Jenis Pengobatan Gagal Ginjal yang Umum Dilakukan

Share dan Tag Temanmu di :

Ginjal merupaakn sepasang organ yang berbentuk menyerupai kacang yang terletak pada punggung bagian bawah. Fungsi utamanya adalah untuk meyaring racun dan sisa-sisa makanan dan mengirimkannya ke usus, untuk kemudian dibuang melalui air kemih. Jika ginjal tidak baerfungsi dengan baik, maka dapat terjadi kondisi gagal ginjal. 

Gagal ginjal adalah kondisi dimana ginjal kehilangan kemampuannya untuk menyaring cairan dan sisa-sisa makanan. Ketika kondisi ini terjadi, kadar racun dan cairan brbahaya akan terkumpul didalam tubuh dan dapat berakibat fatal jika tidak diobati. 


Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia, Dr Tunggal Situmorang SpPD-KGH, menyebutkan ada 3 jenis pengobatan gagal ginjal yang umum dilakukan, diantaranya :

  • Peritoneal Dialisis (Cuci Darah)

Istilah cuci darah mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Ini merupakan salah satu cara mengatasi gagal ginjal yang sudah kronik. Dengan cuci darah, maka zat sisa dan kotoran dalam darah yang tidak dapat dibersihkan ginjal akan disaring menggunakan membran peritoneal. Prosedurnya yaitu dengan pembedahan rongga perut. 

  • Hemodialisis

Menggunakan mesin, darah akan dibersihkan dengan filter buatan yang terdapat pada mesin. Maka dari itu, vaskuler akan dibedah dan dikeluarkan, kemudian setelah bersih akan dikembalikan lagi ke dalam tubuh. Terdapat dua jarum yang digunakan dan diturukkan ke vaskuler, yaitu berfungsi untuk jalan keluar darah menuju mesin dan untuk jalan masuk darah ke dalam tubuh. 

  • Transplantasi ginjal

Dalam dunia medis, ini merupakan jenis pengobatan yang paling ideal, dimana prosedur pengobatan ini bertujuan untuk mengganti ginjal yang telah rusak dengan yang lebih sehat. Namun, pengobatan gagal ginjal dengan cara transplantasi tentu memerlukan biaya yang cukup besar, serta Anda harus mencari ginjal yang cocok untuk Anda. Selain itu, terdapat berbagai faktor lain yang perlu dikonsultasikan dengan dokter ahli. 

Selain jenis pengobatan gagal ginjal yang telah disebutkan, penderita juag biasanya harus mengonsumsi banyak obat-obatan untuk mencegah komplikasi. Pola makan sehat juga dapat membantu membuat pengobatan menjadi lebih efektif. Penderita akan disaranakn untuk mengendalikan jumlah protein dalam makanan untuk mencegah agar kondisi tersebut tidak berkembang dengan cepat, bersama dengan konsumsi garam, potasioum, dan fosfor.

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 02 Oktober 2017 14:26:39

Related Post :
Tips
Tips Dan Cara Mencegah…

Berikut adalah tips dan…

Kesehatan
Mengetahui Penyakit ALS yang…

Seorang fisikawan terkemuka dari…

Tips
Tips Agar Minum Kopi…

Penderita maag kini tidak…

Ibu Hamil
Penyebab Kram Perut Pada…

Aryanto.id - Kram perut…

Alami
Apa Benar Bawang Hitam…

Bawang hitam atau black…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Tak hanya sebagai pewarna…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Makanan Yang Baik Dikonsumsi Setelah Melahirkan

Makanan yang baik dikonsumsi setelah…

Kesehatan
Panduan Diet Sehat Pasca Operasi Usus Buntu

Panduan diet sehat pasca operasi…

Kesehatan
Kaki Terasa Ngilu? Ini Sebabnya Yang Perlu Diketahui

Selain terasa sakit dan pegal-pegal,…

Kirim Pertanyaan
Top