Jangan Abaikan Garis Hitam yang Timbul di Kuku

Share dan Tag Temanmu di :

Apakah Anda tahu bahwa kondisi kesehatan seseorang bisa diketahi melalui kukunya ? Ya, ternyata kuku bisa menjadi indikasi penyakit-penyakit yang lebih serius. Kuku bisa mengalami kerusakan karena berbagai faktor, misalnya disebabkan karena penggunaan cat kuku. 


Namun, yang perlu diwaspadai adalah kerusakan tersebut bisa jadi merupakan gejala dari penyakit-penyakit serius. Salah satu tanda gangguan kesehatan yang ditimbulkan kuku yaitu adanya garis gelap atau kehitaman. Kondisi ini memang dapat timbul jika kuku terkena cedera. Namun, jika tanda garis hitam yang timbul di kuku tidak disebabkan oleh apapun, maka ada baiknya Anda mewaspadai kemungkinan adanya penyakit kanker

Hal ini dijelaskan oleh ahli perawatan kuku, Jean Skinner, yang menyebutkan bahwa ada sebagian klien yang memintanya untuk mengecat kukunya dengan warna gelap demi menutupi garis hitam yang timbul di permukaan kuku. Pada awalnya, klien-klien ini hanya berpikir bahwa garis hitam yang timbul di permukaan kuku ini adalah tanda keturunan atau kekurangan kalsium. Namun, ada seorang klien yang akhirnya mnemeriksakan kondisi kukunya ke dokter dan terkejut ketika didiagnosis mengalami kanker kulit atau melamona agresif yang sudah menyebar ke kelenjar getah bening. 

Melamona kuku atau dalam dunia medis disebut dengan melamona subungual jika berada dibawah kuku atau melamona peringual jika ada disekitar permukaan kuku, memang jarang terjadi namun berpotensi mematikan.  

Menurut sebuat studi di Dermatologic Surgery, 2,5% dari semua kasus melamona dialami oleh mereka yang memiliki kulit putih, 35% dialami oleh orang berkulit gelap, dan sekitar setengah kasus melamona dialami oleh orang-orang Asia. 

Salah satu alasan mengapa penyakit ini serius adalah karena penderita sering kali tidak segera memeriksakan dirinya, sehingga terlambat untuk terdiagnosa. Hal tersebut dikarenakan banyak orang yang mengaitkan tanda kehitaman di kuku dengan hal lain. 

Dalam banyak kasus, melamona subungual terlihat seperti sesuatu yang disebut dengan hematoma subungual, atau darah mengendap. Hal ini biasanya disebabkan oleh trauma, seperti ketika terjepit pintu atau terhantam benda yang keras.  

Berbeda dengan hematoma subungual, dimana kuku baru yang sehat akan mulai tumbuh dan menghilangkan kuku yang berwarna gelap, melamona subungual lebih sulit hilang karena berada dalam akar kuku dan menjalar hingga ke ujung. 

Namun, untuk memastikan penyebab dari timbulnya garis hitam di kuku, alangkah baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kulit. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 29 September 2017 11:46:51

Related Post :
Kesehatan
Sering Merasa Haus? Waspada…

Anda sering merasa haus?…

Manfaat
Manfaat Buncis Untuk Diabetes…

Manfaat buncis untuk diabetes…

Daun
Khasiat dan Manfaat Daun…

Khasiat dan Manfaat Daun…

Alami
Obat Jantung Koroner Tradisional…

Obat jantung koroner tradisional…

Tips
Tips Cara Memakai Kondom…

Ikuti cara memakai kondom…

Manfaat
Khasiat dan Manfaat Beras…

Khasiat dan Manfaat Beras…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Antibiotik untuk Infeksi Paru Picu Gangguan Pendengaran

Penggunaan antibiotik untuk infeksi paru…

Kesehatan
Kesehatan
Mengenal Gejala Penyebab Dan Jenis-Jenis Alergi

Mengenal gejala, penyebab dan jenis-jenis…

Kirim Pertanyaan
Top