Mengungkap Khasiat Luar Biasa Ikan Teri Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Masyarakat Indonesia pasti mengenal yang namanya ikan teri. Ikan yang berukuran kecil ini sering kali diolah menjadi berbagai hidangan dan sangat pas dinikmati dengan sepiring nasi hangat. Memiliki rasa yang nikmat membuat ikan ini cukup banyak diminati. Di kawasan sekitar Selat Malaka dan Laut Tiongkok Selatan, ikan teri biasanya digoreng dan dihidangkan dengan sambal serta nasi hangat atau nasi lemak. Ikan ini juga dihaluskan menjadi tepung. 


Dilansir dari Wikipedia, ikan teri atau ikan bilis adalah sekelompok ikan laut kecil anggota suku Engraulidae. Naman ini mencakup berbagai ikan dengan warna tubuh perak kehijauan atau kebiruan. Meskipun terdapat anggota Engraulidae yang memiliki panjang maksimum 23 cm, nama ikan teri biasanya diberikan pada ikan yang memiliki panjang maksimum 5 cm. Ikan teri memiliki moncong yang tumpul dengan gigi yang kecil dan tajam pada kedua rahangnya. 

Walaupun terbilang kecil, namun ikan teri ini ternyata menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan. Berikut ini merupakan beberapa khasiat luar biasa ikan teri bagi kesehatan yang perlu diketahui :

  • Mencegah anemia

Ikan teri memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Pada setiap 100 gr ikan teri, terdapat 3,9 mg zat besi. Kandungan zat besi ini bermanfaat untuk mencegah anemia, pusing, dan mempercepat proses penyembuhan luka. 

  • Baik untuk kesehatan kulit

Ikan teri juga diketahui mengandung vitamin E dan mineral seperti selenium. Tambahakn ikan teri dalam menu harian Anda, karena dapat membuat kulit lebih halus, mencegah jerawat, dan mengurangi keriput yang terkait dengan penuaan dini. Selain itu, vitamin E pada ikan teri juga mampu memperkecil risiko kanker kulit akibat paparan sinar ultraviolet matahari. 

  • Menjaga kesehatan tulang

Kalsium dan vitamin A yang terkandung dalam ikan teri berpengaruh positif pada pertumbuhan tulang, dan membuat ikan mungil ini bermanfaat dalam mengatasi degradasi tulang. Kalsium pada ikan teri juga diketahui dapat membantu memperkuat dan menjaga kesehatan gigi hingga usia tua. 

  • Menjaga kesehatan jantung

Ikan teri memiliki kandungan lemak tak jenuh, yang dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) di pembuluh darah arteri. Jika kadar kolesterol jahat bisa ditekan, maka peluang terkan aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke akan berkurang. Namun, Anda patut berhati-hati, jika Anda mengidap penyakit hipertensi, ginjal, atau penyakit jantung, maka sebaiknya batasi konsumsi ikan teri yang sudah diasinkan. 

  • Menjaga kesehatan mata

Kadar vitamin A yang tinggi pada ikan teri sering dikaitkan dengan pengobatan katarak dan degenerasi makula. Dengan kata lain, ikan teri bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. 

  • Menurunkan berat badan

Ikan teri memiliki jumlah protein yang signifikan dan rendah kalori. Ini membuat ikan teri ideal bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan. 

Itulah beberapa khasiat ikan teri bagi kesehatan tubuh yang perlu diketahui. Perlu diinagt, untuk mendapatkan manfaat ikan teri secara optimal, disarankan untuk mengonsumsi ikan teri segar dan bukan ikan teri yang telah diasinkan. Selain itu, perhatikan pula porsinya. Meskipun memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan, namun mengonsumsi ikan teri dalam jumlah yang berlebihan juga tidak baik. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Manfaat Kamis, 28 September 2017 14:39:45

Related Post :
Penyakit
Diagnosa dan Pengobatan Kista…

Diagnosa dan pengobatan kista…

Alami
Obat Sirosis Hati Terbaik…

Daftar obat sirosis hati…

Kesehatan
Penyebab Penyakit Liver Kronis…

Penyebab penyakit liver kronis…

Ibu Dan Anak
Waspada Asap Rokok Bisa…

Kebiasaan merokok yang sering…

Kesehatan
Mengenal Lebih Dekat Kolostomi…

Mengenal lebih dekat kolostomi…

Daun
Manfaat Daun Bungur Untuk…

Khasiat dan manfaat daun…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Ini Dia Manfaat Menakjubkan Teh Hitam Bagi Kesehatan

Berbagai kandungan gizi teh hitam…

Manfaat
Manfaat
Ini Dia Manfaat Tak Terduga Kencur Untuk Kesehatan

Beragam manfaat kencur untuk kesehatan…

Kirim Pertanyaan
Top