Waspada! Ini Dia Ciri-Ciri Saluran Tuba Falopi Tersumbat

Share dan Tag Temanmu di :

Ciri-ciri saluran tuba falofi tersumbat sejatinya bisa anda ketahui sejak dini. Sehingga penanganan yang di lakukan dapat di lakukan lebih cepat. Adapun untuk informasi selengkapnya bisa anda simak dalam informasi berikut ini.


Saluran tuba falopi atau tuba falopi adalah dua buah saluran yang sangat halus yang mana menghubungkan ovarium mamalia betina dengan rahim. Saluran tuba falopi juga bisa di artikan sebagai salah satu komponen dari sistem reproduksi wanita, yang mana mereka harus bekerja lebih baik untuk memastikan kesuburan.

Adapun fungsi utama dari saluran ini sendiri adalah untuk menangkap sel telur yang di lepaskan oleh ovarium setiap bulan selama ovulasi dan membingbing mereka ke dalam rahim. Sel telur biasanya dapat bertahan dalam tabung tuba falopi selama 24 sampai 36 jam. Selama itu pula pembuahan mungkin saja terjadi jika sperma bertemu dengan sel telur.

Setelah telur di buahi, kemudian tabung menggerakan telur ke rahim sehingga dapat menanamkan dirinya pada lapisan rahim. Kontraksi yang terjadi pada tabung akan membantu memindahkan sel telur, sebuah proses yang dapat memakan waktu kurang lebih mencapai seminggu.

Namun, saluran tuba falopi ini juga nyatanya bisa saja mengalami gangguan. Salah satunya masalah saluran tuba falopi tersumbat akibat infeksi dan menyebabkan pembengkakan pada saluran tuba. Kondisi tersebut lantas tak jarang menjadi penyebab penyakit hidrosalping. Kondisi ini umumnya memberikan dampak seorang wanita yang mengalaminya susah memiliki keturunan.

Meski kini telah terdapat obat herbal hidrosalping dan penanganan lainnya, namun sebaiknya anda tidak menyepelekan masalah kesehatan yang satu ini. Kenali berbagai ciri penyumbatan saluran tuba sejak dini. Dengan begitu, maka pengobatan bisa di lakukan lebih cepat sehingga pencegah keparahan bisa di atasi sejak dini.

Ciri-ciri saluran tuba falopi tersumbat

Pada umumnya, nyeri panggul pada saat masa subur (rentang hari ke 12 sampai hari ke 18 dari hari pertama haid terakhir) di sebut-sebut sebagai salah satu ciri terjadinya penyumbatan pada saluran tuba falopi.


Selain dari pada itu, biasanya juga di sertai dengan tanda-tanda lainnya seperti sakit pada perut bagian bawah sebelah kanan atau kiri serta flek-flek pada periode menstruasi berlangsung. Namun, masalah penyumbatan saluran tuba ini sejatinya tidak mempengaruhi siklus haid, karena penyebab penyumbatan tuba falopi sendiri bukanlah masalah hormonal dan tidak ada ciri-ciri fisik saluran telur tersumbat.

Adapun pada masalah penumbatan saluran tuba tahap kronis, penderitanya juga akan mengalami pusing, demam hingga nyeri sampai punggung. Hal tersebut bisa terjadi di mana penyebab saluran tuba tersumbat adalah karena infeksi.

Infeksi yang menyebabkan pada penyumbatan saluran tuba tersebut biasanya di akibatkan oleh inferksi menular seksual seperti klamidia, gonore, herpes, CMV dan lainnya. Kondisi beberapa infeksi trsebut juga umumnya menyebabkan pmbentukan jaringan parut pada saluran tuba sehingga saluran tuba falopi mengalami penyumbatan secara menyeluruh.

Saluran tuba yang tersumbat atau mengalami infeksi mengakibatkan sel telur tuidak dapat bertemu dengan sel sperma. Dan itulah alasan mendasar mengapa seseorang yang mengalami kondisi ini tidak bisa hamil meski haid secara teratur tiap bulan.

Adapun selain dari pada itu, masih banyak lagi gejala umum penyumbatan saluran tuba falopi lainnya. Dan jika kami ringkas, berikut adalah gejala penyumbatan tuba falopi selengkapnya:

  • Keluarnya cairan abnormal dari dalam vagina.
  • Tidak nyaman dan juga merasakan rasa sakit selama berhubungan intim. Kondisi ini biasanya di sertai dengan erosi dan juga perlengketan serviks.
  • Sering buang air kecil. Gejala ini biasanuya di alami oleh mereka yang mengalami sumbatan tuba akibat adhesi atau lengket.
  • Mengalami perasaan gelisah mual dan muntah, yang terjadi akibat terjainy infeksi kronik pada panggul. (PID).
  • Demam dan sakit kepala yang serius akibat infeksi.
  • Mengalami nyeri saat menstrusasi.
  • Sakit perut parah di kedua sisi, terlebih di daerah perut bagian bawah (adanya adnexitis atau hidrosalping).
  • Nyeri punggung bagain bawah.

Setiap wanita yang mengalami penyumbatan pada saluran ini pastinya akan mengalami gejala yang berbeda-beda tergantung seberapa kronis maupun akut penyumbatan yang terjadi. Namun berbagai gejala tersebut belum bisa memastikan bahwa anda mengalami penyumbatan pada saluran tuba, sebelum di lakukan pemeriksaan yang lebih lanjut.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Dan kini anda telah mengetahui ciri-ciri saluran tuba falopi tersumbat. Sehingga dengan demikian anda bisa lebih waspada terhadap masalah kesehatan yang satu ini. Salam sehat!

By Nida Saripah - Penyakit Jum'at, 29 September 2017 09:09:05

Related Post :
Kesehatan
Bahaya Sering Memakai Celana…

Bahaya sering memakai celana…

Alami
Obat Penggemuk Badan Tradisional…

Obat penggemuk badan tradisional…

Kulit
Fungsi Suplemen Pelindung Kulit…

Squalene merupakan sebuah senyawa…

Obat Kimia
Nama Obat Radang Amandel…

Nama obat radang amandel…

Ibu Hamil
Cara Mengatasi Morning Sickness…

Berikut adalah cara mengatasi…

Penyakit
Beragam Penyakit Keturunan yang…

Penyakit keturunan merupakan penyakit…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Gejala-Gejala Lain Yang Mungkin Menyertai Lupus

Gejala-gejala lain yang mungkin menyertai…

Penyakit
Mengenal Penyebab Diabetes 1 Dan Komplikasinya

Informasi tentang penyebab, komplikasi, diagnosis…

Penyakit
Waspada! Ini Efek Samping Cuci Darah Bagi Kesehatan Anda

Selain membawa manfaat, efek samping…

Kirim Pertanyaan
Top