Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Lidah Ayam Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun lidah ayam khususnya bagi kesehatan nyatanya belum banyak di ketahui. Padahal, jika kita mempelajarinya lebih dalam, tumbuhan yang tergolong ke dalam tanaman hias ini ternyata memiliki kebaikan tersendiri bagi kesehatan mulai dari dapat meringankan penyakit asma hingga bronkitis. Adapun untuk informasi selengkapnya anda bisa simak ulasan berikut ini.


Tanaman lidah ayam yang memiliki nama latin Palygala glamerata merupakan sejenis tanaman terna yang mana keberadaannya bisa di temukan di berbagai daerah di Indonesia. Bhkan di berbagai darah, tanaman ini memiliki nama panggilan yang berbeda-beda seperti ki tajam, godong sereg dan deun jile ajem.

Adapun deskripsi atau ciri-ciri tanaman lidah ayam sendiri adalah sebagai berikut:

  • Tanaman: Ketinggian tanaman hanya mencapai 80 cm dan bagian atas batang berbulu.
  • Daun: Berbentuk pita dengan pinggiran daun yang rata namun tajam, lonjong, dan menjorong dengan warna hijaupinggiran putih. Selain itu, daun tergolong tunggal, trsusun menyebar membentuk sebuah semak kecil.
  • Bunga: Berbentuk tandan, terletak pada ketiak daun.
  • Buah: Agak bersayap dan memiliki biji-biji kecil.

Meski tanaman yang di tanam melalui media pot ini di angap sebagai tanaman hias, namun lebih dari itu di dalamnya juga terkandung berbagai senyawa alami yang baik untuk kesehatan. Terlebih pada bagian daun dan akarnya.

Kandungan dan khasiat daun lidah ayam untuk kesehatan

Tanaman lidah ayam terutama bagian daunnya di ketahui memiliki berbagai kandungan senyawa alami seperti alkaloid, flavonoid, metil silikat, polifenol dan saponin. Dan adapun berbagai khasiat daun lidah ayam selengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Meredakan gejala asma

Manfaat dario daun lidah ayam yang pertama adalah mampu meredakan gejala penyakit asma. Sehingga apabila anda memiliki riwayat asma akibat faktor genetik, dan tiba-tiba kambuh, maka anda dapat memafaatkan herbal daun lidah ayam ini. Fungsinya adalah sapat membantu meringankan rasa sesak saat asma.

2. Mengatasi sesak napas

Selain asam, daun lidah ayam juga dapat mengatasi rasa sesak napas di dada anda. Kandungan alami yang terdapat di dalam daun ini cocok di gunakan untuk membantu anda mengatur nafas secara normal dan lebih baik pada saat sesak napas menyerang.

3. Menyehatkan paru-paru

Khasiat daun lidah ayam lainnya adalah dapat membantu kinerja paru-paru agar tetap sehat. Kandungan yantg terdapat di dalam daun lidah ayam ini di ketahui mampu menyehatkan dan meningkatkan fungsi paru-paru secara optimal.

4. Meredakan panas dalam

Jika anda tengah mengalami panas dalam, maka tidak ada salahnya untuk mencoba ramuan dari daun lidah ayam untuk mengatasinya. Caranya cukup dengan meminum air rebusan daun ayam ini hingga panas dalam anda benar-benar sembuh.

5. Menjaga sistem pernapasan

Tidak di ragukan lagi, ternyata daun yang unik ini juga mampu menjaga sistem pernapasan anda agar tetap sehat. Dengan begitu, sistem pernapasan anda tidak akan mudah terserang penyakit.

6. Melancarkan buang air kecil

Apabila anda tengah mengalami buang air kecil yang tidak lancar atau anyang-anyangan, anda bisda memanfaatkan daun lidah ayam sebagai solusinya. Daun ini juga mampu membersihkan saluran kencing dari bakteri.

7. Mencegah penyakit bronkitis

Jika anda ingin menjaga sistem pernapasan anda tetap sehat dan terhindar dari penyakit bronkitis, anda bisa memanfaatkan daun lidah ayam sebagai solusi terbaiknya.

8. Mencegak penyakit Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Penyakit Infeksi saluran kemih atau ISK adalah sejenis penyakit infeksi yang menyerang saluran kemih atau kencing. Pencegahan sejak ini yang paling mudah untuk di lakukan adalah  dengan menggunakan daun lidah ayam.

Adapun selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat dan manfaat daun lidah ayam untuk kesehatan. Diantaranya mampu menjadi pelega tenggorokan, senabagai tonik alami, anti-kencing batu, mencegah penyakit gonore hingga menyehatkan ginjal. Dan sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat!

By Nida Saripah - Daun Kamis, 28 September 2017 09:04:23

Related Post :
Obat Cina
Obat Nyeri Sendi Herbal…

Obat nyeri sendi herbal…

Kesehatan
Hal Yang Akan Di…

Inilah hal yang akan…

Manfaat
Khasiat Keladi Tikus Untuk…

Berikut ini manfaat dan…

Tips
Mudah Lelah Saat Hamil?…

Banyak sekali penyebab mudah…

Tips
Sering Merasakan Penglihatan Mata…

Sering Merasakan Penglihatan Mata…

Kesehatan
Penyebab Cegukan Dan Cara…

Cegukan atau yang dikenal…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Cara Pengolahan Daun Binahong Untuk Obat Asam Urat

Berikut adalah cara pengolahan daun…

Daun
Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Merah untuk GIGI

Khasiat dan Manfaat Daun Sirih…

Daun
Khasiat Manfaat Daun Adas Dan Buahnya Bagi Kesehatan Tubuh

Informasi lengkap seputar khasiat manfaat…

Kirim Pertanyaan
Top