakukankarena dosis terlalu banyak bisa menyebabkan keracunan.

Lalu apa saja efek samping dari teofilin? Seperti obat-obatan pada umumnya, efek samping yang bisa terjadi setelah mengonsumsiteofilin diantaranya adalah sakit atau kram perut, mual dan muntah, seringbuang air kecil, diare, insomnia, kehilangan selera makan, detak jantung cepatdan tidak beraturan, dan sakit kepala.

Sekian Informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, mengenai teofilin obat untuk meredakan gangguan pernafasan di apotek. Semoga informasi yang telah di sampaikan menambah wawasan dan bermanfaat.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Obat Kimia Senin, 25 Juli 2016 07:15:02

Related Post :
Penyakit
Bahaya Kekurangan Enzim Menyebabkan…

Bahaya Kekurangan Enzim Menyebabkan…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Pantangan makanan bagi penderita…

Penyakit
Cara Penularan Hepatitis Yang…

Cara penularan hepatitis sangat…

Kesehatan
Makanan Pantangan bagi Penderita…

Makanan pantangan bagi penderita…

Kesehatan
Cara Mengatasi Ejakulasi Dini…

Cara mengatasi ejakulasi dini…

Penyakit
Diabetes Tipe 2 Gejala…

Diabetes secara umum terbagi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Obat Pencegah Serangan Penyakit Gout Allopurinol

Obat Pencegah Serangan Penyakit Gout…

Obat Kimia
Sulfadiazine Antibiotik Sulfonamide Untuk Menangani Infeksi

Sulfadiazine tergolong ke dalam antibiotik…

Obat Kimia
Taxegram Obat Demam Berdarah Pada Anak

Demam berdarah ialah penyakit infeksi…

Kirim Pertanyaan
Top