Metode Diet Baru Isi Perut dengan Balon yang Menjanjikan

Share dan Tag Temanmu di :

Menjalankan gaya hidup sehat dengan mengatur pola makan, berolahraga secara rutin, atau bahkan mengonsumsi ramuan obat pelangsing merupakan hal-hal yang umum dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun, seperti yang telah diketahui, ada banyak metode atau cara diet yang sering dilakukan, mulai dari diet sehat hingga menjalankan diet ekstrim yang berpotensi merugikan kesehatan. 

Baru-baru ini Amerika menghadirkan inovasi terbaru dalam berdiet, yaitu dengan menggunakan balon khusus perut dengan nama The Elipse. Dalam program diet terbaru ini, sebuah balon khusus akan dimasukkan ke dalam perut melalui mulut. Balon dimasukkan bersamaan dnegan kateter melalui mulut menuju perut. 


Setelah balon berada didalam perut, air dimasukkan melalui selang kateter ke dalam balon. Setelah balon terisi dengan air, kateter akan dikeluarkan dari mulut. Setelah 4 bulan, katup penutup balin akan larut dan balon mengecil. Balon yang semula berisi air ini kemudian akan keluar dengan sendirinya melalui saluran pencernaan. 

Penempatan balon berisi air dalam perut ini bertujuan untuk mengurangi nafsu makan. Mereka yang telah menggunakan inovasi diet asal Amerika ini mengaku nafsu makannya berkurang drastis selama memiliki balin berisi air dalam perut mereka. 

Namun, metode diet baru isi perut dengan balon ini harus dilakukan dibawah pengawasan dokter dan agli gizi yang berpengalaman. Sehingga Anda tidak bisa makan balon sembarangan dan berharap bisa cepat kurus. 

Beberapa penelitian telah membuktikan jika makan balon cukup efektif membantu menurunkan berat badan orang yang mengalami obesitas. Salah satunya penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Turkish Journal Gastroenterol tahun 2010 lalu yang mengungkapkan bahwa penurunan berat badan yang terjadi dengan cara ini bisa mencapat 25% dari berat badan awal. Hal ini dianggap cukup efektif untuk menurunkan berat badan dalam waktu yang cepat. 

Walaupun begitu, sama seperti tindakan medis lainnya, prosedur pengobatan ini juga memiliki risiko dan efek samping tersendiri. Berikut ini masalah yang mungkin terjadi setelah menjalani prosedur diet dengan menelan balon, diantaranya :

  • Infeksi

Balon yang dimasukkan ke dalam perut adalah benda yang berasal dari luar tubuh. Maka dari itu, balon tersebut berisiko menyebabkan infeksi. Hal ini biasanya diketahui jika pasien mengalami gejala seperti kram perut, diare, muntah, dan demam. 

  • Perut terasa tidak nyaman

Karena di dalam lambung terdapat balon yang penuh dengan air, maka Anda akan mudah merasa kembung dan kenyang. Maka dari itu, jika Anda memang memutuskan untuk menjalani prosedur ini, maka sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahli gizi agar dapat dirancang perencanaan makan yang tepat. 

  • Gangguan pencernaan

Salah satu risiko makan balon adalah terjadinya gangguan pencernaan. Pasalnya, balon yang ada didalam lambung justru akan memengaruhi sistem kerja organ pencernaan Anda.

Metode penurunan berat badan dengan balon baru diizinkan di Eropa dan Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri, metode ini belum diuji klinis, apalagi dilegalkan sebagai pengobatan obesitas. 

Terlebih lagi, metode ini hanya boleh dilakukan oleh penderita obesitas yang tidak kunjung berhasil menurunkan berat badannya meski sudah menjalani diet serta berolahraga rutin. Menurut sejumlah penelitian dan uji klinis, pengobatan ini juga baru bisa berhasil dilakukan jika diimbangi dengan penerapan pola hidup sehat, seperti menjaga pola makan serta berolahraga secara rutin. 

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 29 September 2017 15:54:10

Related Post :
Penyakit
Waspada! Inilah Gejala Leukemia…

Beberapa waktu lalu, tersebar…

Ibu Dan Anak
Bahaya Terlalu Sering Mengoleskan…

Mengoleskan minyak telon pada…

Manfaat
Mengetahui Manfaat dan Bahaya…

Mainan squishy saat ini…

Kesehatan
Jenis-jenis Sayuran Terbaik Untuk…

Punya berat badan yang…

Tips
Cara Mudah Membuat Bawang…

Ternyata membuat bawang hitam…

Obat Kimia
Obat Timolol Tetes Mata…

Tergolong beta blockers dalam…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Ini Jenis-jenis Demam Yang Harus Anda Ketahui

Jenis-jenis demam berikut ini sangat…

Kesehatan
Apa Benar Yoghurt Bisa Bantu Kurangi Gejala Depresi?

Selain terapi psikoterapi dan obat-obatan,…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top